Ukuran Video TikTok yang Ideal, Tiktokers Wajib Tahu!

Ukuran Video TikTok

Ukuran video Tiktok yang tepat dan ideal dapat mempengaruhi kualitas dan estetika konten video yang diunggah, loh. Tiktok merupakan platform populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan selebriti Tiktok yang membuat berbagai macam konten untuk menghibur para netizen.

Tidak hanya sebagai platform untuk membagikan konten-konten hiburan, Tiktok juga mulai tumbuh sebagai tempat untuk mengembangkan bisnis. Banyak pebisnis memanfaatkan Tiktok sebagai media marketing penjualan berbagai macam produk. Baik untuk menghibur maupun marketing, creator harus mampu membuat konten video berkualitas.

Standar Ukuran Video Tiktok

Membuat sebuah video menarik untuk kepentingan sosial media seperti Tiktok bukan lagi hal yang sulit untuk saat ini. Terlebih lagi sudah ada banyak tools yang dapat mempermudah proses pembuatan hingga proses edit video. Seorang creator video benar-benar perlu memperhatikan satu hal dalam membuat video yaitu ukuran atau resolusi video Tiktok agar tidak pecah.

Jika membicarakan ukuran video, hal yang akan terbesit adalah dimensi dan resolusi serta ukuran dalam satuan MB. Ketika membuat konten, creator dapat mengikuti dan mempertimbangan beberapa rules untuk mengatur ukuran video Tiktok.

Aspek Rasio merupakan hubungan proporsional video antara lebar dan tinggi. Sebelum mengunggah video, creator perlu mempertimbangkan ukuran rasio yang tepat. Standar ukuran rasio yang pada video Tiktok idealnya adalah 9:16.

Dimensi merujuk pada ukuran lebar dan tinggi dengan satuan pixel. Creator harus benar-benar memperhatikan ukuran dimensi video untuk menghasilkan video yang sempurna. Untuk video Tiktok, ukuran dimensi paling optimal berada pada angka 1080 x 1920 pixels.

Ukuran File menjadi pertimbangan penting dalam pembuatan video Tiktok. Ukuran standar untuk video Tiktok tergantung pada sistem operasi ponsel. Untuk pengguna android, creator harus mengunggah file dengan ukuran maksimal 72 MB sedangkan iOS sebesar 287.6 MB.

Selain mengetahui spesifikasi ukuran video Tiktok, creator juga wajib mengetahui format video apa saja yang tersedia ketika mengunggah video. Creator dapat mengunggah video Tiktok dengan format MOV atau MP4. File MP4 menjadi format standar internasional sedangkan format MOV standar untuk Apple.

Upload Video Portrait atau Landscape?

Sama halnya seperti platform Instagram, developers mendesain Tiktok untuk penggunaan mobile device. Artinya, konten video yang dibuat dengan ukuran video tiktok portrait akan tampak jauh lebih baik. Meskipun demikian, pengguna juga tetap bisa mengunggah video dengan posisi landscape jika menginginkannya.

BACA JUGA  Tak Pakai Akun Facebook Selama 15 Hari, Siap-Siap Terblokir

Ketika mengunggah video yang direkam dalam posisi landscape, secara otomatis Tiktok akan menyesuaikannya menjadi portrait view. Apabila tetap ingin mengunggah video dengan view landscape, Tiktok memberikan alternatif video mode button. Tombol ini dapat membantu merotasi video ke tampilan landscape mode.

Selain spesifikasi ukuran video Tiktok dan format dalam mengunggah video, Tiktok juga memiliki aturan mengenai durasi video. Pada mulanya pengguna hanya bisa mengunggah video Tiktok dengan durasi selama 15 detik saja. Secara berkala, pengguna dapat mengunggah video dengan durasi lebih lama menjadi maksimal 10 menit.

Pada tahun 2021, pengguna dapat mengunggah video dengan durasi maksimal 3 menit. Hingga saat ini, para content creator Tiktok dapat mengunggah video dengan durasi hingga 10 menit. Dengan lamanya maksimal durasi video maka menjadi sebuah PR bagi creator untuk membuat video lebih menarik.

Mengoptimalkan Fitur Tiktok Ads

Selain sebagai platform untuk media hiburan, pengguna Tiktok memanfaatkan platform ini sebagai media marketing untuk bisnis dan usahanya. Faktanya, dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia, Tiktok menjadi media periklanan cerdas dan kreatif.

Tiktok Ads menyediakan berbagai fitur bagi creator untuk memasarkan iklan mulai dari ad management, creation, targeting, hingga insight report. Creator juga bisa memilih ukuran video Tiktok ads yang lebih bervariasi. Selain itu, Tiktok juga menyediakan pilihan budgeting untuk beriklan mulai dari daily hingga lifetime untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ada beberapa alasan masuk akal untuk memanfaatkan fitur Tiktok Ads ini. Pertama, jumlah pengguna Tiktok yang sangat banyak. Mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat konten-konten menarik di platform ini. Kedua, mengiklankan produk di Tiktok memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas melalui konten kreatif.

Creator perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk menciptakan konten iklan yang berkualitas. Mulai dari pertimbangan ukuran video Tiktok Ads, komposisi hingga pemilihan elemen yang akan muncul pada iklan.

Standar Ukuran Video untuk Ads

Sama seperti video konten, Tiktok Ads juga memiliki rules atau standar untuk video iklan. Standar ini berlaku pada beberapa elemen iklan yang meliputi ukuran video, gambar display, nama brand, teks iklan serta item call to action. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan oleh creator ketika membuat iklan di Tiktok.

BACA JUGA  Link Download GTA San Andreas Untuk HP Android dan Spesifikasi Minimumnya

Aspek rasio dan resolusi iklan yang ideal digunakan pada iklan Tiktok standar pada ukuran 9:16, 1:1, atau 16:9. Sedangkan video menggunakan resolusi minimal 540×960, 640×640, atau 960×540 pixels.

Format file Tiktok ads menggunakan lebih banyak tipe jika dibandingkan dengan video konten standar. Creator dapat mengunggah iklan dengan pilihan format MP4, MOV, mpeg, 3gp atau avi. Artinya, format file pada fitur iklan memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi creator.

Ukuran video Tiktok Ads memiliki spesifikasi lebih besar jika dibandingkan dengan video konten standar. Untuk iklan, creator bisa mengunggah file dengan ukuran hingga maksimal 500 MB.

Durasi iklan Tiktok memiliki batasan lebih singkat. Creator hanya bisa mengunggah video minimal 5 detik dan maksimal 60 detik saja. Tapi meski begitu, Tiktok merekomendasikan untuk mengunggah video iklan singkat dengan durasi 9 sampai dengan 15 detik saja.

Jumlah karakter untuk menyebutkan nama brand/app serta deskripsi juga memiliki standar. Creator dapat mempublikasikan iklan dengan menuliskan nama app sebanyak 4-40 karakter dan menuliskan nama brand dengan 2-20 karakter. Sementara itu creator bisa membuat deskripsi hingga 100 karakter.

Tips Membuat Tiktok Ads yang Ideal

Untuk mengunggah video Tiktok, creator bisa langsung menggunakan aplikasi Tiktok atau memanfaatkan aplikasi ketiga. Untuk membuat konten yang lebih menarik biasanya creator memanfaatkan aplikasi edit video dengan pilihan template seperti Canva atau CapCut. Creator perlu menyesuaikan ukuran Tiktok di CapCut atau Canva agar bisa mengunggah dengan mudah.

Tips untuk membuat iklan Tiktok yang menarik bagi audiens.

  • Menerapkan rekomendasi standar ukuran video Tiktok
  • Menggunakan video dengan mode portrait
  • Jangan membuat video iklan dengan durasi yang lama. Standar iklan yang ideal menggunakan video dengan durasi 9 hingga 15 detik saja
  • Menggunakan gambar yang mampu menarik perhatian audiens
  • Menambahkan elemen musik yang sedang trend atau viral karena musik menjadi salah satu daya tarik kuat pada platform Tiktok
  • Memilih kata untuk call to action yang paling tepat

Itulah beberapa panduan atau dan rules tentang ukuran video Tiktok untuk mengunggah video konten maupun iklan yang ideal. Sebagai seorang content creator, pemula atau profesional, harus mampu memastikan konten atau iklan yang dibuat sesuai standar. Jadi jangan ragu untuk mengikuti panduan dan tips untuk menghasilkan konten berkualitas.