whatsapp

Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Dibaca Atau Belum Tanpa Centang Biru

Penggunaan aplikasi WhatsApp dalam aktifitas sehari-hari memang sudah biasa, karena memang aplikasi ini menjadi andalan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Didalam aplikasi WhatsApp ini memiliki fitur yang mempermudah mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum, yakni berupa fitur centang biru.

Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman dengan fitur tersebut, dan akhirnya mereka memilih untuk mematikan fitur ini agar pesan yang mereka baca tidak terlihat oleh pengirimnya.

Ketika fitur centang biru dimatikan, akan sulit mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum. Meskipun begitu, ada trik yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Walaupun memerlukan sedikit usaha, trik ini cukup efektif.

Nah kali ini kami akan bahas tentang cara mengetahui pesan WhatsApp telah dibaca atau belum saat pengguna mematikan fitur centang biru ini.

Salah satu caranya adalah dengan membuat grup WhatsApp yang beranggotakan orang yang ingin kita ketahui apakah mereka sudah membaca pesan atau belum. Dalam grup WhatsApp, kita bisa melihat siapa saja yang telah membaca pesan yang dikirim.

whatsapp

Cara Mengetahui Pesan WA Sudah Dibaca Tanpa Centang Biru

Untuk mengetahui apakah pesan WhatsApp sudah dibaca meskipun fitur centang biru dinonaktifkan, berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  • Langkah pertama adalah membuat grup WhatsApp baru, undang orang yang ingin anda kirimi pesan ke dalam grup tersebut.
  • Setelah orang yang dituju sudah masuk ke dalam grup tersebut,selanjutnya silahkan kirim pesan yang ingin disampaikan pada grup tersebut.
  • Berikan waktu sebentar agar penerima pesan memiliki kesempatan untuk membaca pesan itu.
  • Selanjutnya silahkan tekan dan tahan pesan yang sudah dikirim di grup tadi, kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Info”.
  • Di sini, anda akan melihat apakah pesan tersebut sudah dibaca atau masih dalam status terkirim alias belum dibaca oleh orang itu.

Dengan trik ini, maka anda bisa mengetahui apakah pesan WA sudah dibaca atau belum oleh penerima yang menonaktifkan fitur centang biru. Meski sedikit merepotkan karena harus membuat grup baru, namun cara ini sangat efektif untuk memastikan pesanmu benar-benar dibaca atau belum.

BACA JUGA  10 Cara Mendapatkan Follower IG Gratis

Cukup sekian ulasan tentang cara mengetahui pesan WhatsApp telah dibaca atau belum tanpa centang biru kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.