iPad Bakal Kehadiran Aplikasi WhatsApp!

Aplikasi chatting sosial, Whatsapp, yang telah menemani pengguna di 13 tahun terakhir nyatanya tak kunjung hadir untuk perangkat tablet Apple seperti iPad. Pengguna iPad selama ini bisa menggunakan Whatsapp namun harus dengan versi web yang di akses melalui browser.

Dengan absennya aplikasi tersebut pada perangkat iPad, artinya WhatsApp seakan-akan melupakan eksistensi pengguna tablet besutan Apple itu. Tentu menjadi hal yang paling ironis, mengingat aplikasi pesan singkat yang berada di bawah payung Meta tersebut cukup populer digunakan pada perangkat berbasis Android dan iOS.

Namun kini para pengguna iPad akhirnya bisa melihat titik terang. Informasi dari CEO WhatsApp, Will Cathcart yang belakangan telah angkat bicara mengenai absennya WhatsApp di iPad. Cathcart mewakili pihak WhatsApp mengaku dengan senang hati menghadirkan WhatsApp di iPad. Kendati demikian, Cathcart tidak mengumumkan secara pasti kapan aplikasi natif WhatsApp akan segera dirilis untuk iPad.

“Orang-orang sudah lama menginginkan aplikasi (WhatsApp) di iPad. Kami dengan senang hati ingin melakukannya,” kata Cathcart dalam sesi wawancara eksklusif dengan The Verge.

Mengacu pada keterangan yang disampaikan oleh Cathcart, Aplikasi berlogo warna hijau tersebut agaknya akan merilis platform khusus untuk iPad dalam waktu dekat. Rumor tersebut muncul lantaran saat ini WhatsApp telah memiliki teknologi multi-device yang mampu memungkinkan smartphone, tablet, hingga PC (desktop/laptop) mampu untuk saling terhubung sekaligus menggunakan satu akun WhatsApp yang sama. Menurut Cathcart pula, teknologi ini dapat digunakan sebagai dasar pondasi guna membangun sebuah aplikasi WhatsApp khusus untuk perangkat iPad.

“Jika saya mengaktifkan multi-perangkat, saya dapat mematikan ponsel atau koneksi jaringan dan masih menerima pesan melalui desktop. (Fitur ini) akan sangat penting untuk aplikasi tablet, sehingga pengguna tetap dapat menggunakan aplikasi meski ponsel dalam keadaan mati,” imbuh Cathcart menjelaskan.

“Jadi teknologi yang mendasari (untuk iPad) sudah ada di sana (fitur multi-device),” lanjutnya.

Selain aplikasi WhatsApp, sejauh ini Meta juga masih belum merilis aplikasi native Instagram untuk pengguna iPad.

Sebagaimana yang dikutip dari Kompas Tekno dari Mac Rumors, Selasa (8/2/2022), Facebook hingga saat ini merupakan satu-satunya aplikasi yang dinaungi Meta, yang memiliki aplikasi khusus untuk iPad.