Tiruan! iOS 16 untuk Android Muncul di Play Store, Sudah Diunduh 50 Juta Kali

Belum lama ini Apple resmi memperkenalkan sistem operasi generasi terbaru yakni iOS 16 pada Juni kemarin. Tentu saja sistem operasi rancangan Apple tersebut dikhususkan bagi pengguna iPhone semua.

Mengejutkanya lagi, baru-baru ini muncul iOS 16 ‘Tiruan’ untuk ponsel Android di Play Store. Namun ternyata, iOS 16 Tiruan tersebut berupa launcher, yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna Android merombak tampilan antarmuka smartphone. Sehingga hasilnya akan menyerupai iPhone versi iOS 16.

Namanya pun tak langsung merujuk pada kata iOS 16, akan tetapi muncul di Google Play Store dengan nama “Launcher iOS 16”. Pada saat membuka toko aplikasi Android dan mencari aplikasi Launcher iOS 16, pengguna akan menemukan beberapa hasil tangkapan/ gambar layar dari versi iOS 16.

Bahkan aplikasi yang meniru iOS 16 tersebut juga mengusung beragam fitur yang sama. Adapun misalnya seperti menu “Force Touch”, mode jiggle yang berguna untuk memudahkan pengguna menghapus aplikasi. Kemudian ada juga ikon widgets serta aplikasi yang berubah sama seperti iPhone.

Melansir Kompas Tekno, Kamis (25/8/2022), yang secara keseluruhan tampilan iOS 16 di Android serupa dengan tampilan antarmuka iPhone 16. Bedanya adalah terletak pada tampilan panel notifikasi di atas layar. Secara format, kedua perangkat baik Apple maupun Android meletakkan posisi jam di sisi atas kiri layar. Sementara notifikasi baterai, jaringan konektivitas, dan juga signal berada di sisi kanan atas.

Akan tetapi setiap perangkat, khususnya berbasis Android, menggunakan ikon notifikasi dan jenis tulisan (font) yang berbeda-beda. Oleh karenanya pengguna ponsel Android yang mengunduh Launcher iOS 16, maka panel notifikasi di dalam perangkat akan tetap menggunakan tampilan serta desain dari sistem operasi bawaan ponsel.

Melansir dari Mac Rumors, aplikasi ini bukanlah sebuah hal baru yang muncul di Google PlayStore. Karena sudah sejak peluncuran iOS 13, aplikasi peniru tersebut pun mulai mengikuti perkembangan dan pembaruan dari iOS yang asli.

Masih dalam keterangan Mac Rumors, dalam hal ini menemukan adanya kekurangan pada aplikasi tersebut yakni tampilan lockscreen.

BACA JUGA  Cara Menghapus Akun Badoo: Panduan Mudah dan Cepat

Seperti yang kita semua tahu bahwa Apple telah merombak tampilan lockscreen iPhone iOS 16 menjadi lebih bidang serta desain fresh dibanding sebelumnya. Sementara pembaruan itulah yang tidan ditemukan pada launcher iOS 16 atau Tiruan iOS 16.

Agaknya tidak perlu dijelaskan secara terperinci, sebagaimana yang sudah disampaikan di atas bahwa tiruan iOS 16 tersebut hanya mengubah tampilan antarmuka atau display halaman utama, desain serta fitur personalisasi saja. Sehingga yang perlu di garisbawahi, aplikasi launcher itu tidak akan merombak secara keseluruhan sebagaimana sistem asli bawaan Apple.