fbpx
fitur instagram baru

6 Fitur Instagram Baru ini Sudah Kalian Coba?

Sosial media Instagram baru-baru ini telah meluncurkan fitur baru bagi seluruh penggunannya, termasuk di Indonesia. Hanya saja fitur Instagram baru ini rupanya tidak datang ke seluruh pengguna, melainkan sebagian saja karena memang masih dalam tahap uji coba.

Tercatat, ada sekitar 6 fitur baru yang diluncurkan oleh pihak Instagram belakangan ini, diantaranya adalah Candid Stories, Notes, Group Profile, Add Your Nominations, Collaborative Collections, serta yang paling penting adalah fitur untuk memulihkan akun yang sempat di retas.

6 Fitur Instagram Baru

Mungkin belum semua pengguna Instagram di Indonesia yang mencoba fitur baru yang sedang di uji coba tersebut. Nah jika anda anda salah satunya, berikut ini akan kami jelaskan tentang fungsi dari fitur Instagram baru tersebut.

1. Instagram Notes

Fitur Instagram baru yang pertama kali ini adalah Notes, di mana fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa update status sederhana dalam bentuk teks. Hanya saja untuk fitur ini jumlah kata atau karakter hurufnya dibatasi, yakni hanya 60 karakter saja.

Tentu angka tersebut masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Twitter yang menyediakan hingga 280 karakter. Tidak hanya sekedar teks saja, namun pengguna juga bisa menambahkan emoji pada tulisan tersebut untuk menggambarkan suasana hatinya.

Hanya saja fitur ini berbeda dengan story Instagram, di mana pengguna tidak bisa menambahkan foto, lokasi, gambar, dan lain sebagainya. Selain itu letak dari Notes tayang ini juga bukan berada dibagian story maupun feed, melainkan berada di bagian DM (Direct Message).

fitur baru instagram

Untuk anda yang belum mengetahuinya, letak dari Notes ini nantinya bakalan muncul dibagian atas dri daftar DM yang ada di fitur tersebut. Jika ada salah satu teman anda membuat Note di Instagram, maka bakalan muncul pada fitur DM ini.

Tidak hanya sekedar melihat saja, pengguna lain pun bisa berinteraksi dengan teman yang membuat Notes tersebut dengan memberikan tanggapan seperti membalasnya.  Jika anda ingin membuat  Notes ini, maka tinggal buka menu DM, lalu tap ikon “+” yang tersedia pada atas foto profil, lalu silahkan tap men “Leave a Note”.

BACA JUGA  Aplikasi Nonton Live Streaming Liga Inggris

Untuk anda yang ingin mencoba fitur Instagram baru ini, pastikan jika aplikasi anda memiliki versi 264.0.0.0.77. Jika versi aplikasi anda masih di bawah itu, maka silahkan update terlebih dahulu.

2. Candid Stories

Fitur baru Instagram yang selanjutnya kali ini bernama Candid Stories, di mana fitur tersebut memungkinkan anda dapat membagikan aktifitas terkini baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan.

Sekilas memang fitur ini mirip dengan postingan yang diunggah oleh sosial media kompetitor yakni BeReal yang beberapa waktu sempat booming. Tak mau ketinggalan, Instagram pun juga menghadirkan fitur serupa pada platform mereka.

Instagram menyebutkan, jika hanya pengguna yang memiliki fitur Candid yang bisa melihat postingan orang lain. Sehingga jika aplikasi Instagram anda belum mendukung fitur tersebut, maka tidak akan bisa melihat postingan Candid dari pengguna lain.

Tidak hanya pada aplikasi Instagram saja, Meta selaku induk perusahaan juga bakal melakukan uji coba fitur serupa pada platform Facebook nanti.

3. Add Your Nominations

Fitur Instagram baru selanjutnya kali ini bernama “Add Your Nominations”, fitur ini bukan sepenuhnya baru karena menjadi tambahan pada stiker “Add Yours”. Dalam update ini nantinya pengguna bakal menemukan tombol “Pass it on” yang terletak di bawah postingan “Add Yours”.

Pada saat fitur ini digunakan, maka pengguna pun dapat memilih maupun meminta teman mereka di sosial media itu untuk mengupload postingan “Add Yours” versi mereka menggunakan tema sesuai.

4. Collaborative Collections

Untuk fitur baru Instagram selanjutnya ini memungkinan anda dapat membagikan atau menyimpan postingan dari orang lain tanpa menghilangkan nama akun Instagram dari pemilik aslinya. Fitur ini masih dalam tahap uji coba, dan jika sudah siap digunakan maka pihak Instagram bakal memberikan penggunanya.

5. Group Profile

instagram fitur baru

Dengan fitur Instagram baru ini, nantinya pengguna dapat membuat sebuah grup yang mampu menampung video maupun foto dari anggota grup tersebut dalam satu Instagram Feed. Nantinya konten ini sifatnya tidak publik,hanya bisa dilihat dari anggota grup itu saja.

BACA JUGA  Wanita Ketahuan Mencuri di Minimarket Sambil Bawa Bayi, Warganet: Nggak Kasian!

Sama dengan yang lain, jika saat ini status dari fitur baru tersebut masih dalam tahap ujicoba. Dan nantinya jika sudah tersedia maka pengguna bakal bisa membuat grup profile ini dengan tap ikon plus (+) lalu pilih Group Profile.

6. Kembalikan Akun yang Diretas

Dan fitur Instagram baru terakhir yang paling dinantikan dan dirasa sangat penting adalah kemampuannya untuk mengembalikan akun pengguna yang telah diretas. Fitur baru ini nanti akan diberi nama “My account was hacked”,

Jadi fungsi dari fitur ini, ketika pengguna merasa akunnya telah diretas, maka bakal lebih gampang lagi untuk memulihkannya. Fitur ini bakal bisa ditemukan pengguna pada sebuah landing page di https://www.instagram.com/hacked/.

Melalui laman itu, nantinya pihak Instagram bakal membantu anda mengatasi masalah akun di hack tersebut. Cara melakukannya pun cukup mudah, anda tinggal mengunjungi laman di atas, lalu tap opsi My account was hacked.

Selanjutnya anda tinggal mengisi form yang tersedia untuk pemulihan akun. Tidak hanya membantu menyelamatkan akun di hack, namun laman tersebut juga siap membantu pengguna yang kehilangan akses akunnya.

Sejalan dengan fitur tersebut, Instagram juga meluncurkan layanan Request Helm from Friends. Di mana dengan fitur ini maka pengguna dapat meminta bantuan dari dua orang temannya untuk memverifikasi identitas dari pengguna supaya pemilik akun asli dapat mengakses akunnya kembali.

Hanya saja fitur ini berbatas waktu, di mana anda hanya punya waktu 1×24 jam untuk melakukan veirikasi tersebut. Jika lebih dari itu, maka anda harus memiliki 2 teman lainnya untuk melakukan verifikasi serupa.

Kabarnya fitur Instagram baru ini sudah dirilis secara global, jadi anda bisa coba mengaksesnya sekarang .