fbpx
q-bear

Alat yang Bisa Terjemahkan Tangisan Bayi, Akurat?

Pameran teknologi dan elektronik tahunan untuk konsumer atau Consumer Electronics Show (CES) tahun ini kembali diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Acara ini sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 8 Januari hingga 11 Januari 2023.

Tidak hanya sekedar menjadi ajang memamerkan perangkat teknologi canggih saja, namun ajang tahunan besar ini juga menjadi tempat bagi para perusahaan memamerkan sejumlah teknologi unik kepada para pengunjung.

Nah salah satu teknologi unik yang menjadi bahan perhatian ajang CES 2023 kali ini adalah perangkat yang mampu mengenali tangisan bayi bernama Q-bear.

Q-bear merupakan perangkat buatan dari perusahaan Taiwan Quantum Music, yang dirancang sebagai penerjemah dari tangisan bayi. Nah agar bisa bekerja secara maksimal, maka perangkat Q-bear dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) di dalamnya.

“Kami membuat Q-bear untuk membantu orangtua pahami bayi mereka dan memberikan lebih banyak dukungan ke orangtua dan anak,” kata Hikari Tsai, CEO Quantum Music, dikutip dari DailyMail.

Design dari perangkat Q-bear ini dilapis dengan lapisan silikon sehingga mempunyai permukaan yang halus pada bagian luarnya. Sepintas, wujud dari perangkat ini semacam speaker yang berbentuk bundar dengan tali dan penyangga berukuran besar. Dengan begini perangkat tersebut dapat dipasang pada tempat tidur bayi maupun stroller.

Untuk cara kerja dari perangkat Q-bear ini adalah dengan mengategorikan tangisan bayi dalam empat jenis indeks, yakni lapar, popoknya kotor, mengantuk atau butuh kenyamanan di lingkungan sekitarnya. Terjemahannya akan dibuat 10 detik sejak bayi menangis, dengan ketepatan dalam menerjemahkan mencapai 95 %.

alat yang bisa terjemahkan tangisan bayi
alat yang bisa terjemahkan tangisan bayi

Perusahaan yang menciptakan perangkat Q-bear tersebut mengklaim jika kemampuan dari alat miliknya tersebut bakal terus meningkat dengan serignya para orang tua menggunakan alat tersebut.

Disamping memiliki kemampuan untuk mengartikan tangisan bayi, Q-bear diklaim juga sanggup merekam tingkat kesehatan bayi. Misalkan seberapa tingkat mengantuk dari bayi atau seberapa nyaman kondisi bayi waktu itu.

Kemampuan lainnya dari Q-bear ini adalah memutar lagu pengantar tidur secara otomatis, merekam suara orangtua dan memutarnya kembali saat dibutuhkan, mengetahui suhu kamar bayi sampai memberi penerangan di waktu malam hari.

Semua data yang dikumpulkan oleh perangkat tersebut Q-bear bisa dilihat pengguna lewat aplikasi Q-bear, termasuk data pribadi dari sang buah hati. Nantinya para Orangtua bakal mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

BACA JUGA  Laptop yang Bagus untuk Kerja

Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi, jika kemampuan dari Q-bear ini untuk sementara hanya bisa mengklasifikasi empat index dari tangisan bayi. Nah apabila nantinya ada klasifikasi lain dari yang sudah ditentukan, maka alat tidak akan bisa bekerja.

Mengenai ketersediaan alat yang bisa menerjemahkan tangisan bayi ini di pasaran, pihak perusahaan masih belum memberikan informasinya.