fbpx
tv digital

Cara Mengubah TV Tabung Agar Tetap Bisa Nonton Siaran Digital

Seperti yang kita ketahui, untuk bisa menikmati layanan tv digital ini memang tidak harus tv baru dan canggih. Sejumlah tv lawas seperti tv tabung ini masih bisa untuk digunakan menyaksikan siatan tv digital yang sudah sejak akhit tahun 2022 kemarin di galakkan pemerintah Indonesia.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini telah mematikan sejumlah siaran tv analog di beberapa daerah dan berpindah ke siaran tv digital.

“Tidak berarti TV tabung tidak bisa menerima digital, bisa (menerima siaran TV digital) asal dipasang set top box,” Kata Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Dengan begini, maka untuk anda yang masih menggunakan tv tabung tak perlu bersedih, karena anda masih bisa menggunakannya untuk menyaksikan tv digital. Untuk cara mengubah tv tabung agar tetap bisa nonton siaran digital ini tentu dengan bantuan STB (set top box).

set top box

STB merupakan sebuah alat yang memungkinkan tv tabung bisa menangkap siaran tv digital yang di klaim memiliki kualitas gambar yang semakin baik. Harga STB ini pun relatif terjangkau di pasaran dibandingkan anda harus membeli tv baru.

Umumnya harga STB ini dijual sekitar Rp 200 ribuan – Rp 300 ribuan tergantung merek yang anda pilih. Nah untuk anda yang sudah memiliki STB namun tidak bisa menggunakannya, berikut ini kami berikan tutorialnya :

Cara Mengubah TV Tabung Agar Tetap Bisa Nonton Siaran Digital

  • Pastikan lokasi anda termasuk wilayah yang mendapat siaran TV digital. Nah untuk memastikannya, silahkan anda gunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang telah disediakan pihak Kominfo
  • Untuk menangkap siaran TV Digital ini pun anda tak perlu ganti antena, Kominfo mengatakan jika kalau antena UHF lama bisa digunakan menangkap sinyal tv digital
  • Silahkan pasang STB yang sudah mendapatkan verifikasi dari Kominfo
  • Silahkan pasang kabel RCA di TV yang terhubung ke Set top box. Begitupun dnegan kabel HDMI
  • Selanjutnya silahkan nyalakan TV dan STB
  • Silahkan masuk ke menu setting/pengaturan, lalu pilih opsi HDMI. Jika TV anda tidak ada fitur HDMI, maka silahkan pilih opsi AV
  • Selanjutnya pilih opsi scan atau pencarian untuk mendeteksi siaran TV digital secara otomatis di sekitar wilayah anda
  • Jika tersedia, maka siaran tv digital ini pun bakalan muncul dan siap disaksikan
BACA JUGA  Ini Lho 10 Rekomendasi Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik untuk Rumah Tangga

Sejauh ini, pemerintah Indonesia telah menerapkan migrasi TV digital ke sekitar 256 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Mengenai program migrasi ke siaran tv digital tersebut, pemerintah Indonesia pun membagikan sejumlah STB gratis kepada masyarakat yang masuk dalam kategori rumah tangga miskin ekstream.

Implementasi tentang suntik mati siaran TV analog tersebut sebelumnya telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021.

Keberadaan Siaran TV digital ini menawarkan kualitas siaran tv yang lebih bersih gambarnya, kualitas suara yang lebih jernih, hingga lebih “canggih” dibandingkan dengan siaran TV analog yang selama ini digunakan oleh masyarakat umum.

Maksud dari istilah lebih canggih disini adalah keunggulan dari siaran TV digital ini tidak dimiliki oleh TV analog. Mulai dari dukungan sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS), keberadaan fitur ini mampu memberikan informasi pada masyarakat setempat jika terjadi bencana alam di lingkungan sekitarnya.

Diharapkan dengan keberadaan fitur ini masyarakat dapat dievakuasi dengan lebih cepat sesaat usai mendapatkan informasi bencana tersebut. Nah itu tadi cara mengubah tv tabung agar tetap bisa nonton siaran digital, jadi jangan buang tv analog anda karena masih bisa digunakan saat ini.

Link Set Top Box Gratis