8 Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Persen Terbaik

Kalkulator Persen

Apa itu kalkulator persen? Persentase atau persen adalah rasio angka apa pun terhadap 100. Ini berarti pembilangnya adalah variabel dan penyebutnya adalah konstanta (yaitu 100). Persentase kata berasal dari frase Latin “persentase” yang berarti persentase. Persentase mewakili pecahan dari 100. Simbol “%” dapat Anda gunakan untuk mewakili persentase.

Misalnya, kelompok 100 orang, 25% hadir dan 75% tidak hadir, berarti 75 dari 100 tidak bisa hadir dan 25 dari 100 hadir. Bisakah menghitung persentase dengan kalkulator? Apa manfaat menghitung persentase dalam kehidupan sehari-hari? Apakah ada aplikasi yang bisa menghitung persentase tersebut? Berikut ulasannya!

Pentingnya Kalkulator Persen dalam Kehidupan Sehari-hari

Menggunakan persentase sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kalkulator persen banyak penggunaannya oleh pemilik toko untuk memberi tahu pelanggan tentang diskon, seperti menampilkan tanda diskon 25% atau diskon 50%.

Banyak perusahaan mengungkapkan keuntungan atau kerugian mereka sebagai persentase karena lebih mudah masyarakat pahami daripada pecahan. Persentase juga penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut karena hasil tes mereka ditulis dalam persentase.

Oleh sebab itu, Matematika yang melibatkan persentase sangat sering Anda temui dalam pekerjaan sehari-hari. Pentingnya persentase tidak dapat Anda kesampingkan. Sebagai contoh, ponsel menggunakan atau menampilkan informasi persentase pada konsumsi baterai atau sisa daya baterai dan kalkulator persen diskon untuk pedagang di mall atau pasar.

Cara Menghitung dengan Kalkulator Persen pada HP

Sangat mudah untuk mempraktikkan cara menghitung persentase pada kalkulator persen di HP. Misalnya sebagai berikut.

Harga: Rp 150.000

Tingkat diskon: 20%

Berikut cara menghitung harga diskon menggunakan kalkulator:

rumus:

Harga Diskon berarti Harga Awal kurangi dengan (Harga Awal x Persentase Diskon)

Berikut cara Kalkulator HP menghitung harga diskon:

  1. Pertama, buka aplikasi kalkulator
  2. Selanjutnya, tuliskan harga tas dan kalikan dengan tingkat diskonto untuk mendapatkan jumlah diskon (150.000 x 20% = 30.000).
  3. Jika kalkulator Anda tidak memiliki tombol “%”, Anda dapat menggantinya dengan mengetikkan 0,2
  4. Pengurangan harga awal dengan potongan harga (150.000 – 30.000 = Rp 120.000)
  5. Harga tas setelah diskon 20% adalah Rp 120.000

Maka dapat kesimpulan bahwa diskon untuk tas tersebut adalah Rp 120.000. cukup mudah bukan cara menghitung persen di kalkulator HP.

Bagaimana Persentase Total Dihitung

Cara menghitung persentase di kalkulator persen yang pertama adalah dengan menghitung terlebih dahulu nilai keseluruhan atau nilai total. Metode ini akan lebih mudah untuk Anda pahami jika langsung dalam penerapan soal seperti berikut ini.

Misalnya, sebuah toples berisi 40 bola kuning dan 60 bola hijau. Pastikan jumlah bola dalam toples adalah 100. Angka 100 setara dengan 100%. Lalu berapakah nilai persentase dari 40 bola biru tersebut?

  1. Pertama ambil nilai 40 (jumlah bola kuning) dan 100 (total bola) dalam bentuk pecahan yaitu 40/100.
  2. Kemudian bagi kedua angka tersebut hingga Anda menemukan format desimal di mana 40/100 = 0,4.
  3. Kemudian ubah hasil desimal menjadi persentase dengan cara dikalikan 100. Ini adalah 0,4 x 100 = 40. Kemudian tambahkan tanda persen setelah angka untuk membuatnya menjadi 40%.
  4. Mudah mengubah angka desimal menjadi persentase. Jadi 0,4 menjadi 40.
BACA JUGA  Atome X Astro : Download Aplikasinya dan Menangkan Beragam Hadiah

Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Persen

Untuk memudahkan menghitung persentase dalam kehidupan sehari-hari, Anda bisa menggunakan aplikasi kalkulator persen yang tersedia dari smartphone Anda. Berikut ini daftar aplikasi yang dapat membantu menghitung persentase dan memudahkan pekerjaan Anda.

1. Kalkulator RealCalc

RealCalc adalah kalkulator ilmiah dan persentase untuk pengguna Android yang gratis untuk digunakan. Saat Anda menggunakan kalkulator ini untuk pertama kalinya, Anda akan melihat bahwa ini terlihat seperti kalkulator mandiri karena menghimpun semua metode perhitungan dalam satu aplikasi.

Kalkulator ini tidak hanya untuk menghitung persentase, tetapi juga melakukan operasi aljabar, operasi RPN, konversi satuan, dan banyak operasi matematika lainnya. Selain itu, kalkulator seluler ini dapat menyimpan hasilnya perhitungan secara otomatis. Jadi Anda dapat menggunakannya kapan pun untuk menghitung persentase atau perhitungan lainnya.

2. Mathway

Kalkulator persen Mathway adalah Kalkulator all-in-one. Hak tersebut karena memungkinkan Andq untuk melakukan operasi aritmatika dasar, trigonometri, statistik, operasi persentase, dll. Kalkulator ini gratis untuk diunduh, tetapi jika Anda ingin memanfaatkan fitur kalkulator lainnya, silakan update aplikasi ke ke versi premium.

Kalkulator Mathway juga menyimpan semua perhitungan dalam riwayat kategorinya sendiri. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa mendapatkan kalkulator ini secara gratis dan menggunakannya di perangkat iPad, iPhone, dan Android Anda. Namun jika Anda tidak ingin menginstalnya di ponsel, gunakan kalkulator versi web. Praktis sekali bukan?

3. Kalkulator Online (Kalkulator-Online.Net/Id)

Ini adalah salah satu kalkulator persen online di internet oleh kalkulator-online.net yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya melalui browser web di perangkat Android dan iOS. Kalkulator persentase online ini sangat bagus untuk perhitungan nilai persentase dan perhitungan lainnya.

Bahkan, Anda bisa menggunakan rumus dasar cara menghitung persentase dan nilai persentase yang tidak ada dalam persamaan. Anda juga dapat menambah atau mengurangi persentase dengan angka yang ditentukan. Metode penghitungan persentase yang akurat adalah fitur unggulan dari aplikasi ini.

4. Kalkulator Plus

Calculator Plus atau Calculator+ adalah kalkulator persen yang sedikit berbeda karena menawarkan hampir semua yang Anda butuhkan dalam kalkulator. Antarmuka pengguna sederhana dan lugas, sehingga siapa pun dapat menggunakannya dengan mudah. Aplikasi ini akan terlihat lebih bagus di layar iPhone, dan menjadi kalkulator yang menarik secara visual.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung tulisan tangan, pengeditan, dan fungsi lainnya. Anda juga dapat melakukan perhitungan pecahan ilmiah di samping kalkulator persentase. Jika Anda ingin menikmati fitur-fiturnya yang canggih, Anda harus melakukan update ke aplikasi premium. Aplikasi ini juga berfungsi dengan baik di jam tangan pintar Apple.

BACA JUGA  Download Townscaper Apk Gratis v1.01 (Full Game)

5. Kalkulator cepat

kalkulator persen untuk Android satu ini hadir dengan spesifikasi tampilan pengguna yang simpel dan sederhana. Sehingga akan dapat digunakan setiap individu. Aplikasi kalkulator ini mencakup banyak fitur seperti perhitungan persentase, perhitungan umum dan perhitungan dengan rumus

Maka dari itu, tidak heran jika aplikasi ini  adalah salah satu aplikasi pencari persentase terbaik di play store yang gratis untuk semua pengguna ponsel android. Jika Anda bosan dengan tampilan kalkulator smartphone Anda yang lama, gunakan kalkulator persentase ini yang dapat diubah tampilannya kapan pun Anda mau.

6. ClevCalc

ClevCalc adalah aplikasi kalkulator persen yang menunjang kebutuhan sehari-hari dalam satu aplikasi.hak tersebut karena aplikasi ini memungkinkan Anda dengan mudah menangani semua perhitungan yang Anda butuhkan. Dengan tampilan layar yang bersih dan fitur praktis, tak heran ClevCalc digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android.

Kalkulator yang didukung oleh ClevCalc  juga berpotensi mengoreksi ekspresi yang salah ketik

Dengan menggunakan kursor yang bergerak bebas untuk itu. Aplikasi ini juga menyertakan kalkulator standar dan kalkulator ilmiah yang mendukung operasi aritmetika dasar: kuadrat, akar, tanda kurung, operasi persentase, fungsi trigonometri, eksponensial, dan logaritmik.

ClevCalc juga mampu melakukan perhitungan unit konversi yang menghitung panjang, lebar, volume, intensitas waktu dan suhu, tekanan, kecepatan, berat, efisiensi bahan bakar, dan volume data. Lalu juga bisa melakukan konverter mata uang hingga 135 mata uang dunia, termasuk dolar, euro, yen, dan yuan.

7. Mobi Kalkukator

Kalkulator Mobi adalah aplikasi kalkulator persen gratis tanpa iklan. Rata-rata ulasan positif datang dari lebih 5 juta pengguna Android telah mengunduh aplikasi ini dan. Selain versi gratis, Mobi juga memiliki versi berbayar Rp 50.000 yang tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Kalkulator Mobi menawaran banyak fitur yang disukai pengguna. Di antaranya adalah kalkulator waktu dengan riwayat aritmatika berfitur lengkap, komentar, perhitungan terpisah, fungsi memori klasik, banyak bahasa, presisi tinggi, hingga 30 digit, dan banyak lagi.

Versi berbayar menawarkan mode yang lebih prima dengan kemampuan untuk menyimpan catatan riwayat perhitungan sampai 1000 aktivitas. Selain itu, kemampuan untuk mengedit ekspresi hingga 7 baris di layar, dan tema tambahan. Tidak dalam versi gratis.

8. Kalkulator ilmiah

Ini adalah aplikasi kalkulator persen ilmiah yang harus dimiliki untuk siswa sekolah dan mahasiswa, terutama jurusan teknik. Kalkulator Ilmiah + Kalkulator Lanjutan 991 memiliki fitur canggih yang sama dengan kalkulator asli 300991. Lebih dari 10 juta pengguna Android telah mengunduh aplikasi ini sejauh ini.

Kalkulator yang dapat digunakan dengan Kalkulator Ilmiah + Kalkulator Terapan 991 adalah Kalkulator Dasar 300 plus, Kalkulator Terapan 115 plus, Kalkulator Ilmiah 991, Kalkulator Ilmiah 991 plus, dan Kalkulator Grafik 84 plus.

Misalnya, Kalkulator Lanjutan 115 plus adalah kombinasi dari kalkulator super dan perhitungan ilmiah sederhana. Sehingga, kalkulator ini canggih dan multifungsi 991 dengan semua fitur dalam satu aplikasi bukan hanya sebagai kalkulator persen. Akan tetapi juga untuk hasil aljabar linier, kalkulus, bilangan kompleks, dll.