fbpx

WhatsApp Siapkan Fitur Suara Baru

Aplikasi pesan instant terpopuler yakni WhatsApp dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru lagi untuk para penggunanya. Fitur baru yang sedang mereka kerjakan ini adalah kemampuan transkrip untuk pesan suara (voice note) di aplikasi WhatsApp untuk pengguna iOS.

Informasi ini beredar pertama kali dari laman WABetaInfo yang menjadi sumber informasi mengenai bocoran berbagai hal dari WhatsApp. Mereka menyebutkan, jika fitur baru ini memungkinkan pesan suara bisa diubah menjadi teks, dengan demikian maka pengguna bisa mengetahui isi pesan tersebut tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu.

Saat ini fitur Voice Note didalam aplikasi WhatsApp ini sangatlah berguna, terlebih bagi para pengguna yang kebetulan sedang sibuk atau malas mengetik pesan secara langsung untuk membalas pesan atau mengirim pesan ke orang lain. Apalagi dengan adanya voice note ini memudahkan pengguna saat memberikan penjelasan yang jika ditulis menggunakan teks akan sangat panjang dan memakan waktu.

Akan tetapi masalahnya, si penerima voice note di WhatsApp ini bisa saja mereka kebetulan sedang berada di tempat yang ramai sehingga tidak bisa mendengarkan voice note tersebut. Atau bisa juga penerima tidak membawa headphone sehingga tidak bisa mendengarkan pesan suara tadi dengan jelas tanpa orang lain bisa mendengarkannya juga.

Nah ketika si penerima dalam kondisi tersebutlah, maka fitur baru di WhatsApp ini yang bernama transkripsi voice note berguna dan sangat membantu untuk penerima pesan suara tadi. Perlu anda ketahui jika fitur yang sedang dikerjakan oleh WhatsApp ini bukan yang pertama kali, karena sebelunya layanan transkrip otomatis sudah tersedia pada aplikasi lain seperti Otter.ai ataupun Google Recorder yang bisa mengubah pesan suara menjadi sebuah teks.

Namun untuk fitur transkrip Voice Note di WhatsApp ini nantinya sifatnya opsional, sehingga pengguna pun diberi kebebasan akankah ingin mengaktifkan fitur tersebut atau tidak. Seperti sebuah gambar tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo beberapa waktu lalu, dimana pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan fitur transkrip voice note tersebut atau tidak.

BACA JUGA  Awas! Undangan Nikah WA Bisa Kuras Rekening Kalian

Pengguna akan diminta untuk memberikan izin pada WhatsApp mengakses fitur Speech Recognition agar nantinya fitur baru ini bisa bekerja. Izin ini akan muncul dalam sebuah jendela Pop-up, yang mana ada keterangan jika pesan suara yang diterima dari WhatsApp ini akan dikirimkan ke Apple untuk di tranksrip nantinya.

Selain itu dengan data yang dikirimkan melalui fitur voice note WhatsApp ini juga akan membantu pihak Apple dalam meningkatkan teknologi speech recognition (pengenalan suara) miliknya. Pengguna akan diberikan pilihan OK untuk mengaktifkannya, atau Don’t Allow jika tidak memberikan izin untuk mengaktifkan.

Jika anda memilih OK, maka nantinya secara otomatis pengguna bakal dibawa ke jendela Transkrip tadi, disitu anda akan melihat hasil transkrip dari pesan suara yang dikirimkan di WhatsApp tersebut berdasarkan stempel waktu. Fungsi dari stempel waktu ini sendiri memungkinkan pengguna bisa memilih untuk ke bagian pesan suara tertentu saja tanpa perlu mendengarkannya secara keseluruhan.

Nah pesan suara yang telah di transkrip tadi untuk pertama kali bakal langsung tersimpan secara lokal didalam database WhatsApp di ponsel, dengan begini pada saat pengguna ingin melihatnya lagi tidak perlu melakukan transkrip kembali. Seperti yang sudah tertera didalam jendela pop-up tadi, jika nantinya voice note yang dikirimkan oleh pengguna WhatsApp tadi tidak akan dikirim ke Facebook maupun WhatsApp, namun ke server Apple.

Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir, karena pesan suara tersebut tidak akan ditautkan langsung ke identitas pengguna nantinya. Pihak WhatsApp pun juga memastikan jika nantinya voice note pengguna bakal dilindungi oleh enkripsi end-to-end, sehingga isi voice note itu pun tetap aman dan tak bisa ‘diintip’ oleh orang lain kecuali pengirim dan penerima saja.

Sayangnya masih belum diketahui kapan para pengguna WhatsApp di iOS ini bisa mencoba fitur baru tersebut. Belum diketahui juga apakah fitur keren ini bakalan tersedia untuk pengguna android apa tidak, jadi untuk itu tunggu saja update informasi dari pihak WhatsApp nantinya ya.