Aman! Kini Nomor Telepon di Group WhatsApp Bisa Disembunyikan

Whatsapp selalu serius dalam menjaga privasi dan kenyamanan penggunanya. Mulai dari yang sebelum-sebelumnya, ambil satu contoh fitur “Tarik Pesan”.

Fitur tersebut sebelumnya tidak ada, banyak kasus yang sering terjadi saat seseorang salah mengirimkan pesan, atau merasa ragu untuk menyampaikan pesan tersebut, lalu masalah seperti typo pun juga sering dijadikan masalah. Masalah kecil pun kadang juga bisa memicu kesalah pahaman.

Hingga akhirnya muncul fitur tarik pesan, dimana seseorang bisa menarik pesan whatsapp mereka apabila memang ragu menyampaikan, salah kontak atau typo. Tapi, ternyata sebenarnya ada banyak yang diinginkan pengguna whatsapp demi menjaga kerahasiaan atau mudahnya bilang privasi.

Nah, sering terjadi apabila dalam sebuah group whatsapp, semua kontak menjadi satu dan bisa dilihat oleh setiap orang dalam group itu. Tak jarang juga ada yang berkesempatan mengambil lontak dalam group tersebut semisal untuk hal PDKT dll.

Mungkin jika satu group dalam lingkup yang masih bisa di ketahui seperti group kerja, sekolah atau yang lainnya masih normal. Hanya saja, biasanya kita mungkin tergabung dalam group jual beli online di kotamu, atau terlibat dalam group yang tidak dikenali setiap kontak dalam group tersebut.

Untuk menghindari seseorang menemukan cari-cari kesempatan rasanya juga mustahil, karena nomor dalam group terpampang dan setiap orang bisa menyimpan dan chat. Tapi kali ini tidak perlu khawatir!

Jadi, kabarnya whatsapp merilis fitur baru yang memungkinkan memungkinkan pengguna menyembunyikan nomor ponselnya dari pengguna lainnya pada sebuah sub-grup di aplikasi sosial ini. Fitur ini pun kabarnya juga tengah dikembangkan dan terlihat pada aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android. Artinya belum semuanya yang bisa menjajal fitur tersebut.

Sub-grup merupakan fitur yang cukup baru di WhatsApp, dimana fitur ini seperti grup kecil yang tetap terhubung pada satu grup besar. Akan tetapi, ada kemungkinan jika tak semua orang akrab dengan anggota sub-grup masing-masing sebagaimana yang sudah di jelaskan di atas.

Oleh karena itu, WhatsApp akan menghadirkan fitur yang bisa menyembunyikan nomor telepon pengguna dari anggota lain pada sub-grup yang sama. Sehingga tidak semua orang mengenali nomor kamu apalagi sampai menyimpan untuk tujuan chat.

BACA JUGA  Jack Game Booster Faster Download, Apk Peningkat Performa Android

Setting default dari fitur ini akan menyembunyikan nomor pengguna, misalnya seperti pada gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo. Situs yang kerap membocorkan kabar terbaru itu juga menginfokan fitur baru WhatsApp, seperti berikut ini.

Jadi, dengan adanya fitur baru itu nantinya pengguna tidak harus repot mengubahnya secara manual, kecuali jika bersedia membagikan rincian nomor telepon ke anggota yang lainnya. Pengguna juga bisa mengaktifkan fitur “Berbagi nomor telepon” pada pengaturan grup WhatsApp, sesuai yang du kehendaki.

Melansir Kompas Tekno dari WABetaInfo, pada Rabu (10/8/2022), fitur ini masih terbatas untuk grup WhatsApp saja. Dengan arti lain, maka nomor telepon pengguna tidak bisa disembunyikan dari pengguna WhatsApp (personal) lainnya.

Belum lagi bahwa fitur ini juga masih dalam tahap uji coba untuk pengguna WhatsApp beta Android versi 2.22.17.23. Saat ini belum diketahui kapan fitur tersebut akan tersedia dalam versi stabil atau kapan disebarkan ke semua pengguna.

Fitur Pelapis Keamanan Whatsapp

Bukan hanya mengembangkan fitur untuk menyembunyikan nomor telepon dari member sub-grup, tetapi WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang berfungsi untuk melapisi sistem keamanan verifikasi dua langkah atau 2FA.

Nantinya fitur ini akan memberikan prompt (semacam petunjuk untuk melakukan perintah) yang berupa jendela notifikasi. Jendela notif tersebut yang akan memperingatkan pengguna setiap kali akunnya login di perangkat yang berbeda.

Jadi, fitur ini berkaitan dengan dukungan multi-perangkat pada aplikasi WhatsApp, yang memungkinkan para pengguna membuka akun yang sama tetapi dengan perangkat yang berbeda, contoh di laptop dan ponsel.

Nantinya setiap kali akun pengguna login di perangkat berbeda, secara otomatis ponsel utama akan memunculkan prompt yang berisi keterangan waktu dan nomor model perangkat yang digunakan. Kurang lebih seperti saat dimana perangkat baru login pada akun google, maka akan ada notifikasi keterangan.

Kuatnya lagi, peringatan tersebut juga akan di lengkapi dengan dua opsi yakni mengizinkan login pada perangkat berbeda atau bahkan menolaknya.