cara mengembalikan foto yang terhapus di hp www.liputantimes.com (1)

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Salam Teman-teman Liputantimes, Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana Anda memilih berbagai macam foto yang ingin Anda simpan, namun tanpa sengaja, foto tersebut terhapus dari perangkat Anda? Tentu saja, hal ini dapat menjadi sangat membosankan dan frustasi, apalagi saat Anda memiliki banyak kenangan berharga di dalam koleksi Anda.

Namun, tidak ada yang perlu khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp. Namun sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan yang terkait dengan topik ini secara mendetail.

Kelebihan Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp

Ada beberapa kelebihan ketika kita mencoba mengembalikan foto yang terhapus di hp:

1. Memperoleh Kembali Kenangan Berharga

Dengan mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp, Anda dapat memperoleh kembali kenangan yang berharga dan penting, seperti foto liburan, momen keluarga, atau gambar penting lainnya.

2. Meningkatkan Kemampuan Teknologi Anda

Dengan mempelajari cara mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp, Anda meningkatkan kemampuan teknologi Anda dan menjadi lebih proficient dalam menggunakan perangkat-perangkat seperti ponsel cerdas atau tablet.

3. Menghemat Waktu dan Uang

Dengan mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp, Anda dapat menghemat waktu dan uang yang mungkin dihabiskan untuk mencari solusi alternatif atau perangkat pembantu untuk memulihkan foto-foto Anda.

Kekurangan Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp

Di sisi lain, ada beberapa tantangan atau kekurangan ketika kita mencoba mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp:

1. Batasan Kebijakan Pemulihan

Beberapa foto dan video mungkin hanya dapat dipulihkan dalam waktu tertentu, seperti 30 hari atau 60 hari sejak dihapus. Jika pengguna lalai atau terlalu lama untuk mencoba mencari solusi, maka proses pemulihan foto mungkin tidak berhasil.

2. Potensi Kehilangan Data

Pada beberapa kasus, foto dan video yang terhapus mungkin hilang dengan cara yang tidak dapat dipulihkan. Jadi, sebelum mencoba mengambil foto yang hilang, pastikan untuk mem-back up semua data penting dalam perangkat atau platform yang aman.

BACA JUGA  Video Viral Murid SD Patungan Untuk Guru Bikin Hati Netizen Meleleh!

3. Masalah Pihak Ketiga

Jika pengguna telah menempatkan foto atau video mereka di platform pihak ketiga, seperti media sosial atau aplikasi pesan, maka itu mungkin lebih sulit atau tidak mungkin untuk memulihkan foto tersebut. Masalah ini mungkin terkait dengan masalah hak cipta, privasi, dan aturan komunitas yang berbeda.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp Android

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Google Foto. Berikut adalah langkah-langkahnya:

LangkahCara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp
1Buka aplikasi Google Foto pada ponsel atau tablet Android Anda.
2Ketuk opsi ‘Galeri Foto’ di bagian bawah layar.
3Ketuk ‘Sampah’ atau ‘Hapus’ pada opsi ‘Galeri Foto’.
4Tap dan tahan foto atau video yang ingin Anda pulihkan.
5Ketuk ‘Pulihkan’ dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.
6Periksa galeri atau album Anda untuk memastikan bahwa foto telah dipulihkan.
7Jika foto tidak ada di Sampah, mungkin sudah terhapus permanen dan sulit untuk dipulihkan.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

1. Periksa dalam album tersembunyi

Kadang-kadang, foto atau video bisa saja terhapus secara tidak sengaja. Namun, jangan panik dulu karena coba periksa pada album tersembunyi di aplikasi Foto. Mungkin foto atau video bisa diselamatkan.

2. Gunakan opsi ‘Hapus Terakhir’

Jika gagal pada opsi pertama, coba gunakan opsi “Hapus Terakhir” di aplikasi Foto yang akan memungkinkan Anda memulihkan item yang terhapus dalam waktu 30 hari.

3. Gunakan iCloud Photo Library

Jika seluruh library foto Anda terhubung ke iCloud, foto atau video yang terhapus di perangkat dapat dipulihkan dari cloud storage.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua opsi di atas gagal, ketik “Foto Recovery” pada App Store, dan aplikasi pihak ketiga mungkin bisa membantu Anda menemukan atau memulihkan foto atau video yang terhapus dari iPhone Anda.

Berapa Lama Data Foto Bisa Dipulihkan?

Terlepas dari sistem operasi, beberapa foto atau video mungkin tidak pernah bisa dipulihkan. Setiap produsen smartphone atau layanan online memiliki persyaratan khusus berbeda dalam menentukan berapa lama data foto dan video bisa dipulihkan.

Beberapa produsen memungkinkan item terhapus untuk ditemukan selama 30, 60 atau bahkan 90 hari tergantung pada kebijakan mereka. Jadi, pastikan Anda mencari tahu berapa lama batas waktu penyelamatan data foto dan video untuk perangkat Anda.

BACA JUGA  Tecno Pova 4 dan Pova 4 Pro Hadir dengan RAM 8/256GB Harga Dibawah 3 Juta

FAQ – Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp

1. Apakah saya harus men-download aplikasi pihak ketiga yang mahal untuk memulihkan foto yang terhapus?
👉 Tidak selalu. Coba opsi pemulihan terlebih dahulu di aplikasi galeri Anda, dan setelah itu beberapa aplikasi recovery gratis mungkin bisa membantu Anda.

2. Apa itu pemulihan cadangan Google Photo?
👉 Pemulihan cadangan Google Photo adalah opsi penyelesaian masalah yang muncul ketika pengguna mencoba memulihkan foto atau video yang tidak ada di galeri di ponsel cerdas mereka. Dalam skenario ini, pengguna mungkin dapat memulihkan foto dari cadangan cloud di Google Foto.

3. Apakah saya bisa memulihkan foto yang terhapus dari ponsel cerdas yang rusak atau terendam air?
👉 Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan pemulihan dalam hal ini, untuk itu disarankan untuk membawa ponsel ke teknisi yang berpengalaman.

4. Bisakah saya mengembalikan foto dari beberapa tahun yang lalu?
👉 Beberapa aplikasi memungkinkan foto yang dihapus lebih dari satu tahun yang lalu dipulihkan, tetapi hasilnya tidak selalu berhasil.

5. Berapa lama waktu pemulihan foto yang terhapus?
👉 Terkadang membutuhkan waktu satu menit dan kadang-kadang membutuhkan waktu beberapa hari.

6. Apa yang harus saya lakukan ketika foto tidak bisa dipulihkan?
👉 Jangan khawatir, cobalah lagi atau cari di internet opsi lain untuk pemulihan foto yang hilang.

7. Bisakah saya memulihkan video yang terhapus dengan cara yang sama?
👉 Ya, cara mengembalikan video yang terhapus di hp Android dan iPhone nya sama seperti cara mengembalikan foto yang terhapus di hp.

8. Apakah ponsel cerdas harus dalam keadaan terkunci saat mengembalikan foto yang terhapus?
👉 Tidak. Anda dapat membuka perangkat Anda seperti biasa dan mencari foto-foto terhapus di album galeri foto.

9. Bisakah saya memulihkan foto yang sudah dihapus permanen?
👉 Sayangnya, jika foto sudah dihapus secara permanen, biasanya tidak bisa dipulihkan lagi.

10. Apakah semua jenis foto dan video bisa dipulihkan?
👉 Tergantung pada penyebab dan cara penghapusan. Tidak semua jenis foto dan video bisa dipulihkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengembalikan foto yang terhapus di hp, beberapa kelebihan, kekurangan, dan opsi baru yang tersedia. Apapun model ponsel cerdas yang kita miliki, proses pemulihan saham biasanya dilakukan melalui aplikasi galeri foto, yang biasanya tidak membutuhkan biaya ekstra.

Ketika semuanya telah dicoba dan belum berhasil, Anda dapat coba beberapa aplikasi pemulihan pihak ketiga yang mudah digunakan dan kredibel. Langkah terakhir, jangan lupa untuk mem-back up semua foto dan data penting untuk menghindari kehilangan kenangan dan informasi berharga Anda.

Disclaimer

Semua informasi dalam artikel ini ditulis berdasarkan fakta terbaru, meskipun mungkin ada perubahan dalam beberapa hal. Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi ini. Dalam hal apapun, pembaca bertanggung jawab untuk mengkonfirmasi kebenaran dan relevansi informasi yang disajikan dalam artikel ini.