fbpx

Aplikasi Pelacak Lokasi Selain Google Maps

Ingin mengetahui posisi seseorang saat ini menjadi sebuah hal yang tak mudah, apalagi memang tak diberitahu sebelumnya alias rahasia. Padahal sebagian besar orang mungkin mempunyai jiwa kepo atau menjadi seorang stalker kuat. Ingin mengetahui lokasi bisa karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ingin mengetahui lokasi lantaran memang sebuah kebutuhan pribadi yang mengharuskan tiba di lokasi tersebut. Misalnya mencari sebuah toko online yang di cari.
  • Ingin mengetahui lokasi seseorang, mungkin teman atau orang lain yang sedang bermasalah dengan kamu. Misalnya, kamu akan menghadiri acara pernikahan teman maka harus mencari tahu lokasinya dan atau kamu mencari rumah seseorang untuk kepentingan lain.
  • Ingin melacak smartphone kamu. Mungkin saja perangkat telah dicuri, untuk memudahkan penemuan kamu perlu mencari lokasinya.

Lalu apakah hanya Google Maps bisa melakukannya? Hmm, tentu saja bisa namun setiap aplikasi tentu mempunyai sisi lebih dan kurangnya. Nah, daripada kamu hanya ngandalin satu aplikasi saja, mengapa tidak coba beberapa aplikasi pelacak lokasi lainnya? Misalnya seperti berikut.

Aplikasi Pelacak Lokasi yang Mudah dan Akurat

Glympse

Rekomendasi aplikasi yang pertama ini adalah Glympse. Aplikasi ini sempat Menjadi salah satu pelacak lokasi populer di Play Store. Tentu tujuannya seperti yang sudah disampaikan, yakni melacak lokasi secara tepat. Bahkan aplikasi ini tersedia sepenuhnya gratis dan bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu, memudahkan banget dong!

Pada aplikasi Glympse ini kamu juga bisa mengatur berapa lama pembagian lokasi dilakukan. Nantinya akses akan dihentikan jika waktu telah usai. Namun yang terpenting adalah semua akses terhadap lokasimu tidak akan terjadi tanpa seizin dirimu sendiri.

Sygic Family Locator

Aplikasi pelacak lokasi selanjutnya yakni Sygic Family Locator. Merupakan sebuah aplikasi yang cocok untuk melacak lokasi anggota keluargamu, sesuai judulnya. Sygic Family Locator memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan informasi lokasi secara real time. Belum lagi dengan layanan pesan bawaan, aplikasi ini menjadi semakin praktis dan mudah untuk digunakan.

BACA JUGA  Mengenal Arti Setiap Warna Jalan di Google Maps

Terdapat fitur SOS yang bisa kamu akses, digunakan ketika salah satu anggota keluarga tidak ada kabar selama beberapa waktu. Caranya yakni tinggal tekan tombol SOS,  maka aplikasi akan secara otomatis melacak posisi mereka di peta. Worth it lah pastinya.

Find My Friends

Namanya aja Find My Friends, tentu aplikasi ini lebih fokus pencarian teman-temanmu. Find My Friends merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Family Safety Production guna mewujudkan permintaan publik. Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk memanfaatkannya cukup mudah, kamu tinggal memasukkan nomor telepon atau alamat email, kemudian, aplikasi ini akan membagikan permintaan akses. Apabila sudah disetujui dengan yang bersangkutan, maka kamu akan langsung bisa tahu lokasi mereka sedang berada.

Life360

Life360 mempunyai tujuan untuk memudahkan penggunanya agar terus terkoneksi dengan orang-orang tercinta. Maka Life360 bisa digunakan dengan sangat mudah untuk menemukan lokasi. Terdapat fitur circle yang merupakan group pribadi bisa digunakan bersama keluarga atau teman.

Nah, dengan merekalah kamu bisa berbagi lokasi. Salah satu keunggulan pada aplikasi ini yaitu kamu tak perlu membagikan lokasimu setiap saat. Paham kan? Misalnya, kamu hanya memerlukannya saat keluar malam dan tidak saat akhir pekan. Selain itu aplikasi ini telah di unduh lebih dari satu juta pengguna yang menyuguhkan serta sebuah “Peta Khusus” untuk setiap circle. Disana kamu bisa melihat lokasi setiap anggota.

Google Trusted Contacts

Jika mendengar nama Google, bisa jadi ini salah satu bagian dari Google Maps. Yaps, namanya Google Trusted Contacts, bisa kamu gunakan untuk melacak nomor ponsel teman. Dengan aplikasi ini maka kamu bisa selalu terhubung dengan orang-orang yang kamu percaya, seperti kekasih, keluarga, atau teman. Hanya saja yang membedakan disini dengan Google Maps adalah memungkinkan penggunanya untuk menggunakan fitur auto-response.

Artinya, Trusted Contact akan share lokasi dimana kamu berada secara otomatis jika ada yang ingin mengetahui keberadaanmu tetapi pada saat itu tidak ada respon darimu. Sangat mendukung sekali jika terjadi sesuatu darurat, dan mungkin kamu bisa mencoba untuk pasanganmu.

BACA JUGA  Cara Melacak No Hp Lewat Google Maps Tanpa Diketahui

GeoZilla

Aplikask GeoZilla adalah rekomendasi terakhir pada laman ini. Ini adalah kembangan yang patut kamu coba, karena aplikasi ini mempunyai fitur berbeda yakni memungkinkan kamu untuk membagi tugas rumah dengan anggota grup berdasarkan lokasi. Misalnya berbelanja, membeli peralatan tertentu, dan masih banyak lagi. Berdasarkan review dari Make Use Of, keunggulan pada aplikasi ini apabila dibandingkan dengan yang lainnya yakni memang tidak banyak menguras baterai. Hal itu karena GeoZilla memiliki fitur Significant Location Change (SLC).

Kamu cocok yang mana? Sepertinya beberapa aplikasi pelacak lokasi di atas sama-sama memberikan manfaatkan yang di perhitungkan banget. Donwload yuk!