MIUI 13 Dirilis, Ini Daftar Hp Xiaomi yang Dapat Update dan Sederet Fiturnya

Bersamaan dengan peluncuran Xiaomi Redmi Note 11 series, diumumkan serta deretan HP Xiaomi di Indonesia yang kebagian update MIUI 13 tahap awal. HP kamu termasuk yang mana?

Sebagaimana yang disampaikan Calvin Nobel selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, MIUI bakal hadir pada kesemua seri Redmi Note 11 Series.

“MIUI 13 akan hadir di seri Redmi Note 11 langsung saat kamu membelinya. Tapi tenang saja untuk HP lainnya, MIUI 13 akan segera kami keluarkan mulai dari kuartal satu tahun ini,” ucapnya.

“Pastikan kamu terus up to date dengan informasi MIUI terbaru lewat media sosial kami,” lanjut Calvin.

Daftar HP Xiaomi di Indonesia yang Update MIUI Tahap Awal

  • Mi 11
  • Mi 11 Lite
  • Mi 11 Ultra
  • Xiaomi 11 Lite
  • Xiaomi 11T
  • Xiaomi 11T Pro
  • Mi 10
  • Mi 10T
  • Mi 10T Pro
  • Redmi 10
  • Redmi 9
  • Redmi Note 10S
  • Redmi Note 10
  • Redmi Note 10 5G
  • Redmi Note 9
  • Redmi Note 9 Pro

Daftar Tablet Xiaomi di Indonesia yang Update MIUI 13

  • Xiaomi Pad 5

Tentang Fitur MIUI 13

Dijelaskan oleh Calvin bahwa MIUI 13 fokus pada meningkatkan pengalaman pengguna. “Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih mulus, lancar dan lebih optimal ketika menggunakan MIUI”, ujarnya.

Guna mencapai hal tersebut, Xiaomi melakukan optimisasi software di 4 bagian berikut:

  1. Liquid Storage

Liquid Storage yang gunanya untuk memastikan optimisasi di manajemen file, khususnya pada bagian penyimpanan. Seperti yang diketahui, pengguna HP seringkali menyimpan berbagai macam file dan ketika menggunakannya selama misalnya 36 bulan, maka file tersebut akan menumpuk. Sehingga penumpukan file tersebut justru memicu kelambatan kinerja smartphone.

“Setelah 36 bulan dapat memperlambat read and write hingga 50%. Tentunya ini bukanlah pengalaman yang menyenangkan,” ucap Calvin.

BACA JUGA  Dirilis, Redmi Note 11 Pro dan Note 11 Pro Plus Punya Spek yang Mantap

Bukan hanya berdampak pada penggunaan file saja, akan tetapi dalam membuka aplikasi pun terasa berat. Dengan fitur Liquid Storage di MIUI 13 akan membantu mengoptimalkan penggunaan storage sehingga menghasilkan read and write yang jauh lebih baik, bahkan hingga persentase 60% lebih cepat.

“Dibandingkan OS Android lainnya, MIUI 13 dapat mempertahankan kecepatan read and write hingga 95%. OS Android lain hanya 50%,” klaimnya.

  1. Automized Memory

Fitur Automized Memory membantu pengguna dalam mengelola kinerja aplikasi yang ada pada background. Tanpa ada optimisasi RAM tentu akan sulit bagi pengguna saat menjalankan aplikasi baru. Terlebih lagi ketika sudah banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Efeknya, maka aplikasi akan loading lebih lama dan tentunya hal ini bukan pengalaman yang menyenangkan.

Fitur ini pun di MIUI 13 yang akan membantu mengoptimisasi RAM dan menutup aplikasi yang tidak aktif alias yang tidak digunakan lagi di background. Sehingga langkah ini akan memberikan ruang tambahan bagi pengguna menjalankan aplikasi yang sedang ingin dibuka. Efeknya memberikan pengalaman lancar pada saat menggunakan aplikasi tersebut. Diklaim bahwa fitur ini menghasilkan efisiensi background lebih baik hingga 40%.

  1. Focused Algorithms

Pada umumnya sebuah HP akan menyalurkan semua dayanya ke semua aplikasi. Kebanyakan disalurkan secara seimbang untuk semua aplikasi yang telah dibuka. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi yang dibuka tak mendapatkan sumber daya yang terbaik dari HP. Menjawab masalah seperti ini, Xiaomi hadirkan Focused Algorithms di MIUI 13. Kegunaan dari fitur ini tak lain membantu HP mengalokasi sumber daya yang baik sesuai dengan prioritas yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, ketika pengguna membuka aplikasi game, Focused Algorithms mampu memfokuskan semua sumber dayanya ke aplikasi tersebut sehingga dapat berjalan lebih lancar serta menghasilkan performa tinggi saat dibutuhkan.

  1. Smart Balance

Fitur yang keempat ini adalah Smart Balance yang fungsinya bertugas untuk menyeimbangkan antara performa yang tinggi dan efisiensi. Dengan MIUI 13, Xiaomi pun juga menjanjikan daya tahan baterai lebih baik hingga 10%. Bukan hanya membawa optimalisasi software semata, namun Xiaomi turut memberikan satu fitur baru di MIUI 13 yakni Sidebar.

BACA JUGA  Spesifikasi Lengkap dan Harga Redmi Note 11 Indonesia

“Dengan Sidebar, pengguna dapat mudah mengakses aplikasi favorit hanya dengan satu swipe. Sehingga multitasking akan lebih lancar dan tentunya lebih cepat,” tambah Calvin, menjelaskan.