cara mengatasi akun tiktok yang kena banned

Cara Memulihkan Akun TikTok yang Kena Banned

Akun TikTok yang diblokir umumnya disebabkan oleh pelanggaran aturan komunitas yang dilakukan pengguna, seperti memposting konten yang melanggar pedoman, melakukan kegiatan monetisasi dengan pihak yang tidak aman, atau melanggar hak cipta.

Diblokirnya akun TikTok akan mengakibatkan pengguna tidak bisa membuka akun Tiktoknya untuk sementara. Jika anda seorang konten kreator, jelas kondisi tersebut tentu akan mengganggu aktifitas dengan para followers yang sering berinteraksi dengan konten tersebut.

Lantas bagaimana cara memulihkan akun TikTok yang kena Banned tersebut agar bisa digunakan lagi secara normal? Dibawah ini akan kami bagikan sejumlah caranya untuk anda.

Cara Memulihkan Akun TikTok ke Banned

Ada beberapa cara memulihkan akun TikTok yang kena banned yang bisa anda lakukan, siapa tahu ini bisa mengatasi masalah anda. Yuk ikuti sejumlah caranya yang sudah kami siapkan untuk anda berikut ini.

1. Melalui Email

Cara memulihkan akun TikTok yang kena banned pertama bisa melalui email. Anda akan mendapat notifikasi melalui email dari TikTok jika akun Anda mengalami penangguhan sementara.

Jika ini terjadi, Anda mempunyai beberapa opsi untuk menyelesaikan masalah ini. Anda bisa menunggu selama 24 hingga 48 jam untuk melihat apakah akun Anda akan dipulihkan secara otomatis, atau Anda bisa langsung menghubungi dukungan pelanggan TikTok.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan buka Profil Anda.
  • Tap ikon menu garis tiga di pojok kanan atas layar.
  • Kemudian tap opsi “Pengaturan privasi”.
  • Gulir ke bawah lalu tap opsi “Laporkan Masalah”.
  • Pilih “Pulihkan akun”.
  • Selanjutnya, silahkan anda pilih metode pemulihan akun, misalnya menggunakan “E-mail”.
  • Masukkan alamat email yang terhubung dengan akun TikTok Anda.
  • Klik “Berikutnya” dan ikuti petunjuk yang ada untuk melanjutkan proses pemulihan akun TikTok tersebut.

akun tiktok kena banned

2. Lakukan Verifikasi Akun

Anda diminta untuk memberikan bukti identifikasi (ID) sebagai verifikasi akun Anda. Hal ini bisa dilakukan jika akun Anda ditangguhkan karena masalah usia, Anda dapat menyelesaikannya dengan memberikan bukti identitas untuk memverifikasi usia Anda.

BACA JUGA  2 Cara Mengatasi Sadap WhatsApp Jarak Jauh

Pada beberapa kasus, mungkin terjadi kesalahan saat mengisi informasi usia saat membuat akun TikTok. TikTok memperbolehkan anda untuk mengirimkan bukti identitas resmi kepada tim dukungan pelanggan guna memverifikasi usia pengguna.

Dengan memberikan bukti ID, proses pemulihan akun TikTok Anda akan menjadi lebih mudah dan lancar.

Untuk melaporkan rincian terkait penangguhan akun TikTok, Anda dapat menyampaikan detail masalah melalui fitur “Laporan Masalah” yang dapat diakses dari Pengaturan TikTok:

  • Pertama buka aplikasi TikTok
  • Lalu buka Profil Anda.
  • Lalu tap opsi garis tiga di pojok kanan atas.
  • Klik “Pengaturan privasi”.
  • Scrool ke bawah dan lalu tap opsi “Laporkan masalah”.
  • Selanjutnya, scrool lagi ke bawah dan tap opsi “Kirim Laporan”.

3. Perbaiki Kesalahan Akun TikTok

Memperbaiki kesalahan akun TikTok yang terkena shadowban bisa menjadi tantangan. Shadowban biasanya berlangsung selama minimal dua minggu. Ada beberapa gejala atau tanda-tanda yang bisa anda curigai ketika mengalami shadow ban tersebut.

Pada pekan pertama, Anda mungkin akan melihat penurunan jumlah pengikut dan tayangan video Anda setiap kali posting.

Lalu pada minggu selanjutnya, Anda tidak diperbolehkan untuk mengupload konten baru atau memakai tag yang ada dalam TikTok, kecuali video tersebut diatur sebagai publik.

Anda tak perlu khawatir, untuk cara memulihkan akun TikTok yang kena banned seperti ini anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut :

  • Pertama, pastikan Anda sudah mengecek pedoman komunitas TikTok secara menyeluruh dan pastikan tidak ada pelanggaran aturan yang anda lakukan.
  • Jika Anda menemukan konten yang melanggar, segera hapus konten tersebut.
  • Selanjutnya, cek analisis akun Anda untuk memastikan anda tidak memakai hashtag yang melanggar pedoman komunitas TikTok.
  • Langkah terakhir Anda juga dapat mencoba membersihkan cache aplikasi TikTok yang ada di dalam perangkat Anda. Namun, jika masalah tetap berlanjut, anda bisa melakukan langkah terakhir yakni dengan menginstal ulang aplikasi tersebut.

Cukup sekian dulu ulasan cara memulihkan akun TikTok yang kena banned kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.