Sederet Fitur Baru Android yang Wajib Diketahui Penggunanya

Sebagai perusahaan besar, Google selalu memberikan peningkatan demi peningkatan yang up to date.

Terbaru, Google telah merilis deretan fitur yang akan dilepaskan ke Android. Lantas apa saja yang menarik?

Kolase Google Photos

Salah satu fitur terbarunya adalah kolase photo. Jadi, dengan fitur tersebut pengguna tak perlu lagi melibatkan aplikasi pihak ketiga seperti PhotoGrid maupun sejenisnya untuk membuat kolase.

Dengan fitur kolase Google ini cara menerapkannya cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka photos, lalu tekan dan tahan dua sampai enam foto. Kemudian tekan tombol “Add to” yang berada dibagian bawah, terakhir pilih “collage”.

Bahkan layout untuk kolase pun beragam, beberapa diantaranya dibuat oleh seniman cukup populer seperti DABSMYLA dan Yao Cheng Design.

Widget YouTube

Dengan widget ini pengguna dapat mengakses perpustakaan YouTube, melihat daftar video yang ada dibagian subscriptions dan juga shorts.

Cara untuk mengaktifkannya sama seperti widget Android yang lain, yaitu dengan menekan dan tahan bagian kosong di layar homescreen kemudian pilih widget dan pilih lagi widget YouTube.

Emoji Kitchen

Fitur baru nan unik lain juga sudah bisa digunakan, namanya Emoji Kitchen. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menggabungkan dua emoji menjadi lebih baru dan unik.

Penerapannya pun mudah, hanya memasukkan dua emoji ke kolom pesan di Google Messages. Apabila kombinasi dua emoji tersebut ada di Emoji Kitchen, maka nantinya akan ditampilkan hasil gabungannya.

Wear OS

Bukan hanya Android yang kebagian jatah fitur baru, namun Wear OS juga punya beberapa fitur terbaru tak kalah menarik. Salah satunya adalah pengguna bisa menggunakan Google Assistant untuk mengaktifkan aplikasi Adidas yang mampu memantau aktivitas olahraga.

Total ada 30 jenis olahraga yang bisa pengguna kenali. Nantinya pengguna hanya perlu bilang, “Hey Google, start a run with adidas running”.

Nantinya aplikasi akan terbuka dan mencatat kecepatan, baik jarak maupun detak jantung di smartwatch.

BACA JUGA  Aplikasi Menjual Foto Online, Dapetin Cuan Dari Passive Income!

Cast Langsung ke Google TV

Dengan fitur “Cast Langsung ke Google TV”, pengguna bisa mengirim video langsung dari aplikaso Google TV ke TV yang sedang dipakai dengan hanya satu sentuhan saja.

Fungsi ini juga mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Chromecast, yakni memilih video di ponsel kemudian mengirimkan serta menontonnya di TV.

Reading Mode

Google membuat fitur untuk orang-orang yang mengalami masalah penglihatan serta disleksia yakni melalui Android Reading Mode.

Melalui fitur tersebut pengguna dapat mengatur tampilan layar pada ponsel Androidnya serta membacakan teks yang muncul dengan kencang.

Nantinya untuk kecepatan membacanya bisa di atur, termasuk juga volume suara pembacanya. Bahkan konten yang ditampilkan juga bisa di atur mulai dari ukuran font, warna dan kontras.

Untuk menggunakan aplikasi ini hanya perlu menginstal dari Google Play Store. Jika aplikasi ini bisa di dukung oleh aplikasi yang sedang digunakan, maka akan muncul ikon spesial di layar.