iPhone SE 2022 Dirilis, Tampilan Sama Tapi Lebih Mahal

Lunas sudah penantian para pencinta Apple. Bagaimana tidak, pada akhirnya perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut akhirnya resmi merilis iPhone SE 2022 atau iPhone SE generasi ketiga. iPhone SE 2022 atau sebut juga iPhone SE 3 telah di perkenalkan melalui acara Apple Event yang digelar pada Rabu (9/3/2022) dini hari waktu Indonesia atau Selasa (8/3/2022) waktu AS.

Sebelumnya banyak yang merasa kecewa lantaran prediksi serta bocoran iPhone SE 2022 banyak meleset. Desain pada iPhone terbaru ini pun tak banyak usung perubahan dari sebelumnya  iPhone SE 2020. Hanya saja kali ini datang dengan harga yang pastinya lebih mahal. Hal itu karena iPhone SE 2022 atau iPhone SE 3 ini telah dibekali dengan dukungan jaringan 5G dan mempunyai jeroan yang lebih mumpuni.

Ini jelas berbanding terbalik dari informasi yang sebelumnya ramai, dimana bocoran menyebut kalau iPhone SE generasi ketiga ini akan membawa desain mirip dengan iPhone XR. Padahal tampilannya masih sama seperti iPhone SE 2020. Adapun bentangan layar yang dibawanya yakni retina 4,7 inci dengan bezel bagian atas dan bawah yang masih tebal. Desain membulat di keempat sudut ponsel, begitu pula dengan bagian tepi yang tampil serupa iPhone SE 2020.

Tak tertinggal adanya tombol “home” di bezel bagian bawah. Hingga saat ini Apple pun masih menggunakan sistem keamanan biometrik Touch ID melalui tombol tersebut, yang diklaim lebih cepat dari sebelumnya. Disisi lain Apple juga menyematkan sistem keamanan Face ID. Generasi ponsel Apple 2022 tersebut mempunyai satu kamera belakang dengan resolusi 12 MP. Sedangkan untuk kamera depannya dengan resolusi 7 MP.

Dikatakan bahwa kamera belakang ponsel pintar Apple terbaru ini bisa mengambil gambar dengan kualitas lebih baik dari sebelumnya, dan ini berkat fitur Deep Fusion dan Smart HDR 4. Smartphone ini juga dibekali dengan chipset A15 Bionic. Chipset tersebut sama dengan yang digunakan pada iPhone 13. Perangkat ini telah mendukung jaringan sub-6GHZ 5G. Selain itu ponsel ini juga telah dibekali fitur Smart Data yang memungkinkan iPhone beralih ke 4G ketika tidak memerlukan kecepatan jaringan 5G.

BACA JUGA  Apple Minta Tolong Samsung Untuk Ciptakan iPhone Lebih Lega?

Mengenai software, iPhone SE 2022 berjalan dengan sistem operasi iOS 15. Kemampuan lebih lainnya terletak pada baterainya. Dimana daya tahan baterai iPhone SE 2022 diklaim lebih lebih awet. Meski begitu, tidak disebutkan serta berapa kapasitas baterainya.

Harga iPhone SE 2022

Tiga pilihan warna yang disiapkan Apple pada iPhone SE 3 antara lain yaitu merah, hitam, dan putih. Ponsel ini sudah bisa dipesan nantinya pada 18 Maret mendatang, demikian mengutip Kompas Tekno dari The Verge, Rabu (9/3/2022).

Soal harga, Apple memang dari dulu sudah dikenal sebagai merek premium yang menjual produk tidak murah. Untuk iPhone SE 3 ini di lepas senilai 429 dollar AS atau sekitar Rp 6,1 juta untuk penyimpanan 64 GB. Memang ada yang lebih mahal lagi, namun nominal yang ditawarkan pada iPhone SE 2022 tersebut lebih mahal dari pada sebelumnya, iPhone SE 2020 (399 dollar AS saat diluncurkan) dengan kapasitas penyimpanan yang sama.