Cara Hapus Saluran WhatsApp Yang Mengganggu

WhatsApp cukup sering melakukan update, dan yang terakhir ramai menjadi perbincangan adalah luncuran fitur baru berupa saluran atau channel.

Beberapa kali yang kerap diluncurkan Whatsapp, banyak yang merasa puas. Tetapi untuk update fitur baru ‘Saluran’ ini ada beberapa yang mengeluh.

Ada beberapa pengguna yang merasa terganggu dengan notifikasi yang dikirimkan oleh channel tersebut sehingga mencari-cari cara untuk menghilangkan saluran tersebut di WA.

Disisi lain, ada yang merasa bingung juga lantas pindahnya posisi-posisi dan hilangnya kolom ‘Search’ pada bagian ‘Status’.

WhatsApp sendiri merilis fitur tersebut pada beberapa waktu ke belakang.

Melansir dari laman resminya, channel berguna untuk menerima pembaruan penting dari sebuah organisasi atau orang tertentu secara pribadi dan langsung dalam Whatsapp.

Informasi yang dibagikan melalui sebuah channel termasuk ‘trusted’ atau terpercaya lantaran dikirimkan langsung oleh pihak atau orang yang mempunyai channel tersebut.

Kamu bisa menemukan fitur channel di tab baru yakni pembaruan atau update yang sebelumnya adalah tab status.

Disana pengguna bisa menemukan serta mencari saluran yang ingin di follow. Namun yang pasti, saluran tersebut terpisah dari group atau chat obrolan dengan teman, keluarga, dan bahkan komunitasmu.

Bagi kamu yang telah mengikutinya bisa langsung klik salurab yang tersedia atau menemukannya pada kolom pencarian.

Selain itu pengguna juga bisa join ke channel melalui link undangan yang dikirimkan melalui chat, email, maupun yang lainnya.

Melalui fitur channel tersebut, para admin saluran bisa membagikan informasi yang berupa teks, foto, video, hingga stiker kepada pengikutnya. Pengikut akan bisa mengakses informasi terbaru yang dikirimkan pada mereka.

Namun lantaran info yang dikirimkan sebuah channel bisa banyak sekaligus dan hampir setiap waktu, pengguna biasanya akan merasa terganggu dan bahkan merasa bosan dengan notifikasi yang diterima.

Oleh sebab itu, sebagian dari kamu mungkin ingin menonaktifkan saluran yang diikuti.

Jika kamu salah satu pengguna yang ingin menghapus channel WA namun tak tahu bagaimana caranya, berikut bisa di simak cara menghilangkan saluran di WhatsApp.

BACA JUGA  Cara Download Stiker Edisi Khusus Ramadhan di WhatsApp

Cara Menghilangkan Saluran atau Channel di WhatsApp

Para pengguna bisa menonaktifkan saluran yang diikuti kapan saja, maka setelahnya tidak akan menerina notifikasi atau status dari channel tersebut lagi.

Untuk menghilangkan saluran di WA, pastikan bahwa kamu sudah mengikuti salah satu dari channel yang ada. Jika sudah, ikuti cara berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi WA, lalu klik menu Pembaruan atau Updates di jajaran tab atas.
  • Pilih saluran yang ingin kamu hilangkan atau hapus
  • Kemudian klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Lanjutkan pilih ‘Batal Mengikuti’ atau ‘Unfollow’
  • Setelah itu klik konfirmasi untuk Batal Mengikuti
  • Selesai

Kamu tidak akan lagi menerima notifikasi atau status dari channel yang sudah dihilangkan.

Itulah cara menghilangkan saluran atau channel di WA yang bisa kamu coba.