fbpx

Jangan Salah, Ini 5 Perbedaan Komunitas dan Grup WhatsApp

Aplikasi pesan sosial Whatsapp mempunyai fitur baru bernama Komunitas yang baru diluncurkan awal November 2022. Untuk mengakses fitur tersebut, tersedia ikon tiga orang yang ada di halaman aplikasi.

Kini fitur tersebut sudah bisa di coba oleh semua pengguna WhatsApp di tanah air. Sekilas, fitur komunitas ini mempunyai fungsi yang mirip seperti fitur group, yaitu mengirim pesan ke banyak pengguna sekaligus dalam satu waktu saja. Meskipun demikian, keduanya mempunyai sejumlah perbedaan.

Perbedaan Fitur Komunitas dan Group WhastApp

1. Komposisi Anggota

Jika fitur group menampung anggota yang merupakan kontak-kontak individu dan terdapat admin. Sementara itu untuk fitur komunitas bisa dibilang wadah lebih besar lagi yang menampung group-group whatsapp dan terdapat admin juga.

2. Pembuat Group dan Komunitas WA

Pembuat group WA merupakan kontak individu. Dengan kata lain setiap kontak bebas membuat groupnya sendiri serta menambahkan kontak lain sebagai anggotanya.

Kontak individu si pembuat group sudah pasti akan menjadi admin. Namun berbeda dengan komunitas, dimana kontak yang lebih dulu menjadi admin pada beberapa group yang membuat komunitas.

Sehingga admin bisa mengumpulkan atau menambahkan group-group yang dikelolanya dalam satu komunitas.

3. Kemampuan Interaksi

Kemampuan interaksi dua arah tidak akan bisa dilakukan di fitur komunitas. Tak seperti group WA ketika siapa saja, entah admin maupun anggota biasa bisa mengirim dan membalasa pesan di ruang obrolan.

Adapun pihak yang bisa berkirim pesan di ruang obrolan Komunitas hanyalah admin. Semua anggota yang terhimpun disana hanya bisa melihat pembaruan pesan yang dikirim oleh admin di ruang obrolan. Sehingga, mereka tidak bisa membalasnya.

Dengan kata lain interaksi di Komunitas Whatsapp hanya terjadi di satu arah saja.

4. Meninggalkan Group dan Komunitas WhatsApp

Anggota Komunitas bisa meninggalkan ruang obrolan tanpa harus keluar dari group asalnya. Sementara anggota di Group biasa, jika meninggalkan ruang obrolan group maka mereka benar-benar meninggalkan group itu sendiri.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Centang Hijau WA Copy Paste Emoticon Berikut Ini!

5. Cara Mengelola

Adapun perbedaan keduanya untuk yang kelima yakni terletak pada cara pengelolaan. Apabila untuk membuat group WA, pengguna cukup mengakses opsi “Buat Group Baru” yang ada di menu pembuatan pesan baru.

Menghapus group WA juga bisa dilakukan oleh admin dengan cara mengeluarkan satu per satu anggotanya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk komunitas, caranya bisa dilakukan admin dengan mengakses opsi “Mulai Komunitas” di tab “Komunitas”. Tab tersebut bergambar ikon tiga orang. Lalu, komunitas yang telah dibuat bisa dihapus atau di nonaktifkan oleh admin secara langsung melalui tab tersebut tanpa harus mengeluarkan satu per satu anggotanya.