whatsapp aplikasi

Chat WhatsApp Gampang Bikin Memori HP Penuh? Ini Jawabannya!

Memori smartphone gampang penuh memang bikin kesal, terlebih saat itu kita sedang ada hal penting. Utnuk penyebab utama memori penyimpanan di HP gampang penuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun, secara umum, hal tersebut terjadi karena adanya penambahan data atau file ke HP dari waktu ke waktu sehingga menumpuk dalam penyimpanan smartphone. Penambahan data secara bertahap ini akan membuat memori HP terisi secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Untuk jenis data yang dapat membuat kapasitas memori hp penuh, termasuk file aplikasi yang terinstal, data media dalam galeri (foto atau video), serta file unduhan. Namun yang jadi pertanyaan, apakah data seperti chat WhatsApp ini juga bisa bikin memori cepat penuh?

Perlu diketahui bahwa setiap chat yang diterima oleh pengguna, baik dalam bentuk pesan teks maupun kiriman media seperti foto, video, audio, dan gambar, semuanya akan menjadi bagian dari data yang bakal disimpan dalam satu bagian di aplikasi WhatsApp tersebut.

Nah dengan terus menumpuknya chat dari waktu ke waktu, maka secara otomatis penyimpanan pada aplikasi WhatsApp pun bakalan makin bertambah setiap harinya. Jelas kondisi ini akan berdampak pada kemungkinan penuhnya memori HP untuk mengakomodasi penyimpanan WhatsApp yang juga telah penuh.

Pada saat menggunakan WhatsApp, beberapa pengguna mungkin tidak pernah menyadari bahwa semua chat yang ada di dalamnya akan disimpan dan dapat mengakibatkan memori HP menjadi penuh apabila tidak pernah dibersihkan.

whatsapp aplikasi

Dari beragam jenis chat yang masuk dalam aplikasi WhatsApp, maka jenis file media dapat dikatakan sebagai data yang dapat dengan cepat mengisi penyimpanan WhatsApp. Terlebih jika ukuran media yang dikirim pengguna lain cukup besar, maka akan menjadikan kapasitas penyimpanan WhatsApp pun juga makin menumpuk.

Nah untuk mengelola penggunaan memori WhatsApp dengan efisien dan juga agar tidak menumpuk, maka disarankan bagi pengguna untuk secara berkala membersihkan chat atau menghapus kiriman media yang tidak lagi diperlukan.

Dengan melakukan hal ini secara rutin, maka akan membantu menjaga penyimpanan WhatsApp anda gampang penuh, memastikan kinerja serta ketersediaan memori pada HP pun jadi tetap optimal.

BACA JUGA  Bos Apple Malah Saranin Pakai HP Android Aja Kalau Ingin Fitur Ini

Obrolan dalam grup WhatsApp memiliki potensi untuk menjadi sumber penumpukan file media dalam penyimpanan WhatsApp paling besar. Interaksi atau obrolan di grup WhatsApp umumnya lebih intensif dibandingkan obrolan pribadi karena melibatkan banyak anggota, belum lagi jika anda mengaktifkan fitur download media otomatis.

Dengan intensitas obrolan yang tinggi tersebut, pengguna memiliki kemungkinan lebih sering menerima file media dalam obrolan grup. Hal ini akan menyebabkan peningkatan penyimpanan WhatsApp dan memori HP dapat dengan cepat menjadi penuh.

Cara Membersihkan Penyimpanan di WhatsApp

Nah untuk anda yang mengalami masalah penyimpanan WhatsApp yang sudah berlebihan, berikut ini akan kami berikan cara mengosongkan penyimpanan WhatsApp yang bisa anda lakukan.

  • Langkah pertama silahkan buka WhatsApp di smartphone
  • Tap ikon tiga titik dibagian kanan atas, dan tap menu “Settings”.
  • Setelah itu silahkan anda tap opsi “Penyimpanan dan Data” lalu tap “Kelola Penyimpanan”.
  • Pada menu tersebut nantinya aka nada tiga opsi penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.
  • Silahkan anda pilih salah satu opsi penghapusan sesuai dengan kebutuhan anda
  • Selesai

Nah dengan rutin membersihkan media penyimpanan di WhatsApp ini, maka kapasitas penyimpanan smartphone yang terpakai pun bakalan turun signifikan. Dan anda pun bisa lebih bijak lagi dalam mengalokasikan penyimpanan dalam smartphone.