Cara Mudah Membuat Sampul Sorotan IG yang Menarik

Sampul Sorotan IG

Sampul sorotan IG adalah bagian baru di fitur profil Instagram. Fitur ini memungkinkan untuk mengungkapkan lebih banyak aktivitas seperti pekerjaan atau kegiatan Anda lainnya melalui cerita yang Anda bagikan. Selain itu, fitur ini juga untuk memudahkan jika pengguna ingin membuat sorotan.

Sorotan adalah cerita yang dapat Anda simpan secara otomatis di arsip cerita pribadi. Sehingga, Anda dapat melihat kembali cerita tersebut kapan saja. Tentu ini adalah hal yang sangat memudahkan Anda dalam menyimpan banyak momen dalam kehidupan. Terlebih lagi risiko kehilangan data cukup minim jika tersimpan di sosial media.

Mengenal Sampul Sorotan IG

Selama setahun terakhir, Instagram Stories telah menjadi fitur utama bagi bisnis untuk tampil menonjol dan mengambil lapak di Instagram. Akan tetapi, belum ada cara mudah untuk menyimpan Stories selama lebih dari 24 jam.

Saat ini, dengan adanya sampul sorotan IG Anda dapat sepenuhnya mengekspresikan diri dan bisnis Anda dengan menampilkannya di akun Instagram. Misalnya cerita tentang aktivitas keseharian atau bahkan tentang momen terpenting  dan produk terbaik yang Anda jual lalu tampilkan di profil Anda.

Sorotan Anda akan muncul di bagian bawah Profil. Untuk membuat sorotan, klik lingkaran “Baru” di sebelah kiri. Kemudian, pilih cerita dari arsip yang telah tersedia, lalu pilih sampul untuk cerita Anda, dan beri caption atau nama. Jika telah selesai, maka sorotan akan muncul sebagai lingkaran di profil Instagram Anda dan siap berputat sebagai cerita terpisah saat seseorang mengekliknya.

Sorotan Ig bisnis tetap ada di profil Anda sampai Anda menghapusnya, dan Anda jyga dapat melihat sorotan selama belum Anda hapus. Maka dari itu, jika Anda ingin mengedit atau menghapus sorotan, tekan dan tahan sorotan di profil Anda.

Sampul sorotan IG juga dapat Anda gunakan untuk menampilkan semua bisnis yang Anda punya. Cara membuat sorotan tetap sama baik di cerita aktivitas pribadi maupun di cerita bisnis. Akan tetapi, Anda bisa memberinya nama aktivitas dan mengelompokkannya sesuai dengan nama tersebut.

Cara Membuat Sampul Sorotan Instagram Dengan Mudah

Instagram masih menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini karena terus berinovasi dan menciptakan fitur-fitur menarik. Salah satu fitur yang paling menonjol adalah sampul sorotan IG atau Highlight. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

  1. Pertama, silakan klik pada ikon profil Instagram Anda untuk membuka dan memutar cerita yang sedang berjalan.
  2. Kemudian selanjutnya klik tombol Sorot di pojok kanan bawah.
  3. Langkah selanjutnya, Anda perlu menambahkan stories tersebut ke highlight yang sudah ada sesuai temanya, atau Anda juga bisa membuat highlight baru.
  4. Ketika membuat highlight, Anda bisa memasukkan cerita dari sorotan lama yang tersimpan di archive.
  5. Cara mengambil cerita dari sorotan lama adalah dengan Instagram Stories Lama
    Kita juga bisa memasukan stories lama yang disimpan dalam archive, caranya adalah dengan mengklik ikon garis tiga yang berada di pojok kanan atas.
  6. Setelah itu, masuk ke menu “archive” yang berbentuk bulat. perhatikan di atas kiri, kemudian pilih menu “stories archive”. Setelah itu cerita yang pernah kamu bagikan akan terlihat.
  7. Kemudian buka cerita yang ingin Anda tampilkan ke dalam highlight. Pada posisi sebelah pojok kanan bawah, klik “highlight”. Setelahnya masukan ke highlight yang sudah ada atau buat highlight baru.
  8. Highligh Instagram atau sampul sorotan ig keren berhasil Anda buat.
BACA JUGA  Desain Keren Twibbon Ramadhan 2023/1444H Gratis

Manfaat Sampul Sorotan IG

Sampul sorotan IG memberikan beberapa manfaat bagi pengguna aplikasi Instagram. Manfaat tersebut Anda dapatkan baik untuk akun Instagram pribadi atau akun Instagram bisnis, antara lain manfaat yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Lebih tahan lama

Tidak seperti Cerita IG biasa, Sorotan memungkinkan konten bertahan lebih dari sehari semalam atau 24 jam sejak cerita Anda posting. bahkan pada fitur sorotan, cerita Anda akan bertahan lebih lama karena dapat di masukkan ke dalam arsip sorotan. Dengan demikian, banyak kenangan yang akan bertahan lebih lama di akun Instagram Anda.

Oleh karena itu, pengguna Instagram lain juga bisa melihat dan menikmati arsip cerita dalam sampul sorotan IG di akun Instagram Anda . Bahkan, kisah-kisah lama juga bisa dimasukkan ke dalam sorotan. Dengan demikian, akun Instagram Anda akan terasa lebih berharga.

2. Bagus untuk bisnis

Sampul IG juga sangat bermanfaat Jika Anda adalah seorang pebisnis, baik menjual produk sendiri atau menjadi marketer produk orang lain, atau bahkan jika Anda hanya mengikuti program affiliate dari sebuat marketplace. Fitur ini sebaiknya dapat Anda gunakan sesering mungkin.

Sampul sorotan IG juga memungkinkan Anda membuat beberapa kategori seperti testimonial, daftar harga, dukungan, dan daftar produk. Sehingga pengguna Instagram lain yang merupakan calon pembeli Anda dapat melihat informasi tersebut dalam sorotan Anda. Jangan lupa untuk memilahnya sesuai jenis, agar memudahkan informasi sampai dengan maksimal.

3. Strategi Branding

Sampul sorotan IG adalah peluang besar untuk merek bisnis produk atau merek bisnis jasa Anda. Terutama karena letak sorotan berada di bagian bawah profil. Sehingga, orang dapat mengetahui lebih banyak tentang Anda dengan melihat sorotan IG. Sorotan memungkinkan Anda untuk menjadi sekreatif mungkin.

Peluang ini jika Anda manfaatkan dengan benar, maka akan menjadi strategi jitu dalam membangun branding bisnis Anda. Pengguna Instagram lain akan melihat bagaimana strategi marketing Anda sehingga akan tertarik untuk mencoba membeli atau bahkan berlangganan produk yang Anda jual.

BACA JUGA  Chat Nomor Tak Dikenal di WhatsApp Nantinya Tak Pakai Link Lagi

4. Instagram Menjadi Lebih Teratur

Instagram terlihat lebih terstruktur dengan adanya fitur sampul sorotan IG. Keanggunan muncul dengan sendirinya saat Anda memilih warna yang bagus, bahkan lebih terang lalu mengelompokkannya sesuai dengan tema-temanya.

Misalnya, Anda dapat menggunakan piktogram untuk semua sorotan Anda, atau menggunakan teks untuk mendeskripsikan sorotan Anda. Hal tersebut akan jauh memberikan kesan cantik dan elegan terhadap akun Instagram Anda.

Cara Meningkatkan Sampul Sorotan IG

Setelah Anda menggunakan fitur sorotan yang tersedia di IG, saatnya untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Tentu saja hal tersebut tidak Instan, ada beberapa metode atau langkah yang harus Anda lakukan. Metode tersebut meliputi:

1. Buat kategori

Saat membuat sampul sorotan IG Anda, bagi setiap cerita ke dalam kategori. Tentunya hal ini memudahkan pengguna lain untuk menemukan apa yang mereka cari di IG highlights. Maka dari itu, kategori akan membuat Instagram Anda ramai pengunjung, apalagi jika Instagram Anda adalah Instagram bisnis.

Tidak hanya untuk Instagram bisnis, kategori juga berlaku untuk Instagram pribadi. Kategori aktivitas harian atau perjalanan juga akan banyak mendulang like dari pengguna lainnya. Misalnya, Anda suka wisata kuliner dan jalan-jalan. Kemudian buat beberapa kategori seperti, “Pantai”, “Gunung”, “Makanan”, “Perjalanan”, dan “Hotel”.

2. Sampul Sorotan Ig yang Unik

Cara terbaik untuk membuat sampul sorotan ig unik adalah membuatnya sendiri. Anda dapat menggunakan Canva atau aplikasi pengeditan foto lainnya. Kustomisasi atau sesuaikan Sampul sorotan IG Anda dengan tema Instagram.

3. Buat Sorotan di Belakang Layar

Salah satu konten yang paling menarik bagi pemilik bisnis adalah di balik layar. Alih-alih menjual, sesekali unggah konten yang menunjukkan kerja keras yang Anda dan tim lakukan di balik layar. Konten seperti ini juga dapat meningkatkan kepercayaan pengguna lain terhadap akun Instagram Anda.

Tips Membuat Sampul Sorotan IG yang Menarik

Seperti yang telah disebutkan, foto sampul highlight Instagram Anda harus dirancang untuk menarik perhatian audiens Anda dengan segera. Karena fitue Instagram satu ini juga penting sebagai strategi pemasaran di Instagram yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat membuat sampul highlight untuk Instagram.

1. Mampu Menjelaskan Secara Langsung Isi Sorotan

Sampul sorotan IG memang harus dapat langsung menjelaskan tentang apa sorotan itu. Contoh Sorotan Travel IG, maka sebaiknya Anda membuat icon yang langsung menggambarkan ciri khas usaha yang sedang Anda jalankan ini.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kata-kata yang sesuai dengan konten. Misalnya caption atau penjelasan tentang konten  perjalanan ke beberapa negara dengan menggunakan travel Anda.

2. Desain yang konsisten

Buat sampul Instagram dengan tema yang sama dan desain yang konsisten agar terlihat menarik. Misalnya, cover profil Instagram dengan bisnis travel maka harus memiliki tema yang konsisten tentang perjalanan.

3. Gunakan Ikon Yang Menarik Untuk Menonjolkan IG Anda

Sorotan IG Foto sampul Anda harus menarik secara visual dan menarik juga secara grafisnya. Anda dapat membuat sampul yang menakjubkan dengan menggunakan foto, ikon, atau ilustrasi indah lainnya untuk.

Meski terkesan sepele, akan tetapi jika secara maksimal Anda manfaatkan, maka Sampul sorotan IG sebenarnya bis memberikan dampak yang besar bagi akun Instagram Anda. Bahkan, bisa pula berdampak pada citra, performa dan penjualan produk Anda.