whatsapp

Pakai Fitur Rahasia WhatsApp ini Biar Chatting Kamu Lebih Aman

Mark Zuckerberg, CEO dari perusahaan Meta tersebtu baru-baru ini mengumumkan jika salah satu aplikasi miliknya yakni WhatsApp kedatangan 3 fitur baru lagi. Fitur baru yang dimaksud ini ada kaitannya dengan privasi, dan salah satunya adalah soal diblokirnya tindakan screenshot pada fitur pesan sekali lihat yang ada di platform itu.

Diblokirnya fitur screenshot ini hanya berlaku bagi pengguna yang mengirimkan pesan sekali lihat atau View Once. Fitur pesan “rahasia” yang dimiliki oleh WhatsApp ini sifatnya sementara atau sekali lihat, jadi ketika pesan ini sudah anda baca maka secara otomatis bakalan hilang dengan sendirinya saat anda keluar.

Sebelumnya, pengguna bisa melakukan screenshot atau tangkapan layar pada pesan sekali lihat WhatsApp tersebut, tujuannya adalah merekam isi pesan sebagai arsip. Tentu hal ini sangat bertentang dengan konsep “pesan rahasia” yang ingin dilakukan oleh WhatsApp pada platformnya.

privasi whatsapp

Untuk itu, nantinya anda tidak akan bisa lagi melakukan screenshot pada pesan tersebut karena WhatsApp ini benar-benar melindungi privasi dari para pengguna.

Mark belum memberikan informasi mengenai kapan fitur tersebut secara resmi di rilis ke publik, namun dari bocoran yang diungkapkan oleh situs WABetaInfo sepertinya akan dirilis dalam waktu dekat ini.

WABetaInfo bisa dikatakan menjadi salah satu sumber terpercaya mengenai informasi yang ada kaitanya dengan WhatsApp. Pasalnya mereka seringkali memberikan bocoran pembaruan yang akan dilakukan oleh platform milik Meta itu.

WABetaInfo telah mengetahui kehadiran fitur baru dari WhatsApp ini bagi pengguna android. Dan mereka pun mengungah screenshot yang menampilkan layar pop-up berisi informasi mengenai foto maupun video sekali lihat.

Dari pesan tersebut, terdapat informasi dari pihak WhatsApp jika foto maupun video sekali lihat yang dikirim dalam pesan sekali lihat ini bakal langsung hilang ketika pengguna menutup chat tersebut. Foto maupun video ini pun juga tidak akan bisa anda bagikan, salin, teruskan, hingga disimpan.

Namun fitur ini tidak sepenuhnya berguna, karena pengguna masih tetap bisa mengambil gambar dari isi pesan sekali lihat dari WhatsApp ini menggunakan kamera dari ponsel lainnya. Meskipun begitu, hasilnya pun tidak akan maksimal layaknya pengambilan dengan screenshot.

BACA JUGA  Harga dan Spesifikasi Realme 10 Pro 5G di Indonesia

Untuk saat ini fitur blokir screenshot ini masih dalam tahap perkembangan oleh pihak WhatsApp bagi pengguna iOS dan android. Namun belum tahu kapan mereka akan melakukan uji coba secara publik atau merilisnya ke pengguna.

Tak hanya fitur blokir screenshot saja, namun pihak WhatsApp juga menyediakan dua fitur baru lainnya yang sudah lama ditunggu pengguna. Fitur pertama adalah meninggalkan grup tanpa ketahuan, dan yang kedua adalah sembunyikan status online.