Aplikasi Peduli Lindungi

PeduliLindungi yang Dulu Berjasa Banget Kini Segera Dilenyapkan

Selama masa pandemi covid-19 kemarin, setiap kali seseorang ingin mengunjungi tempat umum seperti taman bermain maupun mall harus lah memiliki aplikasi PeduliLindungi untuk verifikasi. Dari aplikasi tersebut maka bisa menunjukkan jika kita sudah divaksin sehingga diperbolehkan masuk ke dalam tempat umum tersebut.

Namun baru-baru ini ada kabar jika aplikasi PeduliLindungi bakalan dilenyapkan dalam waktu dekat ini. Hal ini dikarenakan pihak Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bakalan mengganti nama dari PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile.

Perubahan ini mulai dilakukan pada tanggal 28 Februari 2023 mendatang oleh pihak Kemenkes. Dengan perubahan ini, maka aplikasi PeduliLindungi yang sering kali muncul atau bahkan digunakan sejak pandemi Covid-19 kemarin, maka bakalan lenyap di smartphone anda.

“Kita sedang mentransisi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat, akan kita launching mudah-mudahan 28 Februari,” kata Setiaji, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dikutip dari laman Inet.Detik.

Sebelumnya kita ketahui, jika aplikasi PeduliLindungi ini dijadikan andalan pemerintah Indonesia untuk melakukan pengawasan dan menghentikan penyebaran Covid-19 di Tanah Air beberapa waktu lalu. Para pengguna aplikasi ini pun bakalan mendapatkan notifikasi apabila berada di Zone Merah atau lokasinya ada yang terinfeksi Covid-19 maupun pasien dalam pengawasan.

Tidak hanya itu, fungsi lain dari aplikasi PeduliLindungi adalah untuk membantu petugas medis dalam validasi dokumen kesehatan para pengguna saat perjalanan. Yang menariknya lagi, dengan aplikasi PeduliLindungi memudahkan pengguna mengetahui jadwal dan lokasi vaksin terdekat di lokasinya.

Dikutip dari laman CNBC Indonesia, dengan perubahan PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile ini juga bakal menjadikan aplikasi tersebut memiliki fungsi yang lebih baik. Setiaji menambahkan jika fungsi dari aplikasi tersebut sekarang tidak hanya untuk Covid-19 saja, namun data seluruh penyakit juga tersedia di sana.

Aplikasi pengganti PeduliLindungi ini juga telah terhubung dengan Wearable Device, dengan begini pengguna dapat mendapatkan poin ketika sedang jalan kaki. Nantinya poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan vitamin maupun lainnya.

Selain itu, aplikasi Satu Sehat Mobile ini juga bisa mengakses medical record atau riwayat kesehatan pengguna mulai dari hasil laboratorium, vaksin seperti volio, hingga kardiologi.

BACA JUGA  Aplikasi Menulis Novel Dibayar

“Ibu-ibu bisa akses vaksinnya, vaksin anak-anak, kan satu manfaat ya pada waktu nanti anaknya mau keluar negeri mau kuliah udah polio belum nah akan ada di dalam satu sehat aplikasi,” pungkas Setiaji.