fbpx

Tidak Cuma Foto Melainkan Pesan WhatsApp Juga Akan Sekali Liat Hilang

Saat ini WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru guna meningkatkan privasi para penggunanya.

Fitur barunya tersebut adalah ‘View Once Text’, yang mempunyai cara kerja mirip seperti fitur ‘View Once’ sebagaimana tersedia saat ini.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di Whatsapp beta perangkat Android untuk versi 2.22.25.20. Untuk saat ini fitur yang dimaksud masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum resmi dirilis untuk beta tester.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah meluncurkan fitur view once yang memungkinkan pengguna bisa berkirim foto dan video yang akan menghilang secara otomatis setelah penerima membukanya.

Nah, fitur view once text ini juga mempunyai cara kerja yang sama namun untuk pesan teks.

Melalui sebuah unggahan screenshot oleh WABetaInfo, pengguna yang mengirimkan pesan dalam bentuk view once text akan melihat tombol send dengan simbol bergambar gembok.

Nantinya pesan yang dikirim menggunakan fitur tersebut akan menghilang secara otomatis dari chat setelah dibuka penerima, jadi pesan hanya terbaca sekali saja sebelum menghilang.

Apabila penerima ingin membacanya lagi, akan muncul peringatan dari Whatsapp bahwa pesan tersebut telah kedaluwarsa.

Dari WABetaInfo sendiri di sampaikan, lantaran fitur ini masih dalam tahap pengembangan maka ada kemungkinan layout dari bubble view once text dan tombol kirim akan berubah sebelum fitur ini resmi dirilis. Demikian dilansir dari Detik Inet, Selasa (13/12/2022).

Fitur baru ini akan sangat berguna bagi pengguna WhatsApp yang memerlukan kerahasiaan atau sesuatu yang penting dan hanya ingin sekali di baca. Sehingga penerima tidak bisa melakukan screenshot atau apapun yang tidak di inginkan.

Sebetulnya sudah ada fitur yang sama yakni disappearing messages, namun dengan view once text ini pesan bisa di hapus secara instan.

Sama halnya saat mengirim video maupun foto menggunakan fitur view once, pesan teks yang dikirim dengan fitur tersebut juga tak bisa di salin ataupun di teruskan, jadi benar-benar aman.

Belum diketahui informasi lebih lanjut kapan fitur view once text akan resmi dirilis untuk beta tester dan kemudian untuk semua pengguna. WhatsApp sendiri belum lama merilis fitur avatar yang bisa digunakan sebagai stiker dan foto profil.

BACA JUGA  Makin Private, Foto Sekali Lihat di WhatsApp Tak Bisa di Screenshot