saluran whatsapp

Mengenal dan Cara Tambahkan Saluran WhatsApp, Makin Update Info Terkini!

Bagi para pengguna WhatsApp pastinya baru-baru ini melihat tampilan anyar dari aplikasi WhatsApp, dimana mereka melihat adanya fitur Saluran. Ya memang aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut telah merilis fitur baru di dalam layanannya.

Tentu, pengguna WhatsApp perlu mengetahui cara mengakses berbagai fitur yang disediakan. Salah satu fitur penting yang perlu dikuasai adalah cara menambahkan saluran WhatsApp ini. Mengapa ini penting? Karena fitur ini memungkinkan pengguna untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.

Perlu dicatat bahwa WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru berupa saluran WhatsApp atau channel WhatsApp. Fitur ini dapat ditemukan di dalam menu pembaruan WhatsApp yang menggantikan menu status sebelumnya.

Ketika pengguna membuka menu pembaruan WhatsApp, mereka akan menemukan dua fitur utama, yaitu fitur status dan fitur saluran. Keberadaan fitur saluran WhatsApp yang tergabung dengan fitur status ini dapat dilihat dalam gambar di bawah ini.

whatsapp-2

Dengan fitur saluran WhatsApp tersebut, maka anda akan mendapatkan akses langsung ke informasi dan pesan terbaru dari akun yang mereka ikuti. Informasi ini mungkin sangat berharga bagi pengguna yang tertarik dengan konten dari akun tersebut.

Dengan saluran WhatsApp, pengguna tidak akan melewatkan berita terbaru dari akun yang mereka ikuti. Namun, untuk bisa mendapatkan informasi terbaru dari akun tertentu melalui saluran WhatsApp, pengguna perlu menambahkannya ke daftar mereka.

Nah, bagaimana sebenarnya cara menambahkan saluran WhatsApp agar pengguna dapat terus mendapatkan informasi terbaru? Untuk penjelasan lebih rinci, silakan simak cara tambahkan saluran WhatsApp di bawah ini.

Cara Tambahkan Saluran WhatsApp

whatsapp-1

Cara tambahkan saluran WhatsApp ini sangatlah mudah, dan kami yakin anda bisa melakukan. Pengguna hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana yang sudah kami rangkum berikut ini:

  1. Pertama tama silahkan anda buka aplikasi WhatsApp
  2. Pastikan jika apikasi WhatsApp anda sudah versi terbaru, jika belum silahkan update dulu
  3. Scroll layar ke samping atau pilih opsi Pembaruan
  4. Lalu gulir layar ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Saluran”.
  5. Di sana, Anda akan melihat rekomendasi akun saluran yang dapat Anda ikuti.
  6. Selain rekomendasi, Anda juga dapat menggunakan opsi “Cari Saluran” untuk mencari akun saluran sesuai dengan preferensi Anda.
  7. Pada opsi “Cari Saluran”, Anda dapat mencari akun saluran berdasarkan berbagai kategori seperti “paling aktif”, “populer”, atau berdasarkan wilayah. Anda juga dapat mencari akun saluran dengan langsung memasukkan nama akun yang Anda cari.
  8. Setelah menemukan saluran yang sesuai dengan keinginan Anda, cukup klik ikon tambah, dan saluran tersebut akan secara otomatis ditambahkan ke daftar saluran Anda dalam menu pembaruan WhatsApp.
BACA JUGA  5 Cara Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi, Dijamin Berhasil!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan saluran WhatsApp yang Anda minati dan tetap mendapatkan informasi terbaru dari saluran tersebut.

Setelah berhasil menambahkan saluran, tampilan daftar status WhatsApp akan otomatis berubah menjadi tampilan horizontal, mirip dengan tampilan Instagram Story (Story IG). Daftar saluran akan terletak di bawah daftar status WhatsApp yang berubah menjadi horizontal.

Semua akun yang diikuti akan terdaftar dalam daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp. Informasi terbaru atau pesan dari akun saluran dapat dilihat di masing-masing ruang obrolan channel di menu pembaruan WhatsApp.

Jadi, itulah cara menambahkan saluran WhatsApp untuk mendapatkan informasi terbaru dari akun yang Anda minati. Prosesnya cukup mudah, bahkan jika Anda belum terbiasa dengan fitur saluran WhatsApp yang relatif baru.

Cara Hapus Saluran WhatsApp

whatsapp-3

Selain bisa menambahkan, anda juga diberikan wewenang untuk menghapus saluran tersebut dari akun WhatsApp Anda. Untuk pengguna yang ingin menghapus saluran WhatsApp yang diikuti pun langkahnya sangat mudah, anda bisa mengikutinya di bawah ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan akses menu Pembaruan.
  2. Di daftar saluran yang diikuti, temukan dan buka ruang obrolan dari akun saluran yang ingin dihapus.
  3. Di dalam ruang obrolan akun saluran, klik pada ikon titik tiga (biasanya berada di sudut kanan atas layar).
  4. Pilih opsi “Batal Mengikuti”.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, akun saluran akan dihapus dari daftar saluran yang diikuti. Pengguna tidak akan menerima pesan atau informasi lebih lanjut dari akun saluran tersebut.