Tap-tap Layar di Live Streaming TikTok yang Banyak Dipertanyakan, Ini Arti dan Penjelasannya!

Bukan hanya menghibur melalui video pendek saja, namun TikTok memungkinkan pengguna melakukan maupun menyaksikan streaming.

Live Streaming disini merupakan salah satu fitur dari TikTok yang cukup berguna bagi kreator atau pemilik usaha guna meningkatkan keterlibatan audiens maupun pengikut di TikTok.

Pada saat melakukan siaran langsung/ live streaming inilah akun TikTok memberikan notifikasi kepada para pengikutnya tentang siaran langsung yang akan dilakukan.

Bagi Anda yang mendapat notifikasi untuk bergabung di salah satu siaran langsung tersebut, pastinya sudah tak asing lagi dengan intruksi streamer yang memohon kepada para penonton untuk melakukan “Tap-tap Layar”.

Jangankan bagi pengguna baru, bahkan para pengguna lama pun terkadang masih ada yang tidak mengerti tentang maksud “Tap-tap Layar”.

Nah, bagi Anda yang masih bertanya-tanda dan penasaran sekali berikut uraian lengkapnya.

Arti ‘Tap-tap Layar’ di Live Streaming TikTok

Melansir Kompas Tekno dari laman Whizcase, aktivitas tap-tap layar saat siaran langsung memberitahu bahwa streamer meminta kepada para penonton agar terlibat dalam siaran langsungnya.

Sehingga, tap tersebut mengindikasikan bahwa penonton tersebut suka pada siaran langsung mereka.

Tap-tap bisa di artikan dengan mengetuk layar sebanyak dua kali yang mana siaran langsung yang mendapat dua ketukan itu akan muncul tombol suka/like.

Apabila lebih banyak orang yang suka dengan video langsung secara bersamaan, maka algoritma TikTok bisa membaca siaran langsung itu serta menyebarluaskan video ke halaman untuk Anda/ For You Your Page (FYP).

Tentu saja hal itu bermanfaat bagi penyelenggara siaran langsung agar live streaming semakin banyak ditonton serta meningkatkan keterlibatan dengan audiens.

Hal ini bisa juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan di TikTok secara tidak langsung pada live streaming yang Anda selenggarakan.

Berdasarkan eksperimen dan pengamatan para kreator yang dilansir dari Kompas Tekno, Senin (18/12/23) dari beberapa kreator TikTok, tap-tap layar di live streaming TikTok bukan saja bermanfaat bagi streamer, tetapi juga berguna bagi penonton agar meningkatkan keterlibatannya dengan akun-akun yang lainnya.

BACA JUGA  Tak Perlu GBWhatsApp, Begini Cara Nobar Lewat Video Call WhatsApp

Secara tidak langsung hal ini bermanfaat agar akun Anda terlihat aktif dan bisa membawa manfaat untuk meningkatkan pengikut mereka. Melakukan tap-tap video atau menyukai siaran langsung sangat membantu sekali akun Anda tampak aktif.

Terutama bagi Anda yang aktif membuat konten TikTok, sehingga menunjukkan bahwa akun Anda aktif sekali dalam mengunggah berbagai konten, serta berharap bisa meningkatkan keterlibatan audiens.

Namun perlu diperhatikan bahwa dari laman resmi TikTok sendiri tidak pernah merilis tentang penjelasan istilah tap-tap. Akan tetapi sejalan dengan pengamatan dan eksperimen para streamer, tap-tap atau memberikan tombol suka di TikTok kepadq streamer mampu membantu dalam meningkatkan jumlah penonton.