Uji Coba Jaringan 5G Pada Samsung Galaxy A53 Saat Nonton MotoGP Mandalika

Telkomsel telah menggelar jaringan 5G untuk menunjang sarana telekomunikasi pada ajang yang bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Mengutip Kompas Tekno saat menjajal dukungan 5G saat menonton MotoGP pada tempo. Adapun smartphone yang merasakan jaringan 5G yakni ponsel terbaru Samsung di Indonesia, Galaxy A53 5G.

Disebutkan bahwa percobaan itu tak lupa membekali ponsel dengan kartu SIM 4G (USIM) Telkomsel yang sudah terpasang dengan profil 5G. Hasil yang di dapatkan Kompas saat mencobanya, Samsung Galaxy A53 bisa langsung tersambung dengan jaringan 5G Telkomsel yang berada di sejumlah titik di Sirkuit Internasional Mandalika. Bahkan hal itu tanpa perlu dilakukan registrasi atau unlock 5G.

Ponsel Samsung yang merasakan percobaan tersebut merupakan unit resmi Indonesia dan sejak dibuka dari kotaknya belum pernah dilakukan proses pembaruan (update) software / firmware. Adapun beberapa titik yang dikunjungi sendiri mulai dari area pintu masuk, area stan pengunjung, sampai dengan area tribun penonton, dan terutama di area Grandstand Premium Zone B yang kami tempati.

Tanpa adanya hambatan proses pergantian pada sinyal 4G ke 5G. Samsung Galaxy A53 5G bisa mendapatkan sinyal 5G penuh dibeberapa area sirkuit Mandalika. Selain sinyal, pengujian yang dilakulan juga meliputi berbagai pengalaman guna mencoba jaringan tersebut. Hasilnya, ponsel terbaru Samsung itu mampu berselancar di internet dengan mulus. Bahkan momen mengunggah foto serta video suasana gelaran balap MotoGP ke media sosial juga bisa dilakukan dengan lancar.

Menariknya lagi, saat momen mengunggah konten melalui Instagram Stories dengan format video, konten tersebut sudah bisa dilihat pengguma lain hanya dalam beberapa detik saja setelah di unggah. Pengalaman lain juga turut dirasakan saat percobaan. Misalnya saat video call via WhatsApp yang ternyata juga lancar, gambar wajah lawan bicara yang ditampilkan terlihat juga sangat jelas.

Kegiatan seperti streaming video YouTube maupun musik dapat dilakukan dengan cukup lancar tanpa buffering. Pentingnya lagi, tak lupa penjajalan tersebut juga dilakukan untuk bermain game online. Salah satu permainan yang dicoba yaitu Mobile Legends. Nah, berkat latency yang lebih rendah bermain game pun tanpa hambatan. Pada pengujian ini, latency yang di dapatkan pada jaringan 5G berkisar di angka 50-60 ms, lebih cepat dari latency jaringan 4G yang hanya berkisar 80-90 ms.

BACA JUGA  Cara Memasukkan Voucher Telkomsel Mudah dan Cepat

Jaringan 5G di Samsung Galaxy A53

Seperti yang sudah di kabarkan, Samsung Galaxy A53 5G mengandalkan chipset Exynos 1280 sebagai otaknha dan mendukung jaringan 5G. Jika mengacu pada situs web resmi Samsung Indonesia, Galaxy A53 dibekali dengan chip modem yang mengusung dukungan 5G di pita (band) frekuensi Sub-6 Ghz. Sayangnya belum ada informasi lebih rinci untuk dukungan pita 5G Galaxy A53 5G.

Dalam hal ini, Telkomsel menggunakan frekuensi 5G 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu. Samsung Galaxy A53 kemungkinan besar telah mendukung salah satu frekuensi 5G tersebut atau justru keduanya. Soal harga, satu unit Samsung Galaxy A53 5G di lepas senilai Rp 5.999.000 untuk varian 8 GB/128GB dan Rp 6.499.000 untuk varian 8 GB/256GB.