hp baru

Cara Hapus Chat Otomatis karena WA Banjir Ucapan Idul Fitri, Cek panduannya berikut ini!

Hello Sobat Liputantimes! Di Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, kita semua tentunya dibanjiri kiriman ucapan Lebaran melalui WhatsApp. Mulai dari teks yang berupa paragraf panjang hingga yang disertai gambar atau video. Tentu saja, hal ini membuat memori HP kita cepat penuh, terlebih jika ada banyak gambar atau video yang dilampirkan. Namun, jangan khawatir! Kali ini kita akan membahas cara menghapus pesan-pesan tersebut secara otomatis menggunakan fitur tersembunyi WhatsApp.

Fitur tersembunyi yang akan kita bahas kali ini adalah Disappearing Messages. Fitur ini akan membuat pesan yang sudah terkirim ke ruang chat terhapus secara otomatis setelah durasi waktu yang telah kita tentukan. Selain bermanfaat untuk menjaga privasi, fitur ini juga sangat berguna bagi kita yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan ponsel, terutama jika sering menerima percakapan berukuran besar dari grup WhatsApp atau file berbentuk gambar dan video.

Disappearing Messages bisa diaktifkan secara bawaan, sehingga semua chat yang kita kirim akan menghilang sesuai dengan durasi yang kita pilih. Selain itu, WhatsApp juga menambahkan opsi baru untuk mengaktifkan fitur ini pada grup. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini bersifat opsional dan tidak akan mengubah atau menghapus chat yang sudah ada sebelumnya.

Langkah-langkah Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa aplikasi WhatsApp kita sudah diperbarui ke versi terbaru. Jika belum, segera lakukan pembaruan aplikasi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur Disappearing Messages:

  1. Buka Pengaturan/Setelan WhatsApp.
  2. Klik Akun.
  3. Pilih Privasi.
  4. Kemudian klik Timer pesan default.
  5. Terakhir, pilih durasi yang diinginkan.

Setelah fitur ini diaktifkan, akan ada notifikasi di chat agar lawan bicara kita mengetahui bahwa fitur ini sedang aktif. Saat ini, WhatsApp menawarkan tiga pilihan durasi untuk pesan menghilang, yaitu 24 jam, 7 hari, dan 90 hari.

Mengaktifkan Disappearing Messages untuk Grup

Jika ingin mengaktifkan fitur Disappearing Messages untuk grup, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka grup yang diinginkan.
  2. Klik nama grup untuk membuka info grup.
  3. Cari dan klik opsi Disappearing Messages.
  4. Pilih durasi yang diinginkan.
BACA JUGA  Begini Cara Merubah Kartu 3G ke 4G Telkomsel. Gak Perlu ke Grapari!

Fitur ini akan aktif untuk grup yang dipilih, dan semua pesan baru yang dikirim dalam grup tersebut akan menghilang sesuai durasi yang kita pilih.

Kesimpulan

Dengan fitur Disappearing Messages, kita bisa mengatasi banjir ucapan Idul Fitri di WhatsApp tanpa perlu khawatir memori HP kita cepat penuh. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur durasi pesan yang kita kirim sebelum pesan tersebut terhapus secara otomatis, baik dalam percakapan pribadi maupun grup. Selain menjaga privasi, fitur ini juga sangat membantu bagi kita yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan ponsel.

Sekarang, kita sudah tahu cara mengaktifkan fitur Disappearing Messages ini, baik untuk percakapan pribadi maupun grup. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat menerima banjir ucapan Lebaran melalui WhatsApp, karena pesan-pesan tersebut akan terhapus secara otomatis sesuai durasi yang kita pilih. Ingatlah untuk selalu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru agar bisa menikmati fitur ini dan fitur-fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh WhatsApp.

Demikianlah pembahasan kita mengenai cara menghapus chat otomatis di WhatsApp saat banjir ucapan Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Liputantimes dalam mengatasi banjir ucapan di WhatsApp. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya! Selamat mencoba!