cara bikin undangan grup WhatsApp dengan menu Event

Cara Bikin Undangan Grup WhatsApp Dengan Menu Event

Seperti yang kita ketahui, jika pihak Meta rutin meluncurkan berbagai fitur baru pada aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan kemampuannya. Dan baru-baru ini mereka kembali merilis fitur keren yang diberikan nama “Event”.

Fitur ini sudah tersedia sejak Senin (2/7/2024) lalu. Nah untuk mencari fitur “Event” atau “Acara” ini hanya dapat anda temukan di ruang obrolan grup WhatsApp sekarang.

Anda bisa menemukan fitur “Event” tersebut pada grup WA dan terletak di antara menu lampiran lainnya seperti Photo, Audio, Poll, dan sebagainya. Sesuai dengan namanya, keberadaan fitur Event ini untuk mempermudah  pengguna yang ingin membuat acara atau janji temu pada anggota grup semakin menarik.

Sebelum membahas tentang cara bikin undangan grup Whatsapp dengan menu Event, berikut ini kami berikan dulu penjelasan singkatnya.

Apa Itu Menu Event di WhatsApp ?

menu event whatsapp

Apakah anda sudah mencoba membuat undangan di grup WhatsApp dengan menu Event yang baru? Fitur ini sangat praktis dan memudahkan pengguna untuk membuat undangan atau pengingat jadwal untuk berbagai kegiatan, seperti rapat, pertemuan, dan acara lainnya.

Dengan fitur Event di grup WA, pengguna bisa membuat undangan acara dengan lebih praktis dan efisien. Namun, karena fitur ini masih baru, mungkin beberapa pengguna belum familiar. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai Event di grup WA.

Jika ada perubahan informasi undangan, seperti jadwal, pengguna yang membuat undangan dapat mengeditnya dengan mudah. Hal ini memastikan koordinasi acara menjadi lebih terorganisir dan fleksibel.

Fitur Event di grup WA telah tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi 2.24.8.85 dan WhatsApp iOS versi 2.24.12.78. Pengguna bisa memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di ponsel mereka untuk mendapatkan fitur ini.

BACA JUGA  Deretan HP OPPO RAM 8GB Murah Mulai Rp 2 Jutaan

Jika fitur belum muncul setelah pembaruan, pengguna perlu bersabar karena fitur baru biasanya diluncurkan secara bertahap.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba, berikut cara bikin undangan grup WhatsApp dengan menu Event di bawah ini:

Cara Bikin Undangan Grup WhatsApp dengan Menu Event

Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk membuat undangan acara atau kegiatan bersama dan membagikannya kepada anggota grup. Ini tentunya akan memudahkan koordinasi dan pengorganisasian acara di dalam grup.

Untuk membuat undangan acara di grup WA dengan menggunakan fitur Event, silakan ikuti langkah-langkah berikut yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Membuka Ruang Obrolan

Langkah pertama adalah membuka ruang obrolan grup WhatsApp yang ingin Anda gunakan untuk mengirim undangan. Karena seperti yang dijelaskan di atasb tadi, jika fitur ini hanya tersedia di Grup WhatsApp

2. Mengakses Menu Lampiran

Klik ikon plus (+) yang berada dalam kolom pengetikan chat untuk mengakses menu lampiran.

3. Memilih Menu Event

Dari deretan menu lampiran yang muncul, silahkan anda pilih menu “Event” yang berada di bagian pojok bawah.

4. Mengisi Detail Informasi Acara

Setelah masuk menu tersebut, silahkan anda isikan detail acara yang akan dibuat, mulai dari nama acara, deskripsi kegiatan, jadwal, lokasi, serta tambahkan tautan untuk telepon atau video call jika diperlukan.

fitur baru event whatsapp

5. Mengirim Undangan

Setelah semua informasi terisi dan sesuai, tap opsi “Send” untuk mengirim undangan ke obrolan grup WhatsApp tersebut.

6. Mengedit Informasi Undangan

Jika ada perubahan informasi undangan tersebut, Anda dapat mengedit undangan itu untuk menyesuaikannya. Caranya, cukup tap undangan yang sudah dikirim dalam grup tadi lalu tap opsi “edit” untuk memperbaiki detail informasi yang diperlukan. Setelah itu silahkan kirim lagi.

Dengan fitur Event yang ada di grup WhatsApp ini, mengatur acara dan mengundang teman-teman menjadi lebih praktis dan terorganisir.

Membuat undangan di grup WhatsApp dengan menu Event baru sangat mudah, bukan? Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat undangan atau pengingat jadwal untuk berbagai acara, seperti pertemuan, rapat, dan kegiatan lainnya.

BACA JUGA  Asus Zenfone Berakhir? Ini Faktanya

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara bikin undangan grup WhatsApp dengan menu Event yang baru. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.