Sederet Fitur WhatsApp Terbaru yang Harus Kamu Tahu

WhatsApp rajin dalam melontarkan fitur-fitur baru mereka, mulai dari yang pertama kali kita kenal tak banyak kecuali hanya bisa berkirim pesan sebagaimana mestinya.

Kini aplikasi tersebut sudah banyak menuai perkembangan dari waktu ke waktu, mulai dari fitur hapus pesan, fitur story, dan masih banyak yang lainnya. Tentu saja dari peningkatan ini akan membuat pengguna makin krasan menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk sehari-hari.

Belum lama ini, melansir Kompas Tekno, Selasa (18/10/2022) Whatsapp mulai menggulirkan update baru di bulan Oktober ini. Pembaruan kali ini bersama lima fitur baru mereka diantaranya seperti fitur reaksi emoji untuk status WA, fitur “Undo Delete For Me” alias batal hapus pesan, serta fitur tautan untuk Whatsapp Call.

Sejauh informasi dari Kompas Tekno, sejumlah pengguna WhatsApp berbasis Android di Tanah Air telah kebagian update tersebut dan bisa menginstal untuk digunakan bulan Oktober mulai Jumat pekan ini.

Akan tetapi, peluncuran update ini nampaknya belum secara merata lantaran belum semua pengguna WA bisa merasakan atau kebagian update Oktober ini. Namun ini menjadi hal yang lumrah saja, mengingat update biasanya dirilis secara berkala.

Sementara untuk bisa menjajal aneka fitur baru itu, pengguna harus melakukan update yakni dengan memperbarui aplikasi Whatsapp yang sudah terinstal di HP. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Ketik kata “Whatsapp” di kolom pencarian
  • Klik tombol “Update” atau “Perbarui”, tunggu sampai proses selesai. Jika sudah, anda bisa langsung menekan “Open” untuk membukanya melalui Play Store.

Nah, secara otomatis aplikasi WhatsApp anda telah diperbarui ke versi terbaru yakni 2.22.21.83.

5 Fitur Baru Aplikasi WhatsApp

Versi terbaru 2.22.21.83 Whatsapp, pegguna bisa menikmati lima sekaligus fitur baru mereka yang diantaranya adalah:

BACA JUGA  Cara Berlangganan YouTube Premium Murah Rp 5 Ribu Doang

1. Berbagi Link WhatsApp Call

Jadi dengan fitur ini pengguna bisa membuat dan membagikan link untuk panggilan Whatsapp anda. Sehingga hal itu lebih mirip seperti link Zoom meeting, dimana pengguna juga bisa membagikan link untuk Whatsapp Call.

Cara untuk membuat link WhatsApp Call yakni sebagai berikut, menghimpun Kompas Tekno dari situs FAQ WhatsApp, pada Jumat:

  • Klik tab “Call” di metu WhatsApp
  • Klik menu ‘Creat Call Link’ untuk memulai membuat link
  • Pilihlah tipe panggilan video atau suara
  • Klik ‘Share Link’ alias bagikan link atau ”Copy Link’ untuk membagikan tautan panggilan Whatsap ke ruang obrolan

Semudah itu untuk mempraktikkannya, namun yang perlu di catat adalah link WhatsApp Call akan kedaluwarsa apabila tidak digunakan selama 90 hari.

Berdasarkan pengamatan yang dikutip dari Kompas Tekno, menu ‘Creat Call Link’ belum muncul di WhatsApp versi terbaru 2.22.21.83. Jadi pengguna memang harus bersabar sampai fitur tersebut hadir pada ponsel masing-masing pengguna.

2. Batal Hapus Pesan

Lewat update Oktober ini, WhatsApp turut menghadirkan fitur baru ‘Undo Delete For Me’ seperti yang sudah disebutkan di atas. Nantinya pengguna bisa membatalkan hapus pesan di chat.

Setelah pengguna menghapus pesan melalui opsi “Delete For Me, akan muncul opsi lain “Undo” atau urungkan. Dengan menu “Undo” tersebutlah pesan yang telah di hapus bisa di pulihkan kembali.

3. Admin Group Bisa Hapus Pesan Orang Lain

Jika sebelumnya admin group tidak bisa menghapus pesan anggotanya, kini WhatsApp seolah memberikan kuasa untuk admin bisa melakukannya. Jadi fitur baru bernama “Admin Delete” ini memungkinkan sekali admin group untuk menghapus pesan yang dikirimkan oleh anggotanya.

Tujuannya tak lain membantu admin dalam mengelola serta memoderasi obrolan dalam group WhatsApp. Sudah beberapa waktu lalu kehadiran fitur ini di kabarkan dan bisa di jajal sejak pertengahan September lalu.

Agar admin bisa menghapus pesan dari anggota group, caranya yakni dengan menekan dan menahan balon chat yang ingin di hapus. Lalu klik ikon “Tempat Sampah” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul tiga pilihan, serupa dengan opsi yang muncul kala kita hendak menghapus pesan yang telah dikirim kepada orang lain.

BACA JUGA  Makin Private, Foto Sekali Lihat di WhatsApp Tak Bisa di Screenshot

Kemudian untuk menghapus pesan anggota dari grup, caranya pilih opsi “Delete of Everyone atau Hapus untuk semua orang”. Nantinya chat yang sudah dihapus akan muncul tulisan “This message was deleted by admin (nama admin)” atau ‘pesan ini dihapus oleh admin (nama admin)’.

4. Hanya Admin yang Tahu Anggota Meninggalkan Group

Mungkin masalah yang kerap kali muncul di drama group Whatsapp adalah rasa sungkan terhadap semua anggota yang ada saat kita keluar dari group tersebut.

Pasalnya notifikasi akan muncul seketika jika kita keluar group, dan disaksikan langsung oleh semua anggota. Mungkin jika diam-diam lebih santai ya?

Nah, fitur baru WhatsApp ini adalah memastikan hanya admin yang bisa menerima notifikasi jika ada anggota yang keluar. So, anda yang merasa sungkan akan lebih terbantu dengan fitur ini karena hanya admin yang tahu. Fitur ‘hanya admin yang tahu anggota meninggalkan group’ ini sudah mulai digelontarkan sejak Agustus lalu.

Meskipun anggota lain (bukan admin) memang tidak menerima notifikasi jika ada anggota lainnya leave group, tapi mereka tetap saja tahu karena WhatsApp punya menu baru yaitu “View past participants”.

Menu itu ada di bawah nama seluruh anggota grup, yang artinya bagi pengguna yang cukup details akan merasakan berkurangnya anggota.

Apabila menu tersebut dibuka, maka akan menampilkan informasi anggota grup yang meninggalkan grup atau dikeluarkan dari grup dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

5. Emoji Reaksi Status WA

Secara resmi WhatsApp telah mengahadirkan fitur bernama “Status Reactions”. Dengan fitur tersebut, para pengguna bisa memberikan reaksi dengan menggunakan emoji untuk status Whatspp orang lain. Kurang lebihnya, fitur ini lebih mirip seperti Instagram Stories.

Tetapi ‘Status Reactions’ di WhatsApp ini mempunyai beberapa pilihan emoji yang lebih banyak dibandingkan di Instagram Stories.

Saat ini pengguna WhatsApp yang berbasis Android di Indonesia sudah bisa mencoba fitur baru Status Reactions dengan cara mengusap Status WA orang lain ke atas, kemudian pilih salah satu emoji yang diinginkan sebagai bentuk reaksi kita.