whatsapp

Ada Menu Baru di Aplikasi WhatsApp, Begini Cara Pakainya

Ada kabar terbaru dari aplikasi WhatsApp, di mana sejumlah pengguna mengatakan jika mereka menemukan tampilan baru pada aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut. Meskipun perubahannya tidak signifikan, akan tetapi dirasa cukup menarik.

Perubahan ini adalah munculnya sebuah ikon baru yang ada dibagian pojok kiri atas, di mana sebelumnya lokasi itu merupakan tempat dari ikon kamera. Untuk anda yang mendapatkan pembaruan WhatsApp, maka bisa menyaksikan adanya ikon mirip 3 karakter orang.

Tidak hanya untuk pengguna WhatsApp mobile saja, namun dalam laporan ikon ini juga muncul pada versi dekstop atau website. Di mana letak ikon baru WhatsApp ini berada diantara foto profil serta ikon status WA.

Untuk anda yang belum tahun, ikon baru dalam WhatsApp ini merupakan fitur baru yang bernama Komunitas. Keberadaan ikon ini pun akhirnya menggeser lokasi dari ikon kamera yang kini dipindahkan di sisi kanan atas, bersebalahan dengan ikon kaca pembesar.

Fitur Komunitas di WhatsApp

Komunitas ini merupakan sebuah fitur baru di aplikasi WhatsApp yang memungkinkan pengguna dapat menggabungkan sejumlah grup WA dengan minat maupun topik yang berkaitan menjadi grup besar. Contohnya grup wali murid yang dikumpulkan jadi satu jadi Komunitas sekolah.

Dalam fitur baru WhatsApp ini, maka para admin grup besar tersebut memiliki kendali yang kuat. Di mana ia bisa membagikan berbagai informasi kepada seluruh anggota yang terhubung dalam komunitas WhatsApp tersebut.

Previlage lainnya, admin ini pun juga memiliki kebebasan untuk menambah grup maupun anggota kedalam komunitas secara personal.  Namun untuk saat ini, fitur Komunitas yang tersebar ini masih dalam tahap beta.

Ketika kami mencobanya, para anggota ini hanya berperan sebagai audiens, sehingga mereka hanya bisa melihat pembaruan dan pengumuman yang disampaikan oleh admin. Para anggota komunitas ini pun juga bisa melihat sejumlah grup yang tergabung di dalamnya, bahkan mereka juga bisa meminta kepada admin untuk bergabung ke dalam grup lain dalam komunitas.

BACA JUGA  Sederet Perbedaan WhatsApp Gratis dan Versi Berbayar

Para anggota komunita sini bisa keluar dalam Komunitas, meskipun pada akhirnya mereka masih tetap tergabung di dalam grup awalnya. Dari segi tampilan fitur baru WhatsApp ini memang masih mirip dengan Grup WhatsApp, belum tahu apakah nanti bakal ada perubahan atau tidak.

Cara Membuat Komunitas WhatsApp

Lalu bagaimana cara membuat Komunitas di dalam WhatsApp ini? berikut bebarapa langkahnya :

fitur komunitas whatsapp

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi WhatsApp anda
  • Langsung saja tap ikon “Komunitas” yang berada di pojok kiri atas
  • Tap opsi “Komunitas Baru”
  • Selanjuntya tuliskan nama Komunitas, deskripsi, serta foto profil sesuai keinginan
  • Tap anak panah ke kanan yang terletak di bawah
  • Langsung tap opsi “Tambah grup yang ada” untuk masukkan grup WA yang anda miliki ke dalam Komunitas
  • Atau anda bisa pilih opsi “Buat grup baru” untuk memuat grup WA baru
  • Tap tanda ceklist yang terletak di pojok kanan bawah
  • Selesai

Fitur Komunitas WhatsApp Masih Tahap Uji Coba

Untuk bisa mengintip fitur Komunitas di WhatsApp ini, dibutuhkan aplikasi versi 2.22.24.9 untuk versi beta. Namun sejumlah pengguna yang non-beta juga mendapatkan fitur baru dari WhatsApp ini.

Nampaknya penyebaran fitur baru Komunitas di WhatsApp ini masih belum merara, karena sejumlah pengguna mengaku belum mendapatkannya. Dalam melakukan uji coba fitur ini pihak WhatsApp bekerjasama dengan 50 organisasi di 15 negara.

Sementara di Indonesia WhatsApp bekerjasama sekitar 12 komunitas, salah satunya komunitas pecinta kuliner serta penggemar Mini 4WD.

“Kami harap, fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik.” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia dikutip dari Kompastekno.

Berdasarkan informasi yang beredar, pihak WhatsApp bakal terus menghadirkan update fitur baru kedalam Komunitas tersebut.