Instagram Uji Tampilan Feed yang Lebih Urut

Seperti yang dijanjikan, Instagram bakal membawa kembali tampilan feed secara krobologis atau urut berdasarkan waktu. Perusahaan yang dipimpin oleh Adam Mosseri tersebut benar-benar menepati janji. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Mosseri melalui akun Twitternya. Algoritma yang menampilkan linimasa secara kronologis pada Instagram tidak menggunakan mekanisme lawas, akan tetapi disalurkan melalui fitur baru.

Untuk fitur baru yang dimaksud, memungkinkan pengguna media sosial itu untuk memilih tiga mekanisme tampilan di feed yang terdiri dari Home, Following, dan Favorites. Adam Mosseri selaku CEO Instagram juga menjelaskan melalui video singkat yang di unggahnya bahwa konten yang tertampil pada “Home” tidak akan berbeda dengan saat ini. Menurutnya, opsi “Home” tersebut masih akan menampilkan konten di feed berdasarkan minat dan ketertarikan si pengguna.

Sedangkan untuk opsi “Favorites” yakni akan menampilkan feed berdasarkan akun yang ditandai sebagai favorit atau akun teman terdekat yang dipilih oleh para pengguna. Dengan opsi ini, semua akun-akun yang dipilih pengguna akan lebih diutamakan muncul pada urutan atas.

Untuk yang terakhir, opsi “Following” memungkinkan konten-konten di feed akan ditampilkan secara kronologis atau berurutan sesuai waktu. Ketiga mekanisme tersebut nantinya dapat ditemukan pada halaman utama Instagram, atau mudahnya di bagian pojok kiri atas layar yang menggantikan logo Instagram.

Sayangnya fitur tersebut dikabarkan masih dalam tahap uji coba. Dengan kata lain perusahaan masih merilis untuk beberapa pengguna saja, belum secara global. Mengutip dari Kompas Tekno, Jumat (7/1/22) bahwa Adam Mosseri sendiri menjanjikan fitur baru Instagram tersebut akan dirilis secara resmi kepada seluruh pengguna, setidaknya paling lambat pada pertengahan tahun 2022 mendatang. Lumayan juga waktu untuk menunggu.

“Kami berharap dapat meluncurkan pengalaman penuh di paruh pertama tahun ini,” jelas Mosseri

Bukan saja menawarkan fitur pembagian konten yang lebih beragam, nampaknya pihak Instagram juga akan mengubah sejumlah susunan menu dalam aplikasi. Misalnya, menu Direct Message (DM) yang umumnya ditemukan sejajar dengan ikon Upload Posting dan Likes akan diganti dengan menu pencarian atau (Search).