Tau WhatsApp Aero? Ini Pengertian dan Sederet Fiturnya

Ada yang baru dari aplikasi chatting populer, namanya WhatsaApp Aero yang sedang ramai dibicarakan. Ramainya kabar ini terkiat soal tentang apa itu “Whatsapp Aero, dan bagaimana cara downloadnya”. Mungkin untuk cara mengunduh aplikasi tersebut masih sama seperti saat kita mendownload aplikasi di App Store atau Play Store. Lantaran ini merupakan aplikasi whatsapp terbaru, wajar saja untuk bicara soal cara mengunduhnya. Tak jarang yang juga merasa penasaran, apakah aplikasi tersebut sama seperti yang digunakan setiap hari. Lantas apa bedanya versi aero dengan Whatsapp biasa?

WhatsApp Aero adalah aplikasi dari Whatsapp sendiri yang menuai modifikasi yang dimiliki oleh Meta atau lebih akrab dikenal sebagai “WhatsApp MOD”. Sama seperti aplikasi WhatsaApp MOD lainnya, seperti WhatsApp GB (WA GB) atau WhatsApp Plus.

Bisa dibilang bahwa Aero ini bukan merupakan aplikasi resmi yang berada dibawah naungan Meta langsung sebagaimana aplikasi Whatsapp biasa. Whatsapp Aero dirancang oleh seorang pengembanf perangkat lunak asal Turki yang bernama Hazar Bozkurt.

Bukan hanya itu, seperti pengalaman pengguna bahwa aplikasi WhatsApp Aero juga mengusung beragam fitur tambahan yang tidak dimiliki aplikasi WhatsApp orisinil. Apakah lebih menarik?

Bicara soal bagaimana cara mengunduh aplikasi tersebut, ternyata memang menjadi pertanyaan yang penting banget. Pasalnya WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di perangkat yang telah menjalankan sistem operasi Android. Berarti tidak bisa pada perangkat iOS? Hanya saja, pengguna Android nantinya juga tidak akan menemukannya di toko aplikasi Play Store maupun situs resmi WhatsApp, seperti aplikasi resmi pada umumnya kita ketahui.

Aplikasi Aero hanya bisa di unduh melalui pihak ketiga seperti pada situs WhatsApp Aero dengan mengunduh file APK. Setelah terunduh, aplikasi WhatsApp Aero juga tidak dapat secara otomatis diinstall ke ponsel Android selayaknya aplikasi resmi pada umumnya karena hal itu bakal terdeteksi sebagai aplikasi yang berasal dari sumber tidak dikenal.

Langkah yang bisa dilakukan, biasanya pengguna harus mengatur perizinan terlebih dahulu di ponsel Android agar bisa menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal. Setelah WhatsApp Aero terpasang, aplikasi bakal muncul pada halaman layar dengan ikon mirip WhatsApp orsinil. Untuk mengetahui apa dan bagaimana fitur-fiturnya, simak dibawah ini.

Fitur-fitur WhatsApp Aero

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, WhatsApp Aero mengusung fitur tambahan yang tidak dimiliki WhatsApp versi orisinil. Berikut sebagaimana yang dikutip dari KompasTekno, Kamis (6/1/22).

  • Menyembunyikan Status Online WA

Salah satu fitur yang pertama di usung adalah memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan beragam status yang ada di WhatsApp. Misalnya, menyembunyikan status online yang kerap kali muncul di bawah nama pengguna saat kita membuka ruang obrolan atau status pesan telah dibaca.

BACA JUGA  Cara Bikin Suara Kita Menjadi Nada Dering WA Tanpa Aplikasi

Selain itu aplikasi ini juga bisa m menyembunyikan bahwa pengguna telah melihat Status WhatsApp dari pengguna lain, menyamarkan mikrofon biru yang menandakan voice note (pesan suara) telah didengar, serta tanda sedang merekam voice note, dan lain-lain.

  • Menjadwalkan pesan

Fitur menarik lainnya adalah mampu menjadwalkan pesan balasan ke daftar kontak agar terkirim secara otomatis. So  para pengguna dapat membuat pesan terlebih dahulu yang kemudian mengatur jadwal pengiriman pesan tersebut.

  • Melihat Pesan dan Status yang Terhapus

Seringkali kesal saat seorang teman mengirim pesan kepada kita, belum sempat terbaca namun telah dihapus. Pengguna WhatsApp Aero tak perlu khawatir karena fitur yang ada didalamnya mampu memulihkan pesan dan status yang sudah terhapus.

  • Lebih Banyak Tema dan Emoji

WhatsApp Aero juga hadir dengan segudang tema serta emoji menarik. Pengguna dapat mendownloadnya melalui perpustakaan milik WhatsApp Aero. Pengguna juga bisa mengganti emoji bawaan WhatsApp dengan emoji yang bersumber dari berbagai platform lain, seperti misalnya , Facebook, iOS dan sebagainya.

  • Menyembunyikan Gambar Tersimpan

Bukan hanya beberapa fitur di atas, tetapi whatsapp aero juga membawa fitur lain yang memungkinkan pengguna bisa menyembunyikan gambar, foto, video, atau GIF, yang telah tersimpan di galeri pesan WhatsApp. Jadi, file media hanya bisa dilihat di WhatsApp Aero saja, tidak bisa dilihat di galeri. Fitur lainnya seperti mampu mengubah jenis font juga tersedia, bisa dipakai pada satu kolom obrolan. Lalu pengguna dipastikan bisa mengirim dokumen atau file dengan beragam format yang tidak didukung pada WhatsApp orisinil.

Perlu diingat kembali, meskipun Aero ini mengusung fitur yang tidak ada pada Whatsapp resminya, tetapi keamanannya masih dipertanyakan. Hal itu karena aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga, seperti aplikasi WhatsApp Mod lainnya, bukan WhatsaApp resmi sebagaimana kita tahu.

Dalam kasus ini pun Whatsapp bakal memberi sanksi bagi pengguna yang memakai WhatsApp Aero serta sejenisnya. Mengutip dari Kompas Tekno, Kamis (6/1/22) bahwa perusahaan WhatsApp resmi tidak segan-segan memblokir akun pengguna yang memakai WhatsApp MOD, termasuk WhatsApp Aero. Sebab aplikasi seperti yang disampaikan di atas dan sejenisnya dianggap melanggar aturan layanan WhatsApp.