whatsapp

WhatsApp Kini Bisa Bikin Stiker Langsung dalam Aplikasi

Di Indonesia, pengguna WhatsApp (WA) versi Android kini dapat dengan mudah membuat stiker langsung dari aplikasi. Ini berarti tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker, yang sebelumnya harus diunduh terpisah di platform lain.

Sebelumnya, fitur baru ini telah tersedia dalam versi beta WhatsApp Android dan sekarang telah mulai tersedia untuk sejumlah pengguna dalam versi stabil aplikasi WhatsApp.

Tersedianya fitur pembuatan stiker sendiri terlihat pada beberapa versi WhatsApp Android di Indonesia, seperti versi 2.24.6.77 dan versi 2.24.7.81. Hal ini ditandai dengan munculnya ikon pensil dan teks “Create” (Buat) di tab stiker WhatsApp.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat stiker dari gambar atau foto yang sudah ada di galeri ponsel mereka.

Proses pembuatan stiker di WhatsApp kini bisa dilakukan langsung di dalam aplikasi tanpa harus keluar. Dengan menekan ikon pensil, pengguna dapat memilih gambar dari galeri untuk diubah menjadi stiker.

WhatsApp akan secara otomatis memproses gambar dengan memotong latar belakangnya, fokus pada objek utama, dan membuatnya menjadi stiker.

Setelah proses pemotongan gambar selesai, pengguna memiliki opsi untuk mengedit stiker dengan menambahkan teks, emoji, dan elemen lainnya sesuai keinginan. Fitur ini tidak hanya mempermudah pembuatan stiker, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada stiker dari pihak ketiga.

Cara Membuat Stiker Langsung di WhatsApp

Jika Anda ingin mencoba fitur membuat stiker WhatsApp sendiri di HP Android, langkah-langkahnya cukup sederhana. Cukup tekan ikon pensil, pilih gambar yang ingin diubah menjadi stiker, lalu Anda dapat mengeditnya sesuai preferensi Anda.

whatsapp stiker

Berikut langkah-langkah membuat stiker langsung di WhatsApp untuk pengguna Android:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan atau grup yang ingin Anda kirim stiker.
  • Tekan ikon pensil untuk memulai pembuatan stiker.
  • Pilih foto yang ingin dijadikan stiker dari galeri atau kamera ponsel Anda.
  • Tunggu proses pembuatan stiker hingga selesai.
  • Setelah stiker selesai dibuat, Anda dapat melakukan pengeditan atau menambahkan berbagai item tambahan jika diinginkan.
  • Setelah puas dengan hasilnya, klik tombol kirim untuk mengirim stiker tersebut dalam obrolan atau grup yang dipilih.
BACA JUGA  iPhone Tak Lagi Bisa WhatsApp untuk Model Berikut

Dengan demikian, stiker yang telah Anda buat akan tersimpan di galeri stiker WhatsApp Anda. Anda dapat menggunakan stiker tersebut kapan pun Anda inginkan, baik untuk mengirimkannya ke kontak atau grup lain, maupun untuk digunakan dalam percakapan Anda sendiri.

Tersedia di iOS dan Android

Fitur membuat stiker sendiri di WhatsApp telah lebih dulu tersedia bagi pengguna iOS sejak bulan Januari dan di WhatsApp Web. Hal ini menjadi kabar baik bagi para pengguna karena mereka tidak perlu lagi mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker WhatsApp.

Penggunaan fitur ini di iOS memangkas proses drag-and-drop gambar dari aplikasi galeri, karena kini gambar tersebut sudah terintegrasi langsung dengan WhatsApp. Ini membuat pengalaman pengguna lebih lancar karena tidak perlu lagi beralih antar-aplikasi.

Fitur ini telah digulirkan bagi pengguna iOS versi 17 ke atas. Namun, pengguna dengan versi iOS yang lebih lawas hanya dapat memodifikasi stiker yang sudah ada, tanpa dapat membuat stiker baru. Saat ini, pengguna Android juga telah bisa menikmati fitur ini setelah penyesuaian terakhir.