Whatsapp GB

WhatsApp GB Semakin Ngeri Curi Data Pengguna

Baru-baru ini, WhatsApp GB atau juga dikenal sebagai WA GB kembali menjadi topik perbincangan di hangat di media sosial. Hal ini dapat dilihat dari salah satu tweet yang diposting oleh akun @tanyakanrl baru-baru ini.

Dalam tweet tersebut, isu utama yang dibahas olehnya adalah terkait WhatsApp GB yang ternyata dapat membahayakan privasi dari pengguna. Disinyalir aplikasi cloning tersebut bisa mencuri data pribadi mereka dan bahkan menyalahgunakannya demi keuntungan pribadi.

Berdasarkan postingan tersebut, maka kini yang menjadi pertanyaan adalah aman untuk mengunduh WhatsApp GB sekarang?

WhatsApp MOD Bisa Curi Data

Sebelum menyimpulkan aman tidaknya memakai WhatsApp GB, maka dari itu disarankan untuk anda memahami terlebih dahulu jenis aplikasi tersebut. WhatsApp GB adalah sebuah aplikasi tiruan atau modifikasi atau cloning yang dibuat secara ilegal oleh pihak lain dan tanpa mendapat persetujuan dari pihak WhatsApp.

Sebagai aplikasi cloning, WhatsApp GB sejatinya memiliki fungsi utama yang mirip sekali dengan aplikasi WhatsApp versi asli, mulai dari mengirim pesan (chat), melakukan panggilan telepon maupun video. WhatsApp GB ini bukanlah aplikasi baru dan bukan satu-satunya aplikasi modifikasi WhatsApp (WhatsApp Mod) yang ada di pasaran.

Selain WhatsApp GB, masih ada sejumlah aplikasi WhatsApp Mod lain yang juga banyak tersebar di internet, seperti WhatsApp Yo, WhatsApp Aero, WhatsApp Plus, FMWhatsApp, dan masih banyak lagi. Sejumlah aplikasi WhatsApp Mod ini dikembangkan tanpa ada persetujuan dari WhatsApp, sehingga tidak heran mereka ini dianggap ilegal.

Umumnya pengguna WhatsApp GB dan sejumlah WhatsApp Mod lainnya hanya tersedia untuk ponsel Android. Hanya saja anda tidak akan menemukannya di Play Store, sehingga perlu mendownloadnya di  sebuah website penyedia file APK.

WhatsApp GB sangat populer di antara para pengguna karena mereka menyediakan fitur-fitur unik yang tidak tersedia di WhatsApp versi asli, salah satunya seperti melihat pesan yang sudah terhapus. Namun, keunikan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut ternyata tidak sebanding dengan risiko yang terkait.

BACA JUGA  Apakah Arti dari Emoji Satu Ini?

Hal ini disebabkan karena keamanan WhatsApp GB tidak dapat dijamin. Sebaliknya, WhatsApp asli yang resmi memiliki sistem keamanan end-to-end encryption yang dapat melindungi percakapan pengguna dengan memakai kode enkripsi yang kompleks.

Sistem keamanan end-to-end encryption disediakan untuk mencegah percakapan di WhatsApp pengguna dapat diintip oleh siapapun, termasuk oleh pihak WhatsApp sendiri. Jelas, hal ini membuat data pribadi yang dibagikan antar pengguna pada aplikasi tersebut tidak dapat dicuri dan hanya dapat diketahui oleh pengguna yang bersangkutan.

Sistem keamanan end-to-end encryption ini dapat diandalkan dalam WhatsApp asli dari sisi keamanan data pengguna. Namun, hal ini tidak berlaku jika anda menggunakan WhatsApp GB, karenatTidak ada jaminan bahwa sistem keamanan percakapan end-to-end encryption tersedia pada platform tersebut.

Pada pertengahan tahun lalu, Will Cathcart, selaku CEO WhatsApp, memperingatkan kepada para pengguna untuk tidak mengunduh atau menggunakan aplikasi WhatsApp MOD apapun. Melalui sebuah postingan di akun Twitter pribadinya dengan handle @wcathcart, ia menyatakan jika aplikasi WhatsApp MOD tidak menjamin keamanannya dan memiliki potensi pencurian data pribadi pengguna.

“Baru-baru ini tim keamanan kami menemukan┬ámalware┬átersembunyi di dalam aplikasi ‘Hey WhatsApp’ dan lainnya. Aplikasi ini menjanjikan fitur baru, tetapi itu sebenarnya hanya tipuan untuk mencuri informasi pribadi yang disimpan di ponsel pengguna,” kata Cathcart.

Maka dairi itu ditegaskan sebaiknya anda tidak mendownload WhatsApp GB  maupun WhatsApp MOD sejenis mengingat aplikasi tersebut dapat mencuri data pribadi pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Selain itu, penting untuk diingat bahwa selain mencuri data pengguna, WhatsApp GB dan aplikasi serupa juga memiliki potensi bahaya lainnya.

Bahaya Memakai WhatsApp GB

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika aplikasi WhatsApp GB tidak tersedia di toko aplikasi resmi semacam Play Store. Oleh karena itu, pengguna perlu mengakses situs web pengembangnya untuk mengunduh WhatsApp GB tersebut.

Dengan cara ini pun sudah sangat jelas ya, terdapat risiko besar bahwa file yang diunduh mengandung malware atau spyware yang dapat mencuri data pengguna, sehingga Play Store tidak mengizinkan keberadaannya.

BACA JUGA  Bikin Akun Telegram Tanpa Nomer HP Bisa Pakai Cara Ini

Resiko berikutnya dari penggunaan WhatsApp GB adalah akun pengguna rentan diblokir oleh pihak WhatsApp. Hal ini tidak terlepas dari pihak WhatsApp yang tidak pernah memberikan otorisasi untuk pengembangan aplikasi semacam WhatsApp GB tersebut.

Maka dari itu bagi para pengguna yang tetap memaksa memakai WhatsApp GB dapat dikenai sanksi oleh pihak WhatsApp karena melanggar ketentuan mereka. Menurut informasi yang tertera di laman bantuan resmi WhatsApp, pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB, dapat dikenai sanksi berupa pemblokiran akun sementara atau bahkan permanen oleh WhatsApp.

Untuk pemblokiran sementara maka pengguna mendapat kesempatan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi agar akun tidak diblokir secara permanen.