youtube

Youtube Hadirkan Fitur Stable Volume, Sudah Tau?

Platform streaming YouTube, diketahui secara diam-diam telah merilis fitur baru dalam layanannya yang disebut “Stable Volume” untuk aplikasi di iOS dan Android. Tujuan dari fitur ini adalah untuk menyelaraskan audio ketika pengguna menonton video.

Dengan menggunakan fitur “Stable Volume,” YouTube berupaya menghindari lonjakan volume tiba-tiba yang biasanya terjadi ketika pengguna membuka video lain dengan tingkat volume yang berbeda.

Fungsi dari “Stable Volume” adalah secara otomatis mengatur tingkat suara video untuk mencegah perubahan volume yang mengganggu dan membuat pengguna kaget. Misalnya, ketika audio terlalu keras atau terlalu pelan, fitur ini akan menyesuaikan volume agar suara yang dihasilkan oleh video tersebut lebih halus dan selaras.

Pengguna pertama kali menemukan fitur “Stable Volume” di aplikasi YouTube melalui forum Reddit. Seorang pengguna dengan nama pengguna @OwenTheHugger membagikan penemuan tersebut disana.

Ia menemukan tombol “Stable Volume” di menu pengaturan video yang sedang ditonton, tepatnya berada di bawah “Ambient mode” dan di atas menu “Report”. Tentu dengan kehadrian fitur ini memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan dengan mengatasi masalah lonjakan volume yang sering kali mengganggu.

Pengguna Reddit yang menemukan fitur “Stable Volume” awalnya tidak mengetahui fungsinya, sehingga ia bertanya kepada pengguna Reddit lainnya untuk mencari tahu. Dalam diskusi tersebut, beberapa pengguna Reddit menyampaikan dugaan bahwa fitur ini mungkin terkait dengan kecerdasan buatan (AI) atau normalisasi audio.

fitur baru youtube

Selain itu, seorang blogger bernama Brandon Lee dari situs This is Tech Today juga menemukan fitur yang sama. Berdasarkan penemuannya, Lee mengasumsikan bahwa “Stable Volume” berfungsi untuk menstabilkan volume audio di platform Youtube tersebut.

Lebih lanjut, Lee menyatakan bahwa menurutnya fitur ini mungkin berfungsi sebagai kompresor yang meratakan volume, sehingga tidak terjadi perbedaan volume yang drastis antara video yang berbeda ataupun dalam bagian-bagian tertentu dari sebuah video.

Tentu dengan adanya fitur baru tersebut, pengalaman menonton video di YouTube menjadi lebih konsisten dan nyaman tanpa gangguan perubahan volume yang tiba-tiba dan membuat pengguna panik.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Aplikasi Getcontact - Ini Langkah Mudahnya!

Penjelasan Pihak Youtube

Pada tanggal 18 Juli lalu, pihak YouTube memberikan konfrimasi akan kehadiran fitur baru mereka “Stable Volume” dan menjelaskan fungsinya. Perlu diketahui jika fitur ini sedang dalam tahap uji coba secara global, dan pertama kali yang mendapatkan adalah untuk perangkat mobile.

“Kami sedang menguji fitur kontrol audio yang baru di YouTube. Fitur ini mampu menghasilkan audio yang lebih konsisten bagi pengguna saat menonton video,” ujar juru bicara YouTube, dikutip dari laman KompasTekno.

“Eksperimen ini bersifat global dan tersedia di perangkat mobile,” imbuhnya+.

Namun, karena masih berada dalam tahap eksperimen, jadi fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna. Pihak YouTube pun juga masih belum mengumumkan secara rinci kapan fitur “Stable Volume” akan dirilis secara penuh ke seluruh penguna.

Nah bagi pengguna yang penasaran apakah mereka yang beruntung mendapatkan fitur uji coba tersebut, maka bisa memeriksa ketersediaan fitur ini di aplikasi YouTube miliknya, dengan memastikan aplikasi yang mereka gunakan telah diperbarui ke versi terbaru.

Setelah itu, silahkan coba menonton video, pengguna dapat membuka menu pengaturan video dan mencari tombol “Stable Volume” untuk melihat apakah fitur tersebut telah tersedia atau belum.