whatsapp

Hadir di iOS, Apa Itu Fitur Passkey di WhatsApp?

Fitur passkey yang diluncurkan WhatsApp pada akhir tahun 2023 untuk aplikasi Android-nya telah memperkuat lapisan keamanan bagi pengguna. Kabar baiknya kini, fitur baru tersebut juga telah hadir untuk pengguna WhatsApp di perangkat iOS setelah beberapa waktu diluncurkan di Android.

Meta, sebagai induk perusahaan WhatsApp, mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Dengan adanya fitur passkey tersebut, maka nantinya para pengguna dapat login ke dalam akun WhatsApp miliknya dengan lebih cepat dan aman tanpa perlu menggunakan one-time password (OTP) yang dikirimkan melalui SMS.

Selain itu, fitur passkey di WhatsApp ini juga membantu pengguna untuk mencegah penggunaan password yang sama berulang kali serta melindungi dari upaya phishing yang saat ini marak terjadi.

Untuk meningkatkan keamanan, pengguna bisa menggunakan berbagai metode autentikasi seperti pengenalan wajah, biometrik, atau PIN untuk memverifikasi kode sandi yang tersimpan di manajer kode sandi Apple miliknya.

whatsapp passkey

Konsep dari kunci keamanan ini adalah dengan menyimpan kredensial autentikasi di perangkat pengguna, yang dipasangkan dengan kredensial yang disimpan oleh layanan yang ingin dimasuki.

Cara mengaktifkan kode sandi untuk WhatsApp di iOS adalah dengan membuka bagian Akun pada Pengaturan aplikasi, lalu ketuk Kode Sandi. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, maka verifikasi kunci sandi akan membuat proses masuk kembali ke WhatsApp lebih aman dan nyaman.

Menurut Alice Newton-Rex, WhatsApp Head of Product, peluncuran fitur ini bertujuan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan kepada pengguna WhatsApp.

“Kami sangat senang meluncurkannya di WhatsApp dan memberikan lapisan keamanan tambahan kepada pengguna,” Ujar Alice dikutip dari laman Detik.

Nah untuk anda yang menggunakan smartphone iPhone, maka tunggu kedatangan fitur baru WhatsApp ini pada perangkat anda. Karena biasanya untuk peluncuran fitur baru ini akan dilakukan secara bertahap di sejumlah negara.

BACA JUGA  Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Banyak Peningkatan Besar!