fbpx

Redmi Note 11 Pro 5G Vs Realme 9 Pro 5G, Duel Sengit HP Rp 4 Jutaan

Smartphone terbaru Realme untuk pasar kelas menengah yakno Realme 9 Pro 5G mempunyai sejumlah persamaan dengan salah satu ponsel mid-range teranyar Xiaomi di Tanah Air, yakni Redmi Note 11 Pro 5G.

Salah satunya, kedua ponsel itu bertenaga chipset Snapdragon 695 buatan Qualcomm yang sudah mendukung jaringan 5G. Disisi lain juga mencakup soal penggunaan layar seluas 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Bukan hanya itu, bahkan resolusi kamera selfie kompak dengan 16 MP yang dimuat dalam sebuah modul punch hole.

Rupanya soal harga juga tak jauh berbeda. Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G varian 8 GB/128 GB dibanderol Rp 4,3 juta, sedangkan Realme  9 Pro 5G dihargai Rp 4 juta untuk kapasitas RAM dan media penyimpanan (storage) yang sama. Jadi selisih harga untuk keduanya berada di nominal Rp. 300.000,-.

Lantas apa saja persamaan serta perbedaan yang menyertai Redmi Note 11 Pro 5G dan Realme 9 Pro 5G?

Perbandingan Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G dan Realme 9 Pro 5G

Desain

Salah satu perbandingan keduanya bisa dilihat dari segi desain. Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G mengusung penggunaan jenis panel Super AMOLED, yang tentunya lebih mumpuni dibanding Realme 9 Pro dengan IPS LCD. Namun terlepas daru jenis panelnya, untuk ukuran dan refresh rate-nya sama. Keduanya kompak miliki modul punch hole yang menjadi rumah dari kamera selfie.

Hanya saja yang membedakan adalah penempatannya. Rumah kamera selfie untuk Redmi Note 11 Pro 5G berada di bagian tengah atas. Sedangjan untuk Realme 9 Pro 5G terletak di bagian kiri atas. Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari punggung kedua ponsel. Smartphone Realme 9 Pro 5G mengadopsi desain cangkang ponsel kekinian yang warnanya bisa berubah-ubah apabila terkena sinar matahari.

Lain halnya untuk Redmi Note 11 Pro 5G yang lebih memilih untuk mengadopsi desain punggung dengan warna gradasi seperti kebanyakan ponsel pada umumnya. Meski begitu, desain bingkai Redmi Note 11 Pro 5G terlihat lebih modern dengan sentuhan rata (flat) ala iPhone 13. Sedangkan desain bingkai Realme 9 Pro 5G tampak lebih ke arah membulat atau melengkung (curved) layaknya ponsel mid-range kebanyakan.

BACA JUGA  Tidak Hanya Murah, OPPO A57 Juga Punya Spesifikasi Mantap

Fotografi dan Hardware

Lanjut pada perbandingan berikutnya, yakni sektor fotografinya. Ponsel Xiaomi dan Realme yang sebenarnya sama-sama dibekali dengan tiga kamera belakang dimuat dalam sebuah modul persegi. Hanya saja, konfigurasinya yang sedikit berbeda. Redmi Note 11 Pro 5G dibekali dengan kamera utama beresolusi 108 MP serta bukaan (f/1.9), ini tentu saja lebih mumpuni dibanding Realme 9 Pro 5G yang hanya memiliki kamera utama 64 M (f/1.8) saja.

Meskipun resolusinya tak sama, tetapi kemampuan kedua kamera belakang lainnya pada kedua ponsel tersebut identik satu sama lain. Misalnya, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Lalu bagaimana dengan komposisi hardware dikedua ponsel ini?

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G dan Realme 9 Pro 5G sama-sama ditenagai dengan chipset Snapdragon 695 5G. Chipset keduanya tersebut turut dikombinasikan dengan konfigurasi RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Tetapi, untuk Realme 9 Pro 5G hanya memiliki satu opsi RAM tambahan dengan kapasitas 6 GB. Perbandingan lainnya dijumpai pada soal daya. Ternyata, Redmi Note 11 Pro 5G dan Realme 9 Pro 5G kompak ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sayangnya, kecepatan pengisiannya jauh berbeda, yakni dengan 67 watt untuk Redmi Note 11 Pro 5G dan 33 watt untuk Realme 9 Pro 5G.

Software

Ponsel Xiaomi berjalan dengan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka MIUI 13 terbaru, up to date. Sedangkan Realme 9 Pro 5G dengan versi OS 12 yang dibalut antarmuka Realme UI 3.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published.