OPPO A76 Hadir dengan Baterai Besar Dijual Rp 3 Jutaan

Telah resmi, Oppo meluncurkan smartphone barunya yakni A Series. Oppo A76 secara resmi telah terjun di pasar Indonesia. Sebagai suksesor dari Oppo A74 yang diluncurkan tahun lalu, tentu saja ponsel Oppo A76 hadir dengan sejumlah peningkatan.

Salah satunya dilihat dari sisi dapur pacu yang menggunakan prosesor baru, sampai dengan kapasitas baterai besar 5.000 mAh yang di lengkapi dengan dukungan pengisian ulang cepat dengan output lebih besar. Kendati demikian tampilan Oppo A76 dengn A74 masih cukup mirip, lantaran keduanya mengemas layar berlubang (punch hole) untuk menampung kamera selfie.

Tetapi untuk desain modul kamera belakangnya di olah berbeda, karena jumlah kamera kedua ponsel ini juga tak sama. Oppo A76 di Indonesia hadir dalam pilihan warna Glowing Black dan Glowing Blue. Lantas mengutip kebolehan uji coba Kompas Tekno, Selasa (8/3/22), smartphone Oppo A76 varian warna Glowing Black. Berikut ulasannya:

Kemasan Box

Layaknya Oppo A95, Oppo A76 juga dikemas dengan boks berwarna toska dengan bertuliskan huruf A dalam ukuran cukup besar. Pada box tersebut turut mencantumkan nama perangkat yaitu Oppo A76 di sudut bawah dan bagian samping kotak. Lalu dibagian belakangnya, terdapat keterangan spesifikasi perangkat. Termasuk juga SuperVOOC 33 Watt hingga baterai 5.000 mAh.

Informasi lainnya pada box juga mengarah pada warna perangkat, kapasitas ROM dan RAM, IMEI, detail produsen ponsel dan beberapa informasi lainnya. Di dalam kemasan box terdapat isi yang berupa satu unit Oppo A76, buku/ lembaran petunjuk penggunaan singkat, kartu garansi, softcase transparan, dan juga SIM Ejector.

Tidak ketinggalan juga kabel USB type C serta adaptor yang mendukung output hingga 33 Watt untuk mengisi ulang daya ponsel.

Desainnya

Desain dari A76 cukup minimalis dengan punggung aksesn doff yang membuat perangjat tidak terlalu mengkilat atau seolah-olah licin. Desain penampangnya juga tak “Memaksa”, karena dikemas tanpa efek gradasi atau efek lainnya. Sehingga ponsel ini dapat digunakan pengguna lintas gender.

Dibagian punggungnya, Oppo A76 membawa desain modul kamera berbentuk persegi panjang dengan sudut diagonal. Modul tersebut tak lain sebagai rumah kamera belakang ponsel yang terdiri dari dua lensa yaitu kamera utama dengan resolusi 13 MP (f/2.2) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4) serta lampu LED flash.

Memang, dibandingkan dengan Oppo A74 kamera belakangnya lebih sedikir. Sementara pada A74 dilengkapi dengan tiga kamera belakang, atau A74 5G dengan 4 kamera belakang. Pada modul kamera A76 juga terlihat tulisan “AI Dual Camera”, yang berarti m kamera tersebut didukung dengan kecerdasan buatan alias (Artificial Intelligence/AI).

BACA JUGA  iPhone 15 Laris Manis di Pasar Indonesia

Sayangnya modul kameranya di desain menonjol sehingga mungkin bisa bersinggungan langsung dengan permukaan lantai, meja, atau yang lainnya bilamana di letakkan. Belum lagi nantinya bisa lebih dulu mudah tergores lantaran seringkalinya di letakkan atau tergesek saku di dalam celana sekalipun dengan softcase.

Tapi setidaknya dengan penggunaan softcase akan mengurangi tingkat goresan tersebut. Nah, dan pengguna Oppo A76 juga beruntung karena Oppo turut menyertakan softcase dalam paket pembelian utuk melindungi kamera dari risiko berbahaya. Jadi ternyata softcase ini juga dirancang untuk menutupi area modul kamera. So, desain menonjol pada kamera tak jadi masalah berkat adanya softcase.

Hiasan tulisan pada punggung A76 juga di buat unik yang dicetak secara vertikal di penampang ponsel. Jika dinilai secara fisik penampangnya terasa cukup nyaman digenggam, hal ini karena tidak meninggalkan efek licin. Mengingat bahwa tekstur penampang dibuat dengan finishing doff yang tidak membuat tanpilan terlihat mengkilat dan licin dan umumnya desain tersebut sering terlihat bekas genggaman sidik jari atau kotoran berminyak juga tidak mudah tertinggal di punggung ponsel.

Selanjutnya soal tampilan depannya, Oppo A76 dibekali layar dengan panel LCD selebar 6,56 inci (1612 x 720/HD+). Layarnya dibuat dengan desain berlubang untuk mengakomodasi kamera depan 8 MP. Lubang layarnya diletakkan dibagian sudut kiri atas layar, sama seperti lubang layar Oppo A74. Untuk ukurannya pun dirancang cukup ramping sehingga tidak begitu mengganggu tampilan layar, ditambah dengan keberadaan bezel layar yang cukup tipis untuk menambah kesan tampilan yang luas.

Smartphone Oppo ini mempunyai tinggi 164,4 mm, lebar 75,7 mm, ketebalan 8,4 mm dan bobot yang mencapai 189 gram. Dimensi dan bobotnya tersebut terbilang standar, sehingga cukup nyaman saat digenggam maupun dioperasikan menggunakan satu tangan saja. Antarmukanya juga membawa tampilan yang terkesan halus ketika digeser atau menjelajah menu, ini berkat dukungan layar dengan refresh rate 90 Hz.

Mungkin adalah hal menarik, dimana Oppo membuat A76 mempunyai tombol volume di sisi kiri ponsel. Ini tentu melihat dari kebanyakan ponsel lainnya yang mensejajarkan tombol volume dengan tombol power di sisi kanan ponsel. Terdapat ruang slot kartu SIM ganda dan microSD tepat di samping tombol volume. Kemudian tombol daya diletakkan di bagian kanan ponsel dan desain yang cukup ramping karena sekaligus mengakomodasi sensor pemindai sidik jari. Speaker dan mikrofon berada tepat di atas layar, guna menunjang berbagai aktivitas pengguna. Komponen yang sama juga letakkan di bawah ponsel, termasuknya Port USB Type C, jack audio 3,5 mm.

BACA JUGA  Hp Support 5G ini Mulai Dijual Bebas, Ada Layanan VIP!

Untuk lebih jelas dan lengkapnya berikut spesifikasi Oppo A76.

Spesifikasi Oppo A76

A76 adalah seri A pertama smartphone Oppo yang membawa dukungan fast charging SuperVOOC 33 watt. Di ungkapkan oleh Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia bahwa teknologi SuperVOOC sebelumnya hanya hadir di lini ponsel flagship Oppo Find series dan lini ponsel menengah atas Reno series.

Keberadaan teknologi SuperVOOC tersebut tentu membawa pengaruh positif yang lebih baik untuk Oppo A76, khususnya dari segi baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim mampu terisi 50 persen dalam 31 menit atau terisi 100 persen dalam waktu sekitar satu jam. Smartphone Oppo terbaru ini membawa tampilan layar seluas 6,56 inci dengan resolusi HD Plus (720 x 1.612 piksel). Layar tersebut telah mendukung refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 180 Hz.

Terdapat punch hole dibagian kiri atas layar yang memuat kamera selfie 8 MP (f/2.0). Sementara itu kamera belakangnya termuat dalam modul berbentuk persegi panjang sebagai rumahnya. Resolusinya adalah 13 MP dan 2 MP. Bagian dapur pacu, Oppp A76 ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 680 yang diluncurkan pada Oktober 2021 laku. Chipset ini dirancang dengan arsitektur 6nm serta diklaim menawarkan efisiensi daya hingga 20 persen, sehingga hal itu mampu memperpanjang masa pakai baterai.

Oppo A76 untuk di Tanah Air sendiri hanya tersedia dalam satu opsi RAM dan ROM saja yaitu 6/128 GB. Namun baik RAM maupun penyimpanan internal Oppo A76 telah dibekali dengan fitur ekspansi. Misalnya, Oppo sertakan fitur tersebut hingga 5 GB. Maka total keseluruhan RAM yang bisa di pakai pengguna adalah 11 GB. Lalu untuk ROM nya atau memori internal, pengguna bisa menambah kapasitas hingga 1 TB dengan kartu microSD.

“Ini adalah pertama kalinya kami memiliki fitur ROM Expansion. Fitur ini akan membantu konsumen untuk mendapatkan penyimpanan internal yang lebih luas lagi,” ungkap Aryo.

Fitur ROM Expansion yang secara teknis menggunakan kecerdasan buatan yang bisa mengoptimalkan penyimpanan internal secara otomatis. Ini bisa dilakukan dengan cara mengalihkan penyimpanan data aplikasi media sosial yang berukuran besar ke microSD. Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 11 dengan dilapisi antarmuka khas Oppo, Color OS 11.1.

Oppo A76 telah mengantongi sertifikasi IP54 yang artinya tahan air dan debu. Di Indonesia, ponsel Oppo A76 hadir dengan warna Glowing Black dan Glowing Blue. Untuk satu unitnya di banderol Rp. 3.399.000 untuk konfigurasi 6/128 GB.