fbpx

Waspada! 15 Aplikasi Android Ini Sekarang Penuh dengan Malware

Harus serba hati-hati, dalam menginstal aplikasi selalu identik dengan kerja malware yang bisa menyerang kapan saja jika tak pandai memilih aplikasi. Program berbahaya atau “Malware” bernama “Joker” jenis trojan disebut sering menyusup pada beragam aplikasi Android yang terdaftar pada Google Play Store. Kini malware tersebut kian menghantui para pengguna. Joker merupakan malware yang mampu mencuri uang dengan cara berlangganan premium tanpa diketahui oleh para korbannya. Bahkan program jahat ini mampu menyimulasikan klik iklan, mengintai isi pesan teks di ponsel, mencuri kode OTP sampai dengan informasi perangkat dan daftar kontak.

Seperti yang dikutip dari Kompas Tekno Selasa, (23/11/2021) bahwa terdapat sekiranya 15 aplikasi mengandung malware jenis ini berdasarkan informasi di akun twitter yang di unggah oleh seorang analis malware di perusahaan keamanan siber Kaspersky, Tatyana Shishkova. Beberapa jenis aplikasi tersebut di katakan cukup populer hingga sudah pernah di unduh sebanyak 50.000 kali.

Tidak dijelaskan lebih oleh Shishkova apakah ia telah memberi tahu pihak Google sendiri atau belum terkait temuan terbarunya. Namun berdasarkan informasi yang diperoleh lain seluruh aplikasi tersebut tampaknya sudah dihapus oleh Google, lantaran sudah tak bisa lagi menemukan di Play Store.

Meskipun sudah terhapus, jika pengguna lebih dulu menginstal aplikasi tersebut maka tetap saja itu menjadi ancaman besar bahwa perangkat masih terinfeksi virus. Bagi yang belum mengnstal, alangkah lebih baik jika menyimak 15 nama pembuat aplikasi yang disebut mengandung jalan masuknya “Joker”.

  1. Super-Click VPN (Peacesea Zheng)
  2. Volume Booster Louder Sound Equalizer (Coy L. Bryant)
  3. Now QRCode Scan (Brian Muell)
  4. Battery Charging Animation Bubble Effect (Charles M. Roseman)
  5. Volume Boosting Hearing Aid (Maria J. Simpson)
  6. Easy PDF Scanner (Saber Jackson)
  7. Smart TV Remote (Dan M. Quinn)
  8. Classic Emoji Keyboard (Jack Lena)
  9. EmojiOne Keyboard (Stone Tony)
  10. Flashlight Flash Alert on Call (Tracy S. Harris)
  11. Halloween Coloring (Halloween Coloring)
  12. Battery Charging Animation Wallpaper (Erica E. Guel)
  13. Dazzling Keyboard (George J. Smith)
  14. Super Hero-Effect (Doyle Neville)
  15. Blender Photo Editor-Easy Photo Background Editor (NIUJNJKS SRHDT)
BACA JUGA  Medsos Terpopuler di Dunia Ternyata Bukan TikTok