fbpx
netflix

Penyebab Netflix Bakal Diblokir Tahun Depan

Ada kabar kurang sedang datang dari platform video online Netflix, di mana mulai awal tahun 2023 mendatang mereka berencana untuk mengakhiri fitur berbagi kata sandi atau password sharing.

Sebelumnya memang sudah beredar rumor mengenai berakhirnya layanan sharing password dan Netflix sudah cari metode lain untuk mencegahnya. Tetapi berdasar laporan terbaru yang dirili oleh The Wall Street, perubahan yang diberikan pada platform Netflix tersebut bakal secara resmi dimulai pada awal tahun depan.

Netflix sudah lama mengetahui jika layanan atau aksi sharing password ialah salah satau permasalahan besar yang sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan. Beruntung, kenaikan jumlah konsumen setia yang terjadi saat wabah virus Corona di tahun 2020 silam dapat menutup permasalahan itu.

Tetapi sekarang, dengan penurunan penghasilan yang cukup signifikan terjadi pada tahun 2022 ini,  dan semakin melorotnya jumlah pelanggan terbanyak dalam 10 terakhir ini, maka Reed Hastings selaku CEO Netflix akhinrya memutuskan sudah saatnya melakukan tindakan tegas atas permasalahan sharing password tersebut.

netflix diblokir

Bahkan tindak tegas yang dilakukan pihak Netflix ini sudah di tunda cukup lama, sehingga di tahun 2023 ini menjadi waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukan hal tersebut. Tindakan tegas yang dilakukan oleh pihak Netflix ini nantinya adalah berupa pembayaran lebih apabila ada pelanggan yang melakukan share password ke pengguna lain.

Bahkan saat ini, pihak Netflix sudah melakukan uji coba soal pembayaran tagihan tambahan untuk pelaku share password di sejumlah negara Amerika Latin. Di mana pihak Netflix ini pun memberikan denda tambahan kepada pelaku sharing password sebesar USD3 (setara Rp 46ribu).

Bahkan di sejumlah negara lain ini juga sedang dilakukan uji coba kepada pemilik akun utama harus memberikan kode verifikasi kepada siapapun orang lain yang ingin memakai akun tersebut. Bahkan pihak Netflix pun juga sudah berulang kali meminta code tersebut hingga ongkos bulanan dibayar guna menambah pelanggan mereka.

Netflix akan berlakukan aturan share password terbaru itu lewat alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun dari pengguna. Tujuan dari kebijakan baru tersebut adalah agar tidak merepotkan para pelanggan, dan Netflix akan secara bertahap hentikan aktifitas pembagian password tersebut, dibandingkan harus menghentikannya sekaligus.

BACA JUGA  Tertimpa Tembok Saat Wudhu Seorang Bocah Asal Blitar Regang Nyawa

Seperti yang kita tahu bersama, jika untuk paket streaming Netflix ini memang memungkinkan pengguna bisa menonton video di sejumlah perangkat yang kompatibel. Hanya saja mereka selama ini tidak pernah mengizinkan aktifitas share password untuk orang di luar lingkungan keluarga pelanggan.

Sebelumnya untuk paket premium Netflix ini bisa anda gunakan pada empat perangkat sekaligus, selama perangkat tersebut masih dimiliki oleh beberapa orang didalam satu rumah. Dan rupanya ada beberapa yang nakal, dimana mereka berbagi password tersebut dengan orang lain di luar rumah.

Dengan adanya kebijakan baru dari pihak Netflix tentu tujuan mereka adalah untuk meningkatkan penghasilan dengan menghilangkan potensi share password tersebut. Cara lainnya untuk meningkatkan keuntungan dengan memberikan biaya berlangganan jadi makin murah yakni USD 6,99/bulan di AS namun ada iklan di dalamnya.