fbpx

Cara Video Call WhatsApp Lewat Laptop atau Komputer

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia yang telah digunakan oleh jutaan orang. Tak ingin ketinggalan dengan aplikasi lainnya, WhatsApp selalu menyuguhkan fitur-fitur terbarunya. Pada tanggal 4 Februari 2021 kemarin, WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur Call (Telepon) dan Voice Call (Panggilan Video) yang dapat di nikmati oleh semua pengguna WhatsApp fitur dekstop.

Perlu diketahui bahwa WhatsApp fitur dekstop dan WhatsApp web tidaklah sama. Jika ingin mengakses WhatsApp web, pengguna tidak memerlukan aplikasi khusus, cukup menggunakan google chroom, firefox, atau juga bisa internet explorer. Tak hanya itu saja, WhatsApp web juga dapat di akses di laptop manapun tanpa terikat. Namun berbeda dengan WhatsApp versi dekstop, jika ingin menggunakan WhatsApp versi dekstop maka pengguna harus mendownload terlebih dahulu aplikasi “WhatsApp for Dekstop”.

WhatsApp for Dekstop ini dapat di install di situs resmi WhatsApp baik pengguna windows maupun MacOS. Lalu bagaimana cara melakukan video call di WhatsApp lewat laptop atau komputer? Simak sampai tuntas ulasan dibawah ini. Sebelum melakukan Video call pastikan bahwa kamu telah menginstall terlebih dahulu aplikasi WhatsApp di dekstop laptop atau komputer kamu. Pastikan juga bahwa WhatsApp telah terupdate ke versi paling baru. Tak hanya itu, hal-hal pentingyang perlu diperhatikan sebelum melakukan Video call antara lain;

  • Pastikan bahwa laptop yang akan digunakan sebagai video call memiliki sistem operasi (Mac atau Windows) yang terbaru. Untuk Windows, minimal harus Windows 8 atau yang lebih tinggi. Sedangkan untuk MacOS minimal seri OS X Yosemite atau yang lebih tinggi.
  • Pastikan bahwa mikrofon dan kamera laptop atau komputer dapat berfungsi dengan baik.
  • Pastikan bahwa laptop atau komputer tersambung ke internet.

Sebelum memasuki WhatsApp for Dekstop, kamu akan diminta untuk Scan QR Code terlebih dahulu menggunakan kamera untuk dapat memasuki aplikasi WhatsApp.

Cara Melakukan Video Call di WhatsApp Lewat Laptop atau Komputer

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang telah di install di Laptop atau komputer.
  2. Pilih kontak yang ingin diajak melakukan video call
  3. Setelah room chat terbuka, pada bagian atas terdapat dua ikon baru yakni gagang telepon untuk telepon dan kamera untuk video call. Kedua ikon ini sama seperti yang terdapat di WhatsApp ponsel.
  4. Pilih salah sagu diantara keduanya. Apabila ingin melakukan video call maka klik ikon gambar kamera.
  5. Ketika panggilan video call berlangsung, akan ada beberapa ikon yang muncul seperti ikon kamera untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kamera, ikon mikrofon untuk mengaktifkan suara atau menonaktifkan suara, ikon titik tiga untuk mengatur kamera, mikrofon, dan audio yang digunakan, serta ikon gagang telepon untuk mengakhiri panggilan.
    Begitu pula dengan panggilan voice call, akan terdapat beberapa ikon yang muncul seperti ikon kamera yang berguna untuk berpindah ke fitur video call, ikon mikrofon untuk mengaktifkan suara atau menonaktifkan suara, ikon titik tiga untuk mengatur kamera, mikrofon, dan audio yang sedang digunakan, serta gagang telepon untuk mengakhiri panggilan yang sedang berlangsung.
  1. Apabila kamu adalah penerima panggilan, maka akan terdapat dua pilihan tab baru untuk menerima atau menolak panggilan.
BACA JUGA  Link Download AndWobble Apk Aplikasi Wallpaper Bergerak

Kamu juga bisa menyebarkan link video call dengan cara menyalin link dan menyebarkannya lewat WhatsApp chat. Tak perlu khawatir karena fitur ini beroperasi sama seperti di aplikasi mobile, panggilannya sudah terenskripsi end-to-end, yang berguna untuk menjamin keamanan penggunanya. Sebenarnya, WhatsApp yang digunakan di ponsel, WhatsApp Web, ataupun WhatsApp for Dekstop penggunaannya sama saja, mungkin bagi yang belum terbiasa akan sedikit merasa kebingungan.

Itulah artikel mengenai cara video call WhatsApp lewat laptop atau komputer yang dapat kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu