fbpx
sosial media

Medsos Terpopuler di Dunia Ternyata Bukan TikTok

Cloudflare baru-baru ini mengumumkan daftar layanan internet maupun sosial media paling populer di seluruh dunia edisi tahun 2022 kemarin. Selama ini banyak orang yang beranggapan jika TikTok menjadi yang paling terkenal mengingat dari jumlah penggunanya.

Namun faktanya tidak demikian, meskipun pada tahun 2021 kemarin TikTok sempat menjadi layanan paling populer saat itu. Berdasarkan laporan dari “Cloudflare Radar 2022 Year in Review” kemarin, jika untuk layanan internet  paling populer edisi tahun 2022 kemarin adalah Google.

Lalu diperingkat kedua di susul oleh Facebook, sementara TikTok yang sempat menjadi jawaranya harus puas berada di peringkat ketiga bersama dengan Apple. Itu artinya pada tahun 2022 kemarin Facebook menjadi sosial media paling populer.

Platform milik Bytdance tersebut masih unggul dari YouTube yang berada di peringka kelima, dan diikuti oleh Microsoft di peringkat selanjutnya. Lalu untuk peringkat 7 sampai 9 masing-masing berurutan ditempati oleh Amazon Web Services, Instagram, serta Amazon.

Sementar itu diperingkat sepuluh ditempati oleh empat layanan dan sosial media yakni Twitter, Netflix, Yahoo, serta iCloud. Dalam menentukan peringkat tersebut, Cloudflare memiliki algoritma baru dalam menentukan peringkat domain paling populer di tahun ini.

sosial media

Dengan begini setiap tahunnya setiap layanan maupun sosial media memiliki indikator yang selalu berbeda-beda. Selain itu, pihak Cloudflare juga menggabungkan sejumlah domain yang dimiliki oleh satu layanan internet, misalnya seperti Google yang punya banyak layanan. Karena itu, untuk meringkasnya pihak Cloudflare pun menggabungkan semuanya dibawah satu nama yakni Google.

“Namun, meskipun Meta mengoperasikan Facebook dan Instagram, konsumen biasanya menganggap merek itu berbeda, jadi kami memutuskan untuk mengelompokkan domain yang terkait dengan layanan tersebut secara terpisah,” ujar pihak Cloudflare dalam laporannya.

Selain layanan internet umum terpopuler, dalam kesempatan yang sama pihak Cloudflare pun juga membagikan informasi tentang sosial media paling populer edisi tahun 2022. Pada tahun 2022, Facebook menjadi sosial media paling populer mengalahkan TikTok yang jadi jawara di tahun sebelumnya.

Cloudflare juga mencatat jika ada satu media sosial yang memiliki popularitas melonjak sangat pesat di tahun 2022 kemarin, platform tersetbu adalah Mastodon. Platform ini merupakan sosial media terdesentralisasi dan jadi tujuan utama migrasi para pengguna Twitter setelah dibeli oleh Elon Musk.

BACA JUGA  Fitur Baru Whatsapp Pastikan 10 Group Bisa Jadi Satu

Sebelumnya pada awal tahun 2022 lalu Mastodon berada dalam peringkat 200 layanan internet paling populer. Namun menjelang akhir tahun 2022 mereka melesat di posisi 60. Nah berikut ini daftar sosial media terpopuler tahun 2022 versi Cloudflare selengkapnya :

  1. Facebook
  2. TikTok
  3. Instagram
  4. Twitter
  5. Snapchat
  6. LinkedIn
  7. Discord
  8. Reddit
  9. Pinterest
  10. Kwai