Whatsapp

Pesan Suara di WhatsApp Bakal Seperti Foto Sekali Lihat

Aplikasi WhatsApp kembali memperkenalkan fitur baru, yaitu kemampuan mengirim pesan audio yang dapat menghilang sendiri atau biasa disebut dengan self destruction bagi pengguna beta.

Mungkin bagi mereka yang sudah lama memakai WhatsApp tak asing dengan istilah tersebut, dimana fitur ini mirip dengan pengiriman foto dan video dengan opsi ‘View Once’, yakni pesan akan otomatis menghilang setelah dibuka oleh penerima pesan.

Berita tentang fitur baru WhatsApp ini pertama kali diungkapkan oleh WABetaInfo, yang melaporkan bahwa beberapa pengguna WhatsApp versi Beta telah dapat mengakses fitur ini.

Fitur ‘View Once’ sebenarnya diperkenalkan oleh WhatsApp sejak tahun 2021 silam, dan sekarang telah diperbarui sehingga penerima pesan dengan mode ini tidak dapat melakukan tangkapan layar atau merekam layar pesan tersebut.

Tentu kedatangan dari fitur ini semata-mata memiliki tujuan untuk meningkatkan privasi pengguna aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut saat berbagi pesan suara.

“WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi catatan suara dengan mode lihat sekali yang diaktifkan untuk menambah privasi. Fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang menginstal versi terbaru WhatsApp beta,” tulis laporan WABetaInfo dikutip dari laman 9to5mac.

fitur Whatsapp baru

Dalam bocoran tangkapan layar di atas tersebut, maka anda bisa melihat adanya tombol “1” yang muncul ketika pengguna sedang merekam pesan audio WhatsApp tersebut. Dan mungkin inilah yang membedakannya dengan fitur pesan audio yang ada di WhatsApp saat ini.

Meskipun fitur ini sudah ada dalam versi Beta, belum ada informasi kapan fitur ini akan tersedia untuk pengguna umum, dan tidak semua pengguna Beta saat ini memiliki akses ke fitur ini.

Sementara itu, dikabarkan juga jika WhatsApp sedang mengembangkan fitur lain untuk aplikasi iPad yang saat ini tersedia dalam versi beta pula. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan akun WhatsApp mereka dari ponsel untuk digunakan di tablet.

Untuk anda yang masih bingung, WhatsApp versi beta ini merupakan aplikasi yang tujuannya untuk ujicoba. Sehingga nantinya developer mengetahui berbagai macam permasalahan atau bug pada fitur barunya untuk diperbaiki sebelum dirilis pada aplikasi WhatsApp versi asli.