whatsapp cloud

Bersiap! Penyimpanan Data di WhatsApp Bakal Berbayar

Selama beberapa tahun, para pengguna WhatsApp di platform Android dapat menikmati manfaat dari fitur backup yang tak terbatas secara gratis di Google Drive. Namun ada kabar yang kurang baik datang dari WhatsApp pada tahun 2024 ini, di mana keistimewaan yang anda miliki sekarang akan dihapus pada tahun 2024.

Beberapa bulan lalu, WhatsApp memberikan pengumuman bahwa percakapan WhatsApp yang dicadangkan ke Google Drive pada perangkat Android akan mulai dihitung dalam batasan kapasitas penyimpanan.

Dengan kata lain, proses pencadangan data WhatsApp pada perangkat Android akan mulai menggunakan sebagian dari kuota penyimpanan 15GB yang disediakan secara gratis untuk setiap akun Google.

Dengan demikian, meskipun masih memungkinkan untuk mencadangkan obrolan WhatsApp ke Google Drive secara gratis, namun tidak lagi tanpa batasan dan akan terbatas sesuai dengan kuota penyimpanan yang dimiliki oleh pengguna pada setiap akun email yang dipakai.

Jadi jika kebetulan penyimpanan pada email yang digunakan tersebut sudah penuh (15GB), maka pengguna akan mendapatkan notifikasi dari pihak Google akan memberikan notifikasi jika kapasitas penyimpanan mereka habis dan harus melakukan upgrade.

Kebijakan baru ini pertama kali diterapkan pada sejumlah pengguna beta WhatsApp mulai Desember 2023. Setelah itu, kebijakan ini akan diperkenalkan secara bertahap kepada semua pengguna WhatsApp Android pada paruh pertama tahun 2024, meskipun jadwal rinci peluncurannya belum diungkap.

whatsapp cloud

Sebelum menerapkannya, pihak WhatsApp akan mengumumkan kepada pengguna 30 hari sebelum kebijakan baru ini berlaku. Pemberitahuan ini akan ditampilkan dalam bentuk spanduk di bagian Pengaturan WhatsApp, khususnya di bagian Chat dan Cadangkan chat.

Bagi pengguna yang merasa khawatir bahwa pencadangan chat WhatsApp mereka akan menghabiskan ruang penyimpanan di Google Drive, terdapat beberapa alternatif yang dapat diambil. Pertama, mereka dapat memindahkan chat ke perangkat baru menggunakan fitur Transfer Chat WhatsApp.

Kedua, disarankan untuk lebih memprioritaskan penggunaan teks dalam percakapan dan mengurangi pengiriman foto serta video, mengingat hal tersebut dapat mengonsumsi ruang penyimpanan saat dicadangkan.

BACA JUGA  Cara Cuan di Aplikasi Penghasil Uang

Ketiga, pengguna dapat mempertimbangkan untuk berlangganan layanan Google One agar mendapatkan kapasitas penyimpanan Google Drive yang lebih besar, dengan biaya mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk 100GB.

Pengguna WhatsApp di Android yang ingin menyiasati perubahan kebijakan ini juga dapat menghapus file berukuran besar dan data yang sudah tidak terpakai untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Dengan kebijakan baru ini, pengguna WhatsApp di Android akan sejajar dengan pengguna iPhone, di mana cadangan chat selalu dihitung dalam penyimpanan iCloud. Perlu dicatat bahwa pengguna WhatsApp di iPhone mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5GB dari iCloud, yang lebih kecil dibandingkan dengan pengguna WhatsApp di Android.