spotify

Spotify Disebut Segera Hadirkan Tampilan Mirip TikTok, Gimana?

Baru-baru ini, Spotify mengumumkan perubahan desain platformnya dengan menambahkan konten video vertikal seperti TikTok maupun Instagram Reels. Sebelumnya Spotify ini hanya menjadi platform streaming musik dan podcast saja.

Perubahan ini diumumkan langsung oleh Spotify dalam acara Stream On kemarin, dan jelas perubahan ini juga bakal mempengaruhi cara Spotify merekomendasikan konten kepada pengguna, termasuk video dan visual lainnya selain album dan playlist.

Daniel Ek, pendiri sekaligus CEO Spotify, mengatakan bahwa update baru dari platform miliknya tersebut akan meliputi perubahan pada home feed. Tampilan baru Spotify ini akan menciptakan pengalaman interaktif yang lebih hidup bagi para pengguna.

Saat ini dalam tampilan terbarunya, para pengguna Spotify akan melihat tampilan grid yang menampilkan album serta playlist yang direkomendasikan ketika membuka aplikasi tersebut. Dalam tampilan baru ini, kotak-kotak album dan playlist masih ada seperti sebelumnya, namun jumlahnya menjadi lebih sedikit dari biasanya.

Tidak hanya segi tampilan saja, pada saat pengguna menggulir ke bawah home feed, mereka akan disambut dengan preview video klip musik dalam format vertikal dan layar penuh, mengikuti format video Canvas yang sudah diperkenalkan sebelumnya di Spotify.

Pengguna dapat memilih antara dua tab di bagian atas, yaitu ‘Music’ dan ‘Podcasts & Shows’, untuk melihat feed video yang dapat di-scroll secara vertikal seperti halnya pada TikTok maupun Instagram. Jika pengguna memilih salah satu video atau podcast yang ditampilkan, Spotify akan mengarahkan mereka ke halaman khusus untuk memutar konten tersebut secara utuh.

Selain perubahan antarmuka saja, namun dalam update terbarunya Spotify juga akan meluncurkan dua fitur baru untuk meningkatkan rekomendasi konten, yaitu AI DJ dan Smart Shuffle. Fitur AI DJ memanfaatkan kecerdasan buatan dan suara yang terdengar alami untuk memperkenalkan musik rekomendasi, mirip dengan penyiar radio.

Sementara itu, untuk fitur Smart Shuffle adalah pembaruan dari fitur Enhance yang sudah tersedia di Spotify sebelmnya. Fitur Smart Shuffle bakalan bisa menyelipkan lagu rekomendasi ke dalam playlist yang telah diputar, dan jika pengguna ingin menambahkannya ke playlist maka cukup dengan tap tombol ‘+’.

BACA JUGA  Asyik! WhatsApp Hadirkan Fitur Ikuti Channel Makin Seru

Dalam proses pembaruan Spotify ini akan dilakukan bertahap, di mana akan tersedia bagi 500 juta pengguna di seluruh dunia dalam beberapa pekan ke depan. Namun perlu kami ingatkan jika untuk fitur Smart Shuffle yang tersedia bagi mereka para pelanggan Spotify Premium saja.