cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV

Cara Bikin 1 STB Bisa Untuk 2 TV

Mungkin banyak orang yang beranggapan, jika satu perangkat STB (Set Top Box) ini hanya bisa dipakai untuk satu TV saja. Sebenarnya tidak juga, karena ada cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV yang bisa anda lakukan nantinya.

Tentu langkah ini sangat bermanfaat ya, jika kebetulan di rumah ada dua TV analog sehingga anda tidak perlu membeli 2 STB untuk bisa menikmati tayangan TV Digital. Cukup membeli satu perangkat STB saja dan anda bisa menonton TV dengan nyaman.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sampai saat ini memang terus memperluas cakupan wilayah yang bakal di suntik mati untuk siaran tv analog. Langkah ini biasa disebut dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Seiring dengan berjalannya kegiatan tersebut, masyarakat yang menggunakan TV tabung pun tetap bisa menyaksikan siaran TV digital tersebut, caranya ialah dengan memberikan STB untuk menangkap siaran TV tersebut.

Sebelum menerapkan cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV ini perlu anda ketahui dulu, jika langkah ini bisa dilakukan jika kebetulan anda memiliki pesawat televisi berbeda. Contohnya salah satu TV menggunakan kabel RCA, sementara untuk TV lainnya seperti TV LED ini sudah menggunakan kabel HDMI.

cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV

Hal ini dikarenakan port kabel di dalam STB memang hanya tersedia satu saja, sehingga harus bervariasi jika ingin digunakan dalam dua perangkat TV dirumah nantinya. Nah untuk cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV tersebut, bisa anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Bikin 1 STB Bisa Untuk 2 TV di Rumah

  • Langkah pertama silahkan anda sambungkan kabel antena yang terpasang ke TV, kini ditancapkan ke STB
  • Setelah itu silahkan anda colokkan kabel RCA (kabel berwarna merah, kuning, putih) pada perangkat STB. Lalu, silahkan anda colokkan sisi kabel lainnya pada TV tabung
  • Sementara itu pada port lainnya, silahkan memakai kabel HDMI dari TV LED ke perangkat STB
  • Selesai

Cukup sederhana bukan cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV berikut ini? namun untuk melakukan langkah tersebut syaratnya anda harus menggunakan jenis TV yang berbeda karena memang port-port masing hanya tersedia satu saja di STB.

BACA JUGA  Link Dapat Set Top Box TV Digital Gratis

Mengenai migrasi dari TV analog ke TV digital tersebut, pihak Kominfo pun membagikan perangkat STB gratis kepada masyarakat kurang mampu. Jumlahnya pun sangat banyak, tersedia jutaan unit yang dibagikan bagi seluruh masyarakat di Indonesia yang layak.

Namun jika kebetulan anda tidak masuk dalam kategori keluarga yang layak dapatkan STB gratis dari Kominfo, maka bisa membeli perangkat tersebut dengan banderol harga mulai dari Rp 150 ribuan – Rp 300 ribuan.

Sejauh ini untuk pelaksanaan ASO ini sudah dilakukan di 265 Kabupaten/kota dari jumlah total 514 Kota/Kabupaten di Indonesia. Belum lama ini pihak Kominfo pun juga menyebutkan jika ada beberapa wilayah yang akan terkena ASO tersebut, mulai dari Bali, Kalimantan Selatan-1, Sulawesi Selatan-1, Sumatera Selatan-1, dan Sumatera Utara-1.

Cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang cara bikin 1 STB bisa untuk 2 TV, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.