whatsapp

Kirim Pesan WhatsApp Pribadi Bisa Lebih Aman dengan Trik Ini

Dalam era komunikasi melalui aplikasi instan, keamanan dan privasi informasi pribadi menjadi perhatian utama. Untuk menjaga keamanan pengguna, WhatsApp telah menyediakan beberapa langkah yang dapat digunakan agar keamanan data pengguna terjaga.

Seperti yang kita ketahui, jika Whatsapp memiliki enkripsi end to end untuk menjaga privasi obrolan pengguna. Nah untuk memaksimalkan kemampuan WhatsApp dalam menjaga privasi pengguna, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Pribadi Bisa Lebih Aman

Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Langkah pertama yang disarankan adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna diminta untuk memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun.

Hal ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap potensi serangan phishing dan upaya pemalsuan akun yang dapat membahayakan pengguna.

Gunakan WhatsApp Resmi

Selain itu, penting untuk selalu menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Pastikan pengguna selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi yang diunduh langsung dari sumber resmi.

Memastikan logo dan nama aplikasi sesuai dengan “WhatsApp” adalah langkah yang penting untuk menghindari risiko aplikasi palsu yang dapat menimbulkan masalah keamanan.

Jangan pernah tergoda dengan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp palsu, karena dari sisi keamanan data dari pengguna masih belum tervalidasi.

Dalam konteks keamanan aplikasi, pengguna juga perlu waspada terhadap kemungkinan risiko penggunaan aplikasi palsu, seperti pengiriman spam atau penipuan yang dapat merugikan pengguna dan orang lain tanpa sepengetahuan mereka.

Jika pengguna menggunakan Android dan ingin memiliki dua akun di ponsel, WhatsApp kini mendukung penambahan akun kedua di satu aplikasi resmi, memberikan kemudahan tanpa mengorbankan keamanan.

BACA JUGA  Pentingnya Hapus Akun dan Data Sebelum Uninstall Aplikasi, Ini Alasannya!

Pesan Sementara Untuk Privasi Obrolan Pengguna

Dalam menjaga keamanan dan privasi pesan, WhatsApp menyediakan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk melindungi informasi sensitif dan memastikan percakapan tetap pribadi.

Salah satu opsi yang diberikan adalah fitur “Sekali Lihat” yang memungkinkan pengirim mengirimkan foto, media, atau catatan suara yang hanya dapat dilihat atau didengar oleh penerima sekali saja.

Fitur ini membantu meningkatkan privasi pesan dengan membatasi kemampuan penerima untuk menyimpan, meneruskan, atau mengambil screenshot.

 

Aktifkan Fitur Kunci Chat

Selain itu, pengguna dapat menggunakan fitur “Kunci Chat” untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada percakapan pribadi.

Dengan menyimpan obrolan tertentu dalam folder khusus yang hanya dapat diakses oleh pengguna, fitur ini melindungi informasi pribadi atau keuangan dari akses yang tidak diinginkan.

Menjadi Admin yang Baik Untuk Grup

Sebagai admin grup atau komunitas, pengguna dapat mengambil peran sebagai pengelola yang bertanggung jawab. Admin memiliki kendali untuk menentukan siapa yang bisa bergabung, membatasi izin anggota, dan menjaga agar percakapan di dalam grup tetap bermakna.

Admin juga dapat menghapus pesan yang tidak diinginkan atau mengeluarkan anggota yang melanggar aturan grup. Dengan demikian, admin berperan sebagai penjaga keamanan dan kenyamanan dalam lingkungan grup atau komunitas WhatsApp.

Berhati-hati Terhadap Penipuan

Selanjutnya, pengguna disarankan untuk berhati-hati terhadap pesan mencurigakan yang meminta informasi pribadi. Jika menerima pesan dari kontak yang tidak dikenal, WhatsApp memberikan opsi untuk langsung memblokir kontak tersebut, serta melaporkan dan memblokir kontak yang dicurigai untuk menjaga keamanan akun.

Bisukan Telepon dari Nomot Tidak DIkenal

Untuk melindungi dari panggilan yang tidak diinginkan, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk membisukan penelepon yang tidak dikenal, yang secara otomatis dapat mencegah spam dan panggilan tak diinginkan.

Tautkan WhatsApp Melalui Sumber Terpercaya

Dalam menghubungkan perangkat ke WhatsApp, penting untuk hanya menggunakan sumber terpercaya. Pengguna disarankan untuk memastikan bahwa mereka menggunakan URL resmi atau mengunduh aplikasi resmi WhatsApp saat menghubungkan perangkat ke desktop menggunakan kode QR.

BACA JUGA  Cara Bikin Background Zoom Jadi Buram di Android, iPhone, Laptop

WhatsApp juga memberikan kemudahan untuk menautkan hingga empat perangkat ke ponsel utama, namun, penting untuk memeriksa perangkat yang terhubung dan keluar dari perangkat yang tidak dikenali agar menjaga keamanan.

Rajin Lakukan Pemeriksaan Privasi

Terakhir, pengguna dapat melakukan pemeriksaan privasi di aplikasi WhatsApp untuk meninjau dan mengonfigurasi pengaturan privasi yang sesuai. Dengan melakukan pemeriksaan privasi, pengguna dapat mengaktifkan fitur-fitur yang diperlukan untuk menjaga percakapan tetap aman dan terlindungi.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang tentang cara kirim pesan WhatsApp Pribadi agar lebih aman, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.