fbpx
install aplikasi di android tv

Cara Install Aplikasi di Smart TV Android Paling Mudah

Perlu anda ketahui, jika Android smart TV atau bisa disebut dengan android TV bisa anda pasang sejumlah aplikasi maupun game yang ada di Play Store. Hanya saja tidka semua orang tahu cara install aplikasi di Smart TV Android tersebut.

Hal ini dikarenakan tidak semua aplikasi maupun game di Play Store bisa anda pasang di dalamnya, yang pasti hanya aplikasi yang mendukung fitur Android TV saja yang bisa anda installa nantinya. Untuk anda yang belum pernah mencobanya, sebenarnya cara install aplikasi di Smart TV Android ini cukup gampang.

Hal ini dikarenakan layaknya anda menginstall aplikasi di dalam smartphone, yakni mengunjungi Google Play Store, pilih aplikasi atau game yang di inginkan di dalamnya. Meski terlihat sederhana, namun bagi mereka yang belum pernah melakukan pasti bakalan kebingungan.

Jika anda termasuk salah satunya, berikut ini akan kami bagikan ulasannya secara detail untuk anda semua.

1. Cara Install Aplikasi di Smart TV Android Secara Langsung

Cara yang satu ini merupakan yang paling mudah, karena anda bisa secara langsung menginstallnya di dalam Android TV tersebut. Namun sebelum itu pastikan jika sebelumnya TV android anda sudah terhubung ke internet, dan sudah login akun Gmail anda.

Jika semua persiapan sudah sesuai, maka langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Langkah pertama silahkan anda nyalakan Smart TV Android tersebut
  • Pada menu utama, silahkan pilih menu “Apps”
  • Selanjutnya silahkan anda pilih aplikasi “Play Store”
  • Setelah masuk ke Play Store, silahkan cari dan pilih aplikasi atau game apa yang ingin dipasang ke dalam Android TV tadi.

Untuk memudahkan anda saat mencari aplikasi yang di inginkan, bisa tap ikon “search” dan ketik nama aplikasi sesuai dengan keinginan. Silahkan tap menu “Apps” untuk mencari aplikasi, “Games” untuk permainan.

BACA JUGA  Pengguna iPhone Baru Wajib Tahu Ini Untuk Maksimalkan Fiturnya

Setelah ketemu, langsung saja buka tap menu Install pada aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi yang anda pilih tadi berhasil di install ke dalam Android TV. Jika sudah berhasil, silahkan buka aplikasi tersebut dan jalankan seperti biasa.

android tv

2. Cara Install Aplikasi di Smart TV Android via Smartphone

Jika cara install aplikasi di Smart TV Android tadi ternyata tidak bisa dilakukan atau anda mengalami kesulitan, maka masih ada cara lain yakni melalui smartphone android yang anda miliki. Untuk langkah-langkahnya bisa anda ikuti di bawah ini :

  • Langkah pertama silahkan aplikasi Play Store yang ada di smartphone anda
  • Setelah itu silahkancari dan pilih aplikasi yang mau di pasang pada Android TV
  • Untuk memudahkan anda dalam mencari aplikasi tersebut, silahkan pilih menu “Other devices” > “TV” untuk melihat apa saja kira-kira aplikasi maupun game yang support sistem operasi (OS) pada Android TV
  • Jika sudah ketemu aplikasi yang di inginkan, tap tombol “tanda panah” yang menunjuk ke arah bawah, letaknya berada tepat di sebelah kanan tombol “Install”
  • Setelah itu pilih perangkat Android TV yang mau di install aplikasi tersebut dan klik tombol “Install”
  • Selesai

Agar langkah ini bisa berjalan dengan baik, maka anda harus menggunakan akun Gmail yang sama seperti pada android TV tersebut. Jika anda tidak melakukannya, maka proses sinkronisasi ini tidak akan berhasil dan anda tidak dapat install aplikasi di Android TV melalui smartphone.

3. Install Aplikasi Melalui File APK

Dan cara install aplikasi di Smart TV Android terakhir yang bisa anda lakukan adalah secara manual. Yakni dengan cara download aplikasi dengan estensi APK, setelah itu memasukkannya kedalam Android TV melalui fitur File Manager.

Mungkin cara ini terbilang cukup rumit bagi mereka yang masih awam, hanya saja untuk anda yang suka cara manual seperti ini kemungkinan tidak akan kesulitan melakukannya.

Cukup sekian ulasan dari kami kali ini tentang cara install aplikasi di Smart TV Android, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Selamat mencoba