fbpx

Pengguna MacBook Harus Hati-Hati, Update MacOS Bisa Bikin Laptop Mati Total

Wah, gawat dong kalau sampai update MacOS bikin perangkat mati total. Inilah kabar yang sibuk diperbincangkan publik, menyebut untuk semua pengguna MacBook harus lebih berhati-hati.

Usai memperkenalkan pada ajang WWDC 2021 tepatnya Juni lalu, Apple pun akhirnya resmi merilis pembaruan OS atau sistem operasi pada dekstop terbarunya yakni macOS Monterey pada 25 Oktober 2021 belum lama kepada publik.

Meski begitu kabarnya update OS yang diterbitkan perusahaan asal California ini di gadang punya banyak permasalahan atau biasa dikenal dengan istilah Bug. Kabar berlanjut menyebutkan bahwa bug tersebut mampu melumpuhkan perangkat pengguna. Ya, di gadang pembaruan OS MacBook bikin laptop mati total. Hal ini sebagaimana yang di ungkapkan sebagian pengguna MacBook belakangan terakhir melalui jejaring sosial Twitter.

Baik pengguna MacBook atau MacBook Pro yang di produksi 2020 kebawah beberapanya mengatakan perangkat mereka yang mengalami mati total usai melakukan update macOS Monterey. Apple sendiri dikenal sebagai vendor besar pemasok perangkat iOS, maka tak heran jika kabar ini begitu mengejutkan. Disisi lain ada juga pengguna MacBook Air 2015 yang menyebutkan perangkatnya mati usai lima menit pemakaian. Parahnya saat hendak dinyalakan kembali setelah beberapa saat tak juga menyala.

Bukan saja pengguna komputer portabel, bagi beberapa pengguna iMac turut meresahkan kejadian tersebut. Misalnya saja pengguna iMac 2017 mengatakan komputernya alami kejadian serupa.

Sebagai informasi macOS 12 mendukung beberapa komputer Mac dengan model-model dibawah ini:

  • MacBook Air awal 2015 dan yang terbaru
  • MacBook awal tahun 2016 dan yang terbaru
  • MacBook Pro awal 2015 dan yang terbaru
  • iMac akhir 2015 dan yang terbaru
  • Mac Pro akhir 2013 dan yang terbaru
  • Mac Mini akhir 2014 dan yang terbaru
  • iMac Pro tahun 2017 dan yang terbaru

Belum diketahui secara pasti MacBook model mana atau iMac yang terdampak bug MacOS tersebut lantaran Apple sendiri masih menutup suara terkait masalah yang terjadi ini. Adapun yang pasti bug Monterey diklaim tak akan mempengaruhi jajaran MacBook atau iMac dengan chip buatan Apple, M1 sebagaimana yang dikutip dari KompasTekno, Rabu (3/11/2021).

BACA JUGA  Link Download Screen Mirror App, Sharing Layar HP Android Ke TV

Jika anda termasuk salah satunya pengguna perangkat Apple anda bisa melakukan restore terhadap firmware atau bisa juga mencari informasi lebih lanjut di laman Apple Support.