Fitur Baru Instagram Ternyata Jiplak dari BeReal? Apa itu?

Baru-baru ini Instagram sibuk tengah menguji coba fitur baru bernama “Candid Challenges”. Fitur ini dibuat guna memungkinkan pengguna berbagi foto di media sosial dalam waktu yang sudah ditentukan secara acak dalam setiap harinya.

Kabar ini siarkan oleh salah seorang pengembang aplikasi, yakni Alessandro Paluzzi di akun Twitter dengan handle @alex193a, pada Selasa (23/8/2022). Dalam unggahannya tersebut Paluzzi mengatakan jika fitur baru Instagram ini terinspirasi dari BeReal, merupakan aplikasi media sosial asal Perancis.

“#Instagram sedang mengerjakan (fitur) Candid Challenge, yang terinspirasi dari @BeReal_App (aplikasi BeReal). Tambahan “IG Candid” (Anda) ke orang lain melalui Stories. Dan setiap hari di waktu yang berbeda, (pengguna) bakal mendapatkan notifikasi untuk mengambil dan membagikan foto dalam dua menit,” tulis Paluzzi.

Tak di pungkiri, kabarnya fitur baru Instagram itu dinilai serupa dengan aplikasi media sosial asal Perancis bernama BeReal. Pasalnya keduanya sama-sama memungkinkan pengguna untuk berbagi foto ataupun video di saat yang bersamaan dalam waktu tertentu yang berbeda-beda setiap harinya.

Lalu, media sosial BeReal itu sendiri apa?

Tentang Media Sosial BeReal

BeReal adalah sebuah aplikasi media sosial asal Perancis yang memungkinkan pengguna untuk berbagi kegiatan keseharian secara real time. Aplikasi ini mengajak setiap pengguna untuk berbagi konten kepada pengguna lain dalam waktu yang berbeda-beda di setiap harinya, dan hanya dalam rentang waktu terbatas, misalnya yakni dua menit untuk memposting.

Media sosial BeReal bekerja menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, sehingga membuat follower bisa mengetahui pengunggah sedang apa dan berada di mana pada saat itu.

Secara acak waktu, BeReal akan memunculkan notifikasinya sekali setiap harinya. Pengguna mempunyai waktu membuat konten yang cukup terbatas, yaitu hanya dua menit. Lalu melalui ciri khasnya yang mampu melakukan pembaruan (update) secara real time, aplikasi BeReal juga disebut sebagai bentuk penolakan terhadap citra media sosial sekarang, misalnya seperti memposting konten tanpa harus disunting (edit) atau dipercantik dengan filter sebelum dipublish.

BACA JUGA  Cara Mencegah Download Otomatis di Whatsapp Biar Lebih Hemat Kuota

Artinya pengguna seolah “dipaksa” untuk melihat foto atau video hasil unggahan yang kurang sempurna lantaran tanpa editan. Sebab, saat mengambil konten dalam kurun waktu dua menit, tidak semua pengguna sedang dalam kondisi yang siap dan baik. Uniknya lagi disaat yang bersamaan, ketika postingan di publikasikan pengguna hanya mempunyai kesempatan untuk menghapus satu kali saja dalam sehari.

Punya Fitur “Real Emoji”

Disamping harus mengunggah foto dalam batasan waktu tertentu, pengguna BeReal juga di sajikan dengan fitur lain, seperti memberikan reaksi pada unggahan teman/ kerabat pengguna. Menariknya lagi reaksi itu tak diberikan dalam bentuk “emoji” layaknya aplikasi pengiriman pesan WhatsApp/Telegram. Adapun reaksi “emoji” yang diberikan yakni berupa gambar wajah asli dari pengguna.

So, agar pengguna bisa membei reaksi maka harus berswafoto (selfie) di dalam sebuah bingkai berbentuk lingkaran dalam aplikasi. Alih-alih dalam mengomentari unggahan seseorang, BeReal lebih menghadirkan fitur emoji dengan wajah asli dari pengguna yang pastinya menarik dan berbeda dari yang lain karena pengguna bebas memberikan reaksi apapun.

Dapat Memicu Perasaan Tertekan?

Kendati menawarkan hal yang baru, akan tetapi aplikasi BeReal juga dirasa “cukup mengganggu”. Misalnya saja ketika salah seorang pengguna telat beberapa menit untuk membuat postingan, maka aplikasi bakal menginformasikan hal tersebut ke semua kontak.

Adapun informasi yang disampaikan yakni BeReal menuliskan bahwa ada salah seorang kontak yang terlambat mengunggah postingan ke BeReal. Sehingga hal ini dinilai cukup memberikan rasa malu kepada pengguna.

Karena tak semua orang mempunyai waktu luang untuk terus memantau aplikasi tersebut. Apalagi ada aktivitas yang mengharuskan seseorang untuk jauh dari posisi ponsel selama beberapa waktu, unik tapi menegangkan juga. Mengutip Kompas Tekno dari Business Insider, Selasa (30/8/2022), sejauh ini BeReal mampu menawarkan fitur-fitur terbaru yang lebih fresh kepada penggunanya.

Sementara untuk batasan waktu mengunggah konten selama dua menit ini diyakini cukup membantu dalam mengurangi penggunaan media sosial.